7 Drakor Peraih Penghargaan Hallyu Drama, Genre Romantis Berjaya

Selasa, 12 September 2023 - 10:01 WIB
loading...
7 Drakor Peraih Penghargaan Hallyu Drama, Genre Romantis Berjaya
Drama Korea Crash Landing on You dianggap berjasa melebarkan hallyu ke pasar internasional. Foto/tvN
A A A
JAKARTA - Beberapa penghargaan di Korea Selatan memiliki kategori khusus, yaitu untuk drama Korea yang dianggap berjasa melebarkan hallyu, alias budaya Korea ke pasar internasional.

Dua di antara penghargaan tersebut adalah Korea Communications Commission Broadcasting-Awards atau KCC Broadcasting Awards dan APAN Star Awards. Yang pertama mulai diadakan pada 2009, sedangkan yang kedua pada 2012.

KCC adalah lembaga yang mengatur regulasi atau standar penyiaran di Korea Selatan. Sedangkan KCC Broadcasting Awards adalah penghargaan untuk mengapresiasi program penyiaran serta individunya yang berkontribusi pada budaya penyiaran di negara tersebut. Program ini tak hanya mencakup drama Korea saja.



Sedangkan APAN Star Awards digelar oleh Korea Entertainment Management Association (CEMA). Penghargaan ini dibuat untuk drama Korea dan para individunya yang terlibat, yang juga berkontribusi untuk hallyu atau Gelombang Korea. Nominasinya diambil dari drama Korea yang tayang di tiga stasiun televisi nasional (KBS, SBS, MBC) dan lima stasiun TV kabel (tvN, JTBC, OCN, MBN, dan TV Chosun).

Nah, berikut ini tujuh drama Korea yang pernah memenangkan 'hallyu award' dalam dua penghargaan tersebut.

1. Twenty-Five Twenty-One (2022)

7 Drakor Peraih Penghargaan Hallyu Drama, Genre Romantis Berjaya

Foto: tvN

Drama coming of age berbumbu kisah cinta ini memenangkan Excellence Award divisi Hallyu Expansion dalam KCC Broadcasting Awards 2023 yang baru saja berlangsung semalam (11/9). Tentu saja, drama ini sangat populer di pasar internasional, terutama berkat kisah cintanya yang membuat penonton emosional.

Twenty-Five Twenty-One menampilkan akting Kim Tae-ri yang menawan sebagai Na Hui-do, anak SMA yang punya mimpi menjadi atlet anggar. Ia lalu bertemu dengan Baek Yi-jin (Nam Joo-hyuk), anak muda dari keluarga kaya yang bangkrut dan harus bekerja keras untuk hidup. Serial ini tayang di Netflix.

2. Hometown Cha-Cha-Cha (2022)

7 Drakor Peraih Penghargaan Hallyu Drama, Genre Romantis Berjaya

Foto: tvN

Drama Korea ini melambungkan nama aktor Kim Seon-ho di mata masyarakat global. Serialnya memenangkan kategori yang sama dengan Twenty-Five Twenty-One, untuk KCC Broadcasting Awards 2022.

Hometown Cha-Cha-Cha adalah drama healing lewat cerita cinta dokter Yoon Hye-jin (Shin Min-a) dengan pemuda desa pengangguran tapi punya banyak keterampilan Hong Du-sik (Kim Seon-ho). Pusat ceritanya adalah tentang menyatukan diri mereka yang berbeda latar belakang dan masing-masing punya trauma masa lalu. Ceritanya bisa disaksikan di Netflix.

3. Crash Landing on You (2021)

7 Drakor Peraih Penghargaan Hallyu Drama, Genre Romantis Berjaya

Foto: JTBC

Drama Korea ini juga memenangkan Excellence Award divisi Hallyu Expansion dalam KCC Broadcasting Awards 2021. Serialnya sangat populer di luar Korea, bahkan sampai melahirkan meme dan perhatian yang besar pada dua pemain utamanya yang kini juga sudah jadi pasangan suami-istri, Hyun Bin dan Son Ye-jin.

Crash Landing on Youadalah kisah romantis antara pengusaha Korea Selatan Yoon Se-ri (Son Ye-jin) dengan tentara Korea Utara Kapten Ri Jeong-hyeok (Hyun-Bin). Tentu saja, cinta mereka terhalang tembok besar karena konflik antara kedua negara. Serial ini juga tayang di Netflix dan Viu.

4. Descendants of the Sun (2016)

7 Drakor Peraih Penghargaan Hallyu Drama, Genre Romantis Berjaya

Foto: KBS2

Serial yang melahirkan julukan Song-Song Couple (Song Joong-ki dan Song Hye-kyo) ini meraih penghargaan Drama of the Year dalam APAN Star Awards 2016. Nama Song Joong-ki juga melonjak drastis berkat drakor ini.

Descendants of the Sun adalah kisah cinta dengan latar perang antara Kapten Yoo Si-jin (Song Joong-ki) dengan dokter Kang Mo-yeon (Song Hye-kyo). Meski jarang bertemu, tapi mereka selalu berusaha tetap dekat dengan berbagai cara. Drama ini tayang di berbagai platform streaming video.

5. Mr. Sunshine (2018)

7 Drakor Peraih Penghargaan Hallyu Drama, Genre Romantis Berjaya

Foto: tvN

Drama Korea ini kerap disebut-sebut sebagai salah satu drama Korea terbaik yang pernah dibuat, sekaligus yang paling sering dibicarakan di media sosial. Serial ini juga memenangkan kategori Drama of the Year dalam APAN Star Awards 2018.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)