Ini Lokasi Asli Doldam Hospital 'Dr Romantic', Ternyata Bekas Hotel Terkenal

Sabtu, 10 Juni 2023 - 10:29 WIB
loading...
Ini Lokasi Asli Doldam Hospital Dr Romantic, Ternyata Bekas Hotel Terkenal
Doldam Hospital dalam Dr Romantic aslinya adalah gedung bekas hotel di Kota Pocheon, Korea Selatan. Foto/Instagram @byeoliyiilsang
A A A
JAKARTA - Drakor Dr Romantic season 1 hingga 3 identik dengan Rumah Sakit Doldam, yang disebut berlokasi di Provinsi Gangwon (Gangwon-do).

Gangwon-do berlokasi di pinggiran Seoul, yang jarak aslinya sekitar 117 km atau tak lebih jauh dari jarak Jakarta-Bogor. Namun aslinya, Rumah Sakit Doldam bukan berlokasi di sana, melainkan di Provinsi Gyeonggi, tepatnya di Kota Pocheon (Pocheon-si).



Dari Pocheon ke Seoul, jaraknya hanya setengah dari Gangwon-do ke Seoul. Jika dilihat di peta, Seoul diapit oleh dua provinsi ini.



Ini Lokasi Asli Doldam Hospital 'Dr Romantic', Ternyata Bekas Hotel Terkenal

Foto: ResearchGate


Pocheon bisa dibilang adalah kota pedalaman di pinggiran Seoul. Letak persisnya ada di antara Seoul dan daerah pegunungan di Provinsi Gangwon. Jadi udaranya memang sejuk, cenderung dingin dengan rata-rata suhunya 10,5 derajat Celcius.

Udara terpanas di Pocheon adalah pada Agustus, dengan suhu sekitar 25,7 derajat Celcius. Sedangkan terdingin pada Januari dengan suhu bisa mencapai minus 7 derajat Celcius.

Nah, lokasi syuting Rumah Sakit Doldam dalam Dr Romantic terletak di kota sejuk ini, di dekat Danau Sanjeong yang populer, persis seperti yang sering tergambar dalam serialnya. Meski lokasi syuting Dr Romantic ini tak sepopuler lokasi-lokasi lain dalam drama Korea karena tak menawarkan pemandangan indah, tapi sejarah lokasi Rumah Sakit Doldam sangat menarik.

Rumah Sakit Doldam Bekas Hotel Keluarga

Ini Lokasi Asli Doldam Hospital 'Dr Romantic', Ternyata Bekas Hotel Terkenal

Foto: Instagram @byeoliyiilsang

Mengutip dari Korea Travel Post, Rumah Sakit Doldam dulunya dikenal oleh warga lokal sebagai Hotel Keluarga Danau Sanjeong (Lake Sanjeong Family Hotel). Sayangnya, hotel ini ditutup pada 2012.

Tadinya, di lokasi hotel itu akan dibuat stasiun kereta gantung yang menghubungkan seluruh area di Danau Sanjeong. Namun sebelum rencana diwujudkan, tempat ini sudah keburu populer sebagai lokasi syuting Dr Romantic, yang pertama kali tayang pada 2016.

Karena drama Korea ini juga terus diproduksi hingga kini, akhirnya Peta Naver (Naver Maps) malah mengganti nama Lake Sanjeong Family Hotel sebagai "Dr Romantic Filming Location". Sementara Google Maps menulis lokasinya sebagai "Doldam Hospital" karena orang-orang yang datang ke sana adalah para penonton Dr Romantic.

Ini Lokasi Asli Doldam Hospital 'Dr Romantic', Ternyata Bekas Hotel Terkenal

Foto: Instagram @byeoliyiilsang

Sayangnya, meski terbuka untuk umum, pengunjung tak bisa masuk ke dalam gedung tersebut. Mereka hanya boleh berkeliling di area luar gedung dan berfoto-foto di sana.

Karena tak banyak yang bisa dilihat, kalau kamu ke sana, maka bisa menghabiskan waktu di Danau Sanjeong yang jaraknya hanya 100 meter, seperti yang pernah dilakukan karakter dokter Yoon Seo-jung (Seo Hyun-jin) dan Cha Eun-jae (Lee Sung-kyung) saat sedang galau. Di sini, kamu bisa berjalan-jalan di jalan setapak sepanjang 3,2 km yang mengelilingi danau.

Ini Lokasi Asli Doldam Hospital 'Dr Romantic', Ternyata Bekas Hotel Terkenal

Foto: Expedia

Kamu juga bisa naik perahu bebek selama 30 menit yang tersedia saat musim panas. Saat musim dingin, danau akan membeku dan bisa dipakai untuk main seluncur es selama satu jam.



Buat kamu yang bercita-cita mengunjungi Rumah Sakit Doldam di Pocheon, berikut ini alamat lengkapnya: Sanjeonghosu-ro, Yeongbuk-myeon, Pocheon-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan. Tempatnya dibuka setiap hari pukul 09.00-17.00.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2231 seconds (0.1#10.140)