Yuk, Ikuti NASA, WWF, dan UNICEF Rayakan Hari Bumi

Rabu, 22 April 2020 - 15:59 WIB
loading...
Yuk, Ikuti NASA, WWF, dan UNICEF Rayakan Hari Bumi
Hari Bumi tahun ini menjadi yang ke-50 kalinya diperingati oleh warga dunia, bertepatan dengan terjadinya pandemi virus Corona. Foto/Jacob_09, Shutterstock
A A A
JAKARTA - Banyak pihak yang merayakan Hari Bumi 2020. Kamu juga bisa ikutan dengan mereka sepanjang seminggu ini.

Hari Bumi yang diperingati tiap 22 April awalnya digagas pada 1970 oleh para pengajar ilmu lingkungan di Amerika Serikat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap ulah manusia kepada Bumi dan untuk berdiskusi mempertahankan kelangsungan planet ini.

Tepatnya pada 1969, senator Gaylord Nelson mulai tergerak setelah melihat kerusakan lingkungan akibat tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, California. Ia kemudian terinspirasi untuk mengorganisir pengajaran secara nasional yang berfokus mendidik masyarakat tentang lingkungan. Pada akhirnya dalam aksi tersebut Gaylord berhasil mengumpulkan 20 juta orang pada 22 April 1970 di Amerika Serikat

Hari Bumi biasanya diperingati lewat kampanye seperti gerakan menanam pohon. Namun, dalam kondisi wabah pandemi ini, kegiatan berkumpul banyak orang seperti ini harus ditunda. Tapi kita tetap bisa memperingati Hari Bumi ke-50 tahun ini.

Yuk, Ikuti NASA, WWF, dan UNICEF Rayakan Hari Bumi

Foto: earthday.org

“Kita menghadapi ancaman global yang membutuhkan respons kompak global. Untuk Hari Bumi 2020, kami akan membangun sebuah generasi baru aktivis-aktivis lingkungan, melibatkan jutaan masyarakat seluruh dunia,” ujar President Earth Day Network, Kathleen Rogers, dalam situs resmi earthday.org.

Perayaan Hari Bumi ke-50 secara digital selama 24 jam nonstop akan diisi oleh pesan-pesan, pertunjukan dan ajakan kuat untuk beraksi mengatasi perubahan iklim di situs resmi Earth Day Network dan media sosial Twitter. Kamu bisa menontonnya di sini .

NASA pun ikut berpartisipasi memperingati Hari Bumi ini menampilkan pakar lingkungan untuk berdiskui mengenai teknologi hijau dan terumbu karang. Videonya bisa kamu tonton di tautan ini .

Sementara UNICEF dan WWF juga menampilkan beberapa musisi dan seniman dari enam negara untuk memeriahkan Hari Bumi. Kamu bisa lihat di sini .

Sebenarnya sudah hampir satu bulan kita merayakan Hari Bumi, karena arahan #DiRumahAja, planet yang sudah menderita parah ini bisa istirahat menerima polusi hasil dari aktivitas manusia yang tidak ada hentinya.

Setelah selesai mewabahnya virus Corona, kita harus tetap menjaga bumi, ya!

Nabilla Triakhiriani Anurka
Kontributor GenSINDO
IISIP Jakarta
Instagram: @nabillaaan
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)