8 Tanaman yang Cocok Ditanam di Balkon Rumah

Senin, 17 Mei 2021 - 21:16 WIB
loading...
8 Tanaman yang Cocok Ditanam di Balkon Rumah
Ada banyak tanaman yang bisa ditanam di balkon untuk membuat rumah jadi lebih cantik. Foto/AleksandarNakic, Getty Images
A A A
JAKARTA - Kalau kamu punya balkon yang luas dan disinari oleh matahari, atau kamu tinggal di apartemen yang mempunyai balkon kecil untuk bersantai, menaruh beberapa tanaman bisa bikin balkonmu terlihat asri.

Tanaman yang ditanam di balkon juga bisa beradaptasi dengan baik, ditambah bisa menahan panas dan angin akibat lokasi yang tinggi. Berikut ini adalah delapan tanaman yang cocok ditanam di balkon rumah, mengutip Better Homes & Garden .

1. TANAMAN YANG COCOK UNTUK MENJAGA PRIVASI - BAMBU EMAS

8 Tanaman yang Cocok Ditanam di Balkon Rumah

Foto: Constantgardener/Getty Images

Kalau balkonmu terlalu dekat dengan balkon tetangga, kamu bisa menambahkan bambu emas di balkon dan kalau tanaman ini sudah tumbuh tinggi kamu, maka kamu tidak perlu menambahkan pagar di balkon rumahmu. Tanaman ini bisa kalau tidak terkontaminasi dengan tanaman yang lain, jadi simpanlah tanaman ini pot kayu dengan kedalaman dan lebar sekitar 24 inci (60,96 cm).

2. TANAMAN TROPIS - SUKULEN

8 Tanaman yang Cocok Ditanam di Balkon Rumah

Foto: Agrobacter/Getty Images

Sukulen mudah dirawat dan bisa menjadi tanaman balkon yang baik, terutama kalau tinggal di iklim tropis. Dua kelompok khususnya yang tumbuh subur di wadah luar ruangan adalah sedum dan sempervivum. Sukulen yang terlalu banyak disiram air dapat membusuk, jadi pastikan hanya menyiram satu kali dalam sebulan.Pastikan tanaman terkena sinar matahari langsung dan ditanam di tanah yang kering

3. TANAMAN TERBAIK - LAVENDER

8 Tanaman yang Cocok Ditanam di Balkon Rumah

Foto:Harry Wedzinga/iStock

Beberapa tanaman tumbuh baik di balkon termasuk lavender dan kemangi. Meski begitu, lavender punya bunga yang paling mencolok. Tanaman aromatik ini punya ratusan varietas yang mekar dalam berbagai warna ungu atau putih yang indah. Lavender juga tahan panas, kering, dan angin.

Selain itu, kamu juga bisa memanen bunga dan daunnya untuk bumbu dapur dan digunakan untuk kerajinan tangan.
Taruh tanaman di bawah sinar matahari langsung dan tanah yang kering

4. WEWANGIAN TERBAIK - GARDENIA

8 Tanaman yang Cocok Ditanam di Balkon Rumah

Foto: LFO62/iStock

Beberapa bunga bisa dibandingkan dengan gardenia dalam hal wewangian. Tanaman cemara ini menghasilkan bunga yang mekar berwarna putih murni dan punya wangi yang kuat dan manis yang bisa dideteksi dari kejauhan. Namun, gardenia membutuhkan banyak kelembapan dan tanah yang kering.

Tanaman ini berumur pendek karena cenderung menarik hama serangga dan rentan terhadap akar busuk. Rawat di bawah sinar matahari dan tanah yang kering

Baca Juga: Mitos 6 Tumbuhan Pengusir Hantu, Kamu Pernah Coba?

5. TANAMAN TRAILING - VERBENA

8 Tanaman yang Cocok Ditanam di Balkon Rumah

Foto: Kb79/iStock

Tanaman berbunga tahan kering ini bekerja dengan baik di trailing balkon atau di pagar karena bisa tumbuh mengalir ke samping. Ada banyak jenis verbena dalam warna seperti putih, merah muda, merah, biru, dan ungu. Verbena cukup mudah tumbuh, meskipun dapat bermasalah dengan jamur, yang terlihat seperti lapisan tepung putih pada daun tanaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)