6 Tempat Wisata Alam dan Budaya di Jepara buat Pehobi Fotografi

Selasa, 24 September 2024 - 14:10 WIB
loading...
6 Tempat Wisata Alam...
Pulau Mandalika juga ada di Jepara dan kini tak berpenghuni dengan banyak mitos mistis di baliknya. Foto/X @Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Jepara dikenal sebagai kota yang berlimpah wisata alam dan budaya. Kota di Jawa ini punya kelengkapan kondisi geografis, dari pantai hingga gunung, jugakeanekaragaman budaya dan latar belakang historis sehingga meninggalkan spot-spot ikonis.

Jepara adalah ibu kota dari Kabupaten Jepara yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Buat kamu yang juga tinggal di Pulau Jawa, berkunjung ke Jepara tentu bisa jadi pilihan.

Nah, terutama buat anak muda yang suka dengan fotografi, ada sedikitnya enam tempat wisata alam dan budaya di kota ini yang cocok untuk kalian datangi untuk healing sekaligus mengasah keahlian fotografimu.


Destinasi Wisata Alam dan Budaya di Jepara untuk Pehobi Fotografi


1. Fort Japara XVI

6 Tempat Wisata Alam dan Budaya di Jepara buat Pehobi Fotografi

Foto: Wikimedia

Benteng yang satu ini jaraknya dekat dengan pusat kota Jepara. Benteng ini juga terkenal dengan nama Benteng VOC oleh warga setempat. Walaupun kurang pas disebut VOC karena lebih dekat mengacu ke peninggalan Portugis daripada Belanda.

BentengFort Japara XVI berada di Bukit Danareja dan dikelilingi parit. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat bunga-bunga flamboyan bermekaran.

Selain itu dari spot tertinggi di sana, kamu bisa melihat laut Jawa. Suasana yang hening juga bisa membuat kamu healing sejenak, atau kamu juga bisa membayangkan pegawai Belanda yang mengawasi kapal yang berlabuh dan melintas saat zaman kolonial.

Setelah selesai, kamu bisa mampir ke Alun-alun 1 Kota Jepara yang jaraknya dekat dari Benteng Fort ini. Kamu juga bisa mendapatkan jajanan khas Jepara karena aksesnya yang sangat strategis bila ingin ke pusat perbelanjaan, hotel, dan wisata lainnya.

2. Desa Wisata Tempur

6 Tempat Wisata Alam dan Budaya di Jepara buat Pehobi Fotografi

Foto: Instagram @angga_pramana_putra

Desa Wisata Tempur banyak diincar oleh wisatawan yang hobi berekreasi karena kesuksesan yang dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Jepara. Di sini, kamu bisa menikmati keasrian alam sebagai 'jualan' utama desa ini.

Tak cuma itu, kamu juga bisa menyaksikan tradisi Bari'an Dawet sebagai tradisi meminta hujan yang dilakukan oleh warga setempat. Ada lagi tradisi Padusan yang dilaksanakan menyambut Ramadan dengan beramai-ramai mandi di sungai.

Yang seru, untuk sampai ke sini, kamu akan menemui medan perjalanan yang cukup menantang karena berada di lereng Gunung Muria. Perlu perjalanan 1,5 jam dari pusat Alun-Alun Kota Jepara. Namun semuanya akan tertebus dengan pengalaman healing dan alamnya yang masih terjaga.

3. Wisata Kali Bening

6 Tempat Wisata Alam dan Budaya di Jepara buat Pehobi Fotografi

Foto: Wisata Jepara

Sesuai dengan namanya, wisata air terjun dengan air yang bersih ini populer di Jepara. Hal yang perlu dipersiapkan adalah peralatan fotografi kamu harus tahan terhadap cuaca lembap.

Kondisi air yang berada di Dukuh Krebu, Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara ini juga 'menjual' keindahan alam dengan pemandangan air dan kolam.

Perlu waktu 45 menit untuk sampai ke Kali Bening dari Alun-Alun 1 Jepara menuju ke arah timur. Lokasi ini ramai ketika akhir pekan.

4. Desa Wisata Somosari

6 Tempat Wisata Alam dan Budaya di Jepara buat Pehobi Fotografi

Foto: travelingyuk

Beranjak ke Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, di desa Somosari banyak spot foto yang menawarkan tema air terjun. Perlu waktu 30 menit kalau ditempuh dari Alun-Alun Jepara.

Sepanjang perjalanan, kamu akan melihat keindahan rumah-rumah yang terbuat dari ukir kayu khas dan bambu. Suasana tersebut menambah nuansa tradisional yang bagus untuk dipotret dan jadi konten di akun media sosialmu.

Selain itu ada wisata kebun buah kalau kamu mau menikmati kelezatan buah Jepara saat musim durian atau saat musim panen buah di Somosari.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)