Ada Kebun Sayur di Stasiun Bawah Tanah Seoul, Yuk, Intip Kecantikannya

Jum'at, 10 September 2021 - 21:00 WIB
loading...
Ada Kebun Sayur di Stasiun Bawah Tanah Seoul, Yuk, Intip Kecantikannya
Perkebunan di perkotaan dicoba dilakukan di stasiun bawah tanah Kota Seoul dengan mengandalkan cahaya lampu LED. Foto/via Gizmodo
A A A
SEOUL - Untuk daerah perkotaan, menemukan lahan ideal untuk menanam sayur bukanlah hal yang mudah, termasuk juga di Seoul , Korea Selatan.

Apalagi, sayur yang sehat sangat membutuhkan kesuburan tanah, paparan sinar matahari, dan perawatan rutin yang cukup. Namun, Korea Selatan tidak perlu lagi memusingkan hal ini karena kemajuan teknologi di sana mempermudah mereka mewujudkannya.

Ada Kebun Sayur di Stasiun Bawah Tanah Seoul, Yuk, Intip Kecantikannya

Foto: via upi.com

Metro Farm, perusahaan rintisan (start-up) pertanian urban sejak 2019 melakukan kerja sama dengan Seoul Metro untuk meningkatkan proyek perkebunan di perkotaan yang disebut Farm8. Area perkebunan ini ada di Jalur 7 Stasiun Sangdo, Di sini, mereka membuktikan bahwa lahan gelap yang terpendam di bawah tanah dapat dimanfaatkan sebagai media tanam bahan pangan.

Baca Juga: 8 Tanaman yang Cocok Ditanam di Balkon Rumah

Bermodalkan area kosong di stasiun bawah tanah di Seoul, mereka berhasil mewujudkan sebuah kebun sayur dan buah-buahan dengan memanfaatkan teknologi. Di bawah sinar lampu LED, bibit tanaman dapat dikembangbiakkan dengan cahaya tersebut. Tak ketinggalan, mereka juga menciptakan mesin otomatis untuk memproduksi udara segar agar tumbuhan bisa tumbuh dengan subur.

Ada Kebun Sayur di Stasiun Bawah Tanah Seoul, Yuk, Intip Kecantikannya

Foto: via goethe.de

Mengutip dari Atlas Obscura, Lee Hwang-myung, Manajer Senior Proyek Farm8 mengatakan bahwa mereka ingin mengubah persepsi tentang pertanian.

Baca Juga: 10 Tanaman yang Tumbuh Lebih Baik jika Ada Pendampingnya

"Kami ingin menyadarkan banyak orang untuk memandang pertanian bukan sebagai sesuatu yang kuno dan tertinggal, tapi justru sebagai bagian dari masa depan,” kata Hwang-myung.

Diyanah Syafiah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Instagram: @diyanah_syfh
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)