Mau ke Korea? Pemerintah Korsel Siapkan Visa Hallyu

Mau ke Korea? Pemerintah Korsel Siapkan Visa Hallyu
Semakin populernya budaya pop dari Korea membuat pemerintah Korsel berniat menerbitkan visa hallyu. Foto/Netflix, BigHit Music
SEOUL - Buat kamu yang mau belajar lebih banyak tentang budaya Korea , pemerintah negara tersebut kini tengah menyiapkan visa khusus yang disebut hallyu visa.

Mengutip Korea Herald, hallyu visa adalah visa untuk warga negara asing yang ingin tinggal lebih dari 90 hari di negara tersebut, dengan tujuan ingin belajar tentang budaya Korea dan industri hiburannya.

"Kementerian Keadilan (Justice Ministry) mengusulkan program visa hallyu untuk merespons tingginya permintaan untuk mempelajari budaya Korea, memanfaatkan momentum Gelombang Korea sekaligus mendukung budaya lokal dan industri musik," ujar perwakilan kementerian tersebut.

Hingga saat ini, belum ada informasi detail yang dirilis Kementerian Keadilan. Mereka menjanjikan persyaratan pengajuan visa hallyu seperti batas usia dan batas waktu tinggal di Korea akan diumumkan pada paruh pertama tahun ini (Januari-Juni).

Mau ke Korea? Pemerintah Korsel Siapkan Visa Hallyu

Foto: Beige Chuu

Para youtuber dan mahasiswa internasional di Korea Selatan menyambut positif rencana ini. Youtuber kecantikan dari Inggris, James Welsh yang memiliki 1,3 juta subscriber mengatakan bahwa jika ia mendapat visa ini, maka ada kemungkinan ia akan belajar sekaligus bekerja di Korea.

"Saya tahu tentang produk perawatan tubuh Korea gara-gara menemukan Nature Republic," katanya.

Baca Juga: 17 Bahasa Korea yang Masuk dalam Kamus Inggris Oxford

Sementara Yue yang merupakan mahasiswa China di Korea mengatakan bahwa ia menunggu visa hallyu agar bisa bekerja dalam industri film Korea. Saat ini, ia tengah mengambil jurusan Bahasa Korea dan Literatur.

Sementara Singh yang merupakan mahasiswa dari India mengatakan bahwa program visa ini akan memberikan semangat bagi influencer dari luar Korea, baik dari Instagram, TikTok, dan YouTube untuk membuat konten tentang Korea.

Mau ke Korea? Pemerintah Korsel Siapkan Visa Hallyu

Foto: Korean Tourism Organization

"Sebelum ke Korea pada 2019, aku banyak menonton video tentang bahasa Korea, makanan, dan produk perawatan dari YouTube yang dibuat mahasiswa asing di sini. Ini membantu saya memahami banyak hal dari negara ini," ucapnya.

Tahun lalu, ada 150 ribu mahasiswa internasional di Korea, dan 60 ribu di antaranya berasal dari China. Sementara pemegang visa E-6 yang datang ke negara tersebut sebagai "artis dan entertainer" terbanyak berasal dari Asia Tenggara.

Baca Juga: 6 Boy Group K-Pop Beken yang Kontraknya Habis pada 2022, Lanjut atau Bubar?

Meski program visa hallyu sudah disiapkan, tapi implementasinya masih akan menunggu perkembangan situasi terkait pandemi COVID-19. Saat ini, siapa pun yang masuk ke Korea Selatan harus menjalani karantina selama 10 hari akibat naiknya kasus di negara itu.


(ita)
Share: