5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Mahasiswa selain Belajar di Kelas

Kamis, 26 Agustus 2021 - 19:13 WIB
loading...
5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Mahasiswa selain Belajar di Kelas
Menjadi mahasiswa tak melulu diisi dengan belajar di kelas karena ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Saat ini, beberapa universitas di Indonesia telah memulai kegiatan perkuliahannya. Pada semester ganjil ini, para mahasiswa pun sudah harus bisa beradaptasi dengan dunia kampus .

Meski begitu, kegiatan mahasiswa tidak selalu hanya mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen. Mahasiswa juga bisa mengembangkan bakatnya di luar kegiatan akademis. Inilah hal-hal yang dapat dilakukan para mahasiswa selain kegiatan di kelas.

1. MENGIKUTI ORGANISASI KAMPUS

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Mahasiswa selain Belajar di Kelas

Foto:Keira Burton/Pexels

Setiap universitas punya wadah untuk mahasiswa berorganisasi. Organisasi di kampus pun beragam, dari mulai lingkup jurusan hingga universitas. Seperti Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang merupakan perkumpulan mahasiswa dari setiap jurusan hingga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang mewadahi mahasiswa antarfakultas bahkan universitas.

Organisasi kampus juga bisa menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk menemukan teman sejurusan hingga se-universitas. Selain menjadi penghubung antara mahasiswa, organisasi kampus juga dapat menjadi penyambung antara mahasiswa dan pihak kampus. Banyak sekali kegiatan yang dapat diikuti di organisasi kampus, seperti menjadi panitia seminar, panitia lomba, hingga kegiatan sosial di masyarakat.

2. MENGIKUTI UNIT KEGIATAN MAHASISWA

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Mahasiswa selain Belajar di Kelas

Foto: Alexander Nadrilyanski/Pexels

Unit Kegiatan mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan UKM adalah organisasi di dalam kampus untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa. UKM sama seperti ekstrakurikuler yang ada di sekolah.

Banyak sekali pilihan UKM yang dapat diikuti di kampus. Mulai dari UKM olahraga, UKM musik, UKM fotografi hingga UKM bahasa. Mengikuti UKM juga dapat menambah teman yang memiliki hobi yang sama. Berbagai pilihan UKM tesebut dapat mengasah minat dan bakat mahasiswa.

Baca Juga: Kehidupan Kampus yang Sebenarnya, dan Tips untuk Mahasiswa Baru dalam Menghadapinya

3. MENGIKUTI PROGRAM MAGANG

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Mahasiswa selain Belajar di Kelas

Foto:Kampus Production/Pexels

Selain mengikuti kegiatan yang ada di dalam kampus, mahasiswa juga bisa mencari pengalaman di luar kampus. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan mahasiswa di luar kampus ialah mengikuti program magang. Saat ini banyak sekali program magang yang ditawarkan perusahaan hingga instansi pemerintahan.

Mahasiswa dapat mengikuti program magang yang telah bekerja sama dengan pihak kampus atapun yang disediakan oleh pemerintah seperti Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka. Ketika mengikuti program magang, mahasiswa akan mendapat berbagai kompetensi yang berguna bagi pekerjaannya kelak.

4. MENGIKUTI KEGIATAN VOLUNTEER

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Mahasiswa selain Belajar di Kelas

Foto:Thirdman/Pexels

Kegiatan yang bisa diikuti mahasiswa di luar kampus selain magang yaitu menjadi volunteer atau sukarelawan. Meskipun tidak dibayar, menjadi sukarelawan juga sangat bermafaat bagi sesama. Kegiatan ini juga bisa menjadi penghubung untuk menemukan banyak teman.

Saat ini kegiatan kesukarelawanan cukup digemari oleh kalangan anak muda, apalagi mahasiswa. Dengan mengikuti kegiatan ini, mahasiswa dapat menumbuhkan jiwa sosial di masyarakat. Ada berbagai kegiatan menjadi sukarelawan yang bisa diikuti oleh mahasiswa, dari mulai yang fokus pada bidang kemanusiaan, lingkungan, hingga acara-cara tertentu seperti seminar, lomba, dan konser.

Baca Juga: Mau Beli Laptop Buat Kuliah? Wajib Pertimbangkan 8 Hal Ini

5. MENGIKUTI LOMBA

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Mahasiswa selain Belajar di Kelas

Foto: Cottonbro/Pexels

Terdapat banyak sekali manfaat kalau mahasiswa mengikuti perlombaan, seperti mengasah kemampuan hingga mendapat hadiah. Ada berbagai lomba yang dapat diikuti oleh mahasiswa, dari mulai lomba menulis, fotografi, hingga lomba yang terkait dengan jurusan kuliah seperti kompetisi matematika, fisika, dan kimia. Tidak hanya dari dalam kampus, saat ini banyak perlombaan yang diadakan oleh perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan.

Aldy Rahman
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @aldy_rahmn
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)