17 Bahasa Korea yang Masuk dalam Kamus Inggris Oxford

Senin, 13 September 2021 - 19:31 WIB
loading...
17 Bahasa Korea yang Masuk dalam Kamus Inggris Oxford
Mark NCT melakukan aegyo atau perilaku ekspresif yang mencerminkan keimutan atau sesuatu yang menggemaskan. Foto/Markcity, Pinterest
A A A
JAKARTA - Kepopuleran budaya pop Korea yang diwakili oleh K-pop , K-drama, dan manhwa atau komik Korea tentunya membuat beberapa kata Korea juga ikut populer.

Kamus Oxford atau The Oxford English Dictionary (OED) yang dikenal sebagai otoritas dalam bidang bahasa Inggris pun ikut memasukkan beberapa kata dalam bahasa Korea ke dalam kamus mereka.

Dari pembaruan kata baru per September 2021, ada beberapa kata dalam bahasa Korea yang dimasukkan, seperti kata-kata terkait makanan, yaitu banchan (lauk pauk), bulgogi (daging sapi atau babi yang tipis), danchimaek (ayam goreng yang disajikan dengan bir).

Ada juga dongchimi (jenis kimchi yang dibuat dengan lobak), galbi (daging sapi), japchae (mi), kimbap (nasi dan beberapa bahan lainnya yang dibungkus dengan rumput laut), dan samgyeopsal (perut babi). Nah, kata-kata lainnya seperti diulas di bawah ini.

1. AEGYO

Dalam kamus Oxford, aegyo dalam kelompok kata benda diartikan sebagai "keimutan atau pesona, terutama terkait budaya pop Korea'. Juga diartikan sebagai "perilaku imut, penuh pesona, atau menggemaskan".

Sementara sebagai kata sifat, aegyodiartikan "imut, punya pesona, dan menggemaskan".

17 Bahasa Korea yang Masuk dalam Kamus Inggris Oxford

Foto: Vlive Red velvet


2. DAEBAK

Sebagai kata benda, artinya adalah "sesuatu yang menguntungkan atau diinginkan, terutama terkait peristiwa yang terjadi secara kebetulan", "rejeki nomplok".

Sebagai kata seru, diartikan sebagai "ekspresi keantusiasan", "fantastik", dan "luar biasa!"

3. FIGHTING

Fighting atau hwaitingdigunakan untuk menyemangati seseorang. Dalam konteks budaya Korea, dipakai untuk mengekspresikan dukungan, seperti "Ayo semangat!"

4. HALLYU

Hallyu diartikan juga sebagai "gelombang Korea" yang menyebar ke seluruh dunia, dipengaruhi oleh kepopuleran musik, film, drama, mode, dan makanan.

5. HANBOK

Dalam kamus Oxford, diartikan sebagai kostum tradisional Korea yang terdiri dariblus lengan panjang dan rok panjang berpinggang tinggi untuk perempuan atau celana panjang longgar untuk pria, biasanya dikenakan pada acara formal atau seremonial.

17 Bahasa Korea yang Masuk dalam Kamus Inggris Oxford

Foto: Welkinlight Photography

6. K-

Kata apa pun yang terkait Korea Selatan dan kepopuleran budayanya, seperti K-beauty, K-culture, K-food, K-style, K-drama , dan lainnya.

7. K-DRAMA

Diartikan sebagai serial televisi dalam bahasa Korea dan diproduksi di Korea Selatan.

Baca Juga: 28 Ungkapan Bahasa Korea yang Sering Muncul dalam Drakor Beserta Artinya

8. KONGLISH

Gabungan dari kata "Korea" dan "English", terutama terkait bahasa gaul yang diucapkan dalam percakapan informal oleh orang Korea.

9. MANHWA

Genre Korea terkait kartun atau komik, kadang terinsipirasi oleh manga Jepang. Juga berarti "kartun" atau "komik".

10. MUKBANG

Diartikan sebagai "sebuah video, terutama yang dilakukan secara langsung, yang menunjukkan seseorang memakan makanan dalam jumlah besar sambil berbicara kepada penontonnya".

17 Bahasa Korea yang Masuk dalam Kamus Inggris Oxford

Foto: via Allkpop

11. NOONA

Berarti "kakak perempuan dari seorang laki-laki". Dalam konteks budaya Korea, ini adalah panggilan hormat dari laki-laki untuk teman yang lebih tua.

12. OPPA

Dalam kamus Oxford diartikan "kakak laki-laki dari seorang perempuan". Sama seperti noona, oppaadalah panggilan hormat dari perempuan kepada laki-laki yang lebih tua atau kepada pacarnya.

13. PC BANG

Pembangunan dengan beberapa terminal komputer yang menyediakan akses ke internet dengan biaya tertentu, biasanya untuk bermain gim.

14. SKINSHIP

Dalam konteks budaya Korea dan Jepang artinya adalah sentuhan atau kedekatan fisik antara orang tua dan anaknya, tapi kemudian berkembang menjadi antara teman dan pasangan untuk menunjukkan rasa kasih sayang dan ikatan emosional.

17 Bahasa Korea yang Masuk dalam Kamus Inggris Oxford

Foto: BigHit Music

15. TANG SOO DO

Tang soo do adalah seni bela diri asal Korea yang menggunakan tangan dan kaki untuk menyerang dan menghindari serangan lawan.

Baca Juga: 15 Tren Gaya Rambut a la Perempuan Korea untuk 2021

16. TROT

Genre musik populer Korea dengan ciri khas ritme berulang dan lirik emosional, menggabungkan gaya bernyanyi tradisional Korea dengan pengaruh musik populer Jepang, Eropa, dan Amerika. Dalam penggunaan awalnya digunakan untuk menybut musik trot, lagu trot, dan lainnya.


17. UNNI

Unni ataueonni, eonie, dan unnie adalah panggilan hormat untuk kakak perempuan dari perempuan lainnya. Biasa juga digunakan untuk teman perempuan yang lebih tua atau penyanyi dan aktris yang dikagumi dan usianya lebih senior.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2362 seconds (0.1#10.140)