Liburan Remaja yang Seru dan Hemat: 5 Tips Menyiapkan Anggarannya

Rabu, 21 Juni 2023 - 15:21 WIB
loading...
Liburan Remaja yang Seru dan Hemat: 5 Tips Menyiapkan Anggarannya
Traveling bagi remaja atau mahasiswa membutuhkan perhitungan bujet yang tepat agar tetap bisa hemat. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Liburan yang hemat bisa diusahakan, tapi tentu kamu harus tahu caranya. Ini penting terutama bagi remaja atau mahasiswa yang bujetnya terbatas.

Bujet atau anggaran memang kerap menjadi kendala utama saat kita ingin menikmati liburan, apalagi kalau jaraknya jauh. Kita harus menyiapkan dana untuk biaya makan, penginapan, hingga biaya lainnya yang akan memakan jumlah yang cukup banyak.

Berikut ini lima tips menyiapkan anggaran dengan bijak bagi remaja dan mahasiswa yang ingin berlibur.

Baca Juga: Saat Traveling, Wisatawan Indonesia Paling Narsis di Dunia

1. Rencanakan Liburan


Mulailah dengan membuat daftar tujuan dan aktivitas yang ingin dilakukan. Cari tahu tentang tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi, dan hiburan yang tersedia. Dengan merencanakan dengan baik, akan terhindar pengeluaran yang dinilai impulsif dan fokus pada yang benar-benar penting.

2. Tentukan Anggaran


Tentukan anggaran yang sesuai dengan kondisi keuangan diri sendiri, jangan terlalu memaksakan dalam pengeluaran dana. Siapkan cadangan uang untuk keperluan darurat, apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat liburan. Dengan mengetahui batasan anggaran dana, Kita dapat mengambil keputusan yang bijak saat memilih transportasi, akomodasi, dan tempat makan yang sesuai dengan kantong.

Liburan Remaja yang Seru dan Hemat: 5 Tips Menyiapkan Anggarannya

Foto: Shutterstock

3. Pilih Opsi Transportasi yang Ekonomis


Transportasi sering sekali menjadi salah satu komponen biaya terbesar dalam liburan. Agar dapat menghemat uang, lakukan pertimbangan untuk menggunakan transportasi ekonomis seperti bus, kereta ekonomi, atau pesawat dengan tiket murah. Jika tujuan telah tercapai maka pertimbangkan untuk berbagi biaya perjalanan dengan teman-teman atau keluarga yang ikut serta. Selain itu, manfaatkan teknologi dan cari penawaran atau diskon khusus untuk tiket transportasi.

4. CariPenginapan Alternatif


Akomodasi juga mempengaruhi anggaran liburan. Daripada menginap di hotel mewah yang mahal, maka lakukan pertimbangkan untuk mencari akomodasi yang alternatif dan harganya terjangkau seperti hostel atau homestay yang murah tapi tetap nyaman.


5. Rencanakan Liburan Jauh Hari


Rencanakan liburan setidaknya 1-2 bulan sebelumnya, Selain bisa membuat kamu melakukan lebih banyak riset, kamu juga punya waktu untuk memilih akomodasi yang tepat, kesempatan untuk menabung lebih banyak, dan meminimalisir stres karena masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri.

MG/Mutia Talitha
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2630 seconds (0.1#10.140)