Domo, Pesawat Antariksa Raksasa Milik Eternals di Film Marvel

Selasa, 12 Oktober 2021 - 21:56 WIB
loading...
Domo, Pesawat Antariksa Raksasa Milik Eternals di Film Marvel
Domo adalah pesawat antariksa yang membawa Eternals ke bumi. Pesawat besar ini punya tiga ruangan lingkaran. Dua dari tiga kamar itu sudah terlihat di trailer. (Foto: Multiversity Comics)
A A A
Domo adalah pesawat antariksa yang membawa Eternals ke bumi. Di komik, Eternals adalah cabang evolusioner manusia yang diciptakan ras kosmik yang dikenal sebagai Celestials. Sementara di Marvel Cinematic Universe (MCU), Eternals telah ditulis ulang.

Di MCU, Eternals adalah ras alien kuno yang dikirim ke bumi oleh Celestial demi melindungi planet ini dari ras jahat bernama Deviants. Mereka tiba di bumi sekitar 7.000 tahun lalu. Mereka pun telah memberikan pengaruh menonjol terhadap budaya dan mitologi manusia.

Eternals tiba di bumi dengan pesawat antariksa bernama Domo. Nama itu adalah diambil dari nama seorang Eternal yang menggunakan hoverchair canggih. Karena sutradara Eternals, Chle Zhao, lebih suka produksi fisik, Marvel Studios membangun set fisik besar interior kapal antariksa itu. ScreenRant mengunjungi lokasi syuting Eternals di hari terakhir pengambilan gambar dan sempat melihat Domo. Berikut ulasannya!



1. Domo terinspirasi geometri keramat
Domo, Pesawat Antariksa Raksasa Milik Eternals di Film Marvel

Desainer produksi Eve Stewart menjelaskan kalau desain Domo terpengaruh kajian geometri keramat. Menurut dia, ini karena Celestials adalah dewa dan merekalah yang menciptakan Eternals, maka mereka pun ingin melihat pada simbolisme dari tiap agama di seluruh dunia yang punya arti. Marvel pun sadar kalau segitiga dan lingkaran adalah bentuk yang muncul di tiap agama di seluruh dunia.

Jadi, studio itu menyatukan semuanya ke penampakan dan rasa seluruh Domo. Property Master Craig Price mengungkap model skala Domo. Dia menunjukkan tema lingkaran dan cincin emas yang mentransfer ke interior Domo yang didominasi tiga kamar melingkar yang besar.

Tekstur yang digunakan di Domo terinspirasi debu meteor. Menurut Stewart, dia menghabiskan waktu berpekan-pekan di Museum Ilmiah. Dia mengamati meteor, batu bulan dan lain-lain.

“Pada akhirnya, kami memutuskan melakukannya seperti debu yang kalian lihat mengikuti meteor,” kata Stewart. Yang menarik, hanya beberapa pekan sebelum produksi selesai, ilmuwan menemukan material baru dari meteor yang baru saja mendarat. Material itu sama dengan penampakan dan rasa Domo.

2. Jembatan Domo
Domo, Pesawat Antariksa Raksasa Milik Eternals di Film Marvel

Di trailer Eternals, jembatan pesawat itu terlihat. Jembatan itu adalah salah satu ruangan terpenting di Domo. Ruangan itu benar-benar dibuat Marvel dan didominasi patung Celestial Arishem. Benda itu memang hanya patung karena Arishem yang sesungguhnya tingginya sekitar 321 kilometer. Patung itu berdiri di tengah lingkaran tengah tempat Eternals berkumpul.

“Ruangan itu jadi seperti katedral-nya Enernals dan mereka ke sin bersama-sama, terdengar seperti Katedral St Paul,” ujar Stewart.

Dinding ruangan itu dihiasi pola dan simbol yang merepresentasikan tiap Eternal yang berbeda. Banyak dari pola dan simbol ini yang mengucap kata seperti ‘pria’, ‘putra’, dan ‘dewa’. Menurut Stewart, para Eternals akan datang ke tempat itu dan mengenakan kostum super mereka. Begitu mereka berada di tempat itu, cahaya akan datang melintasi mereka dan itu pas dengan lingkarannya.

“Dan, itu ada jendela ke bumi dan antariksa. Begitu juga bluescreen. Begitu semua dinyalakan dari bawah, jadi semacam geologi yang nyata, eksperimen yang sangat organik. Sangat indah,” kata Stewart.

Jembatan itu dirancang untuk terlihat seperti tempat spiritual. Dengan bentuknya yang mirip masjid, sinagog, gereja dan kuil lainnya. Untuk syuting, tempat itu dinyalakan dari bawah dengan cahaya di bawah dan lapisan gelas fiber di atasnya. Jembatan itu dibuat dalam waktu delapan pekan dan dipugar lagi begitu syuting selesai.



3. Kamar Makkari
Domo, Pesawat Antariksa Raksasa Milik Eternals di Film Marvel

Trailer Eternals menunjukkan kamar Makkari yang penuh artefak dari seluruh sejarah bumi. Menurut Stewart, Makkari telah bersembunyi di kapal itu dan menjadi pembaca buku. Dia mengoleksi buku dan membaca kembali buku-buku itu dengan cepat.

“Saya kira dia bisa membaca 1.200 halaman per menit atau sekitar itu. Jadi, kami harus punya satu panggung yang benar-benar penuh buku dan artefak yang menggelitik minatnya,” kata Stewart.

Benda-benda di kamar itu beragam dari mebel yang memang mebel konvensional hingga mebel dengan desain tidak konvensional yang sulit dikenali. Selain itu juga ada berbagai macam permainan bola dan dadu, perlengkapan yang mungkin diciptakan Phatos hingga patung berukuran nyata Angelina Jolie yang di film ini berperan sebagai Thena. Yang menarik adalah penampakan sebuah pedang obsidian yang mungkin adalah bayang-bayang Pedang Ebony milik Black Knight.

Secara keseluruhan lokasi syuting Eternals ini mengagumkan. Terutama karena kecepatan tempat ini dibuat. Yang menarik, Marvel memang menekankan kalau Domo didominasi 3 kamar lingkaran besar. Tapi, mereka hanya menunjukkan 2 kepada ScreenRant. Kamar ketiga belum muncul di trailer. Mungkin kamar ini rahasia dan baru akan terungkap di filmnya nanti yang dijadwalkan tayang pada 5 November.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)