Sudah Tanam Ratusan Ribu Pohon, Penggemar K-Pop Tuntut Pemimpin Dunia Serius Lindungi Hutan

Sudah Tanam Ratusan Ribu Pohon, Penggemar K-Pop Tuntut Pemimpin Dunia Serius Lindungi Hutan
Komunitas Penggemar K-pop sudah menanam ratusan ribu pohon dan menuntut pemimpin dunia serius melindungi hutan. Foto/Freepik
JAKARTA - Penggemar K-pop menuntut para pemimpin dunia yang hadir dalam COP 27 untuk melakukan aksi nyata mengurangi emisi karbon dengan melindungi hutan dunia.

Tuntutan ini disampaikan saat agenda Youth Day COP 27 pada Kamis (10/11). COP 27 adalah konferensi perubahan iklim yang diadakan oleh PBB, dan kini tengah berlangsung hingga 18 November mendatang di Mesir.

Adapun emisi karbon adalah gas dari hasil pembakaran segala senyawa yang mengandung karbon, seperti karbon dioksida, solar, bensin, dan lainnya. Gas ini dilepaskan ke atmosfer bumi, menyebabkan naiknya suhu bumi dan menyebabkan perubahan iklim dan pemanasan global.

Baca Juga: 10 Konser K-Pop dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Masa

Meski fokus pada musik, para penggemar K-pop memang juga menaruh perhatian pada isu lingkungan hidup. Sudah jamak terjadi, penggemar K-pop dari beberapa fandom melakukan proyek penanaman pohon saat idol atau grup idolanya berulang tahun.

Data dari KPOP4PLANET, platform penggemar K-pop yang peduli pada isu lingkungan, yang diterima SINDOnews, terungkap bahwa fandom K-pop di seluruh dunia sudah menanam 113.824 pohon selama 10 tahun terakhir. Ini artinya, ada pengurangan emisi hingga 28 ribu ton karbon dioksida.

Sudah Tanam Ratusan Ribu Pohon, Penggemar K-Pop Tuntut Pemimpin Dunia Serius Lindungi Hutan

Foto: Twitter @wingsofbangtan_

Masih dari data yang sama yang dikumpulkan sejak Agustus 2021, disebutkan bahwa aksi melindungi hutan telah dilakukan oleh 80 fandom berbeda yang berlokasi di 21 negara. Tak hanya menanam pohon, aksi adopsi hutan juga dilakukan dengan cara menyumbang dana untuk biaya perawatan pohon pilihan fandom tersebut.

Dari 21 negara asal fandom K-pop yang terlibat, penggemar dari Indonesia jadi yang terbanyak menanam pohon, yaitu hingga 52.636 buah. Di posisi kedua ada Korea Selatan dengan 35.377 pohon, dan India dengan 13.483 pohon.

Baca Juga: 10 Lagu BTS yang Memotivasi, Bantu Jadi Moodbooster Kamu!

ARMY dan NCTzen di Indonesia jadi dua fandom yang turut aktif melakukan aksi penanaman pohon. Pada Februari lalu, NCTzen merayakan ulang tahun enam idol mereka dengan menanam 581 pohon di Tambakrejo, Semarang.

Adapun ARMY pada September lalu menanam 1.737 pohon bakau di Cilacap, Jawa Barat, untuk merayakan ulang tahun BTS yang ke-9. Dinda, perwakilan komunitas pengumpul donasi Wings of Bangtan mengatakan mereka memilih pohon bakau karena pohon ini adalah yang terbaik untuk mereduksi emisi.


(ita)
Share: