4 Pesan Penting dari A World Without yang Mungkin Kamu Lewatkan

4 Pesan Penting dari A World Without yang Mungkin Kamu Lewatkan
Asmara Abigail, Amanda Rawles, dan Maizura memerankan tiga sahabat yang berjuang mewujudkan mimpi mereka dalam A World Without. Foto/Netflix
JAKARTA - Film Indonesia A World Without bercerita tentang tiga remaja perempuan yang masuk ke sebuah organisasi bernama The Light untuk mewujudkan mimpi mereka.

Dalam perjalanannya,ketiganya menemukan fakta bahwa The Light ternyata tak seindah yang mereka bayangkan. Malahan, mereka akhirnya berusaha untuk melarikan diri dari markas organisasi ini.

Tak hanya soal misteri The Light, film Indonesia yang tayang di Netflix ini juga menyimpan banyak pesan dan kritik sosial. Nah, berikut sebagian pesan yang ada dalam film tersebut, yang mungkin saja kamu lewatkan saat menontonnya.

1. JANGAN MUDAH PERCAYA DENGAN SOSOK BEKEN DAN KARISMATIK DI MEDIA SOSIAL

4 Pesan Penting dari A World Without yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto: Netflix

Pemimpin The Light Ali Khan digambarkan sebagai sosok karismatik dan visioner yang membangun citranya lewat internet, termasuk media sosial. Sosok seperti ini banyak bertebaran di media sosial, salah satunya dalam bentuk influencer.

Orang-orang berpengaruh ini banyak menanamkan konsep berpikir dan gaya hidup mereka kepada pengguna media sosial, khususnya anak muda, yang masih dalam proses pencarian jati diri. Inilah yang membuat mereka banyak berkiblat ke para influencer, padahal belum tentu mereka adalah panutan yang baik.

2. BERPIKIR KRITIS TERHADAP INFORMASI APA PUN

4 Pesan Penting dari A World Without yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto: Netflix

Dengan bertaburnya influencerdan informasi di media sosial, sudah sepatutnya anak muda mampu berpikir kritis dan skeptis terhadap apa pun yang beredar di dunia maya maupun dunia nyata.

Sutradara A World Without Nia Dinata mengatakan bahwa cerita ini juga terinspirasi oleh budaya masyarakat yang makin bergerak cepat dan fenomena fear of missing out (FOMO). Ini membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mengikuti sesuatu atau tren tertentu tanpa berpikir jernih terlebih dahulu. Akibatnya, bukannya "terselamatkan", malah "tersesat".

Baca Juga: Chicco Jericho dan Ayushita Komentari Keunikan Ali dan Sofia dalam A World Without

3. ANAK MUDA HARUS BERANI MENENTUKAN LANGKAHNYA SENDIRI

4 Pesan Penting dari A World Without yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto: Netflix

Dalam film, karakter Salina, Tara, dan Ulfah digambarkan masuk ke The Light untuk memperoleh bimbingan dari Ali dan Sofia Khan. Namun pada kenyataannya, dua orang dewasa yang mereka kagumi itu malah jauh dari sosok yang mereka harapkan.

Dalam masyarakat, para remaja kerap dipandang sebelah mata, tak berdaya, dan tak mampu menentukan nasib mereka sendiri. Padahal sepanjang sejarah, justru para pemudalah yang banyak melakukan gerakan perubahan.

Akhir film ini juga menegaskan bahwa anak muda juga mampu menentukan nasib mereka sendiri, tanpa harus didikte oleh orang yang lebih dewasa. Bahkan kalau mereka bersatu, kekuatan besar yang zalim pun bisa mereka kalahkan.

Baca Juga: 6 Bintang Korea Terkena Skandal, Tapi Pulih dan Populer Lagi

4. TETAPLAH MEMELIHARA CINTA KASIH DAN HARAPAN

4 Pesan Penting dari A World Without yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto: Netflix

Dalam hidup, rintangan pasti akan selalu ada. Kerasnya kehidupan bahkan bisa mengubah seseorang menjadi sosok yang berbeda 180 derajat. Namun jangan sampai kegetiran hidup mengubah kita menjadi sosok kejam yang tak punya belas kasih pada sesama.

Selain itu, tetap memelihara harapan seberapa pun terjalnya jalan akan membuat kita tetap bersemangat menjalani hidup setiap hari, sekaligus menjadi bahan bakar yang efektif untuk membuat kita jadi orang yang lebih baik lagi pada masa depan.



(ita)
Share: