Daftar 19 Permainan dalam University War, Bisa untuk Inspirasi Lomba!

Senin, 26 Februari 2024 - 11:17 WIB
loading...
Daftar 19 Permainan dalam University War, Bisa untuk Inspirasi Lomba!
Ada 19 permainan dalam University War dengan tingkat kesulitan beragam yang bisa jadi inspirasi membuat pertandingan. Foto/Coupang Play
A A A
JAKARTA - Reality show University War atau Elite League menampilkan banyak sekali permainan matematika sepanjang delapan episode.

University War jadi ajang kompetisi yang tengah viral di Indonesia, meski sebenarnya sudah tayang sejak November 2023 di Coupang Play. Acara yang menampilkan perwakilan tim mahasiswa dari beberapa universitas paling prestisius di Korea Selatan ini juga sudah dipastikan akan dibuatkan season keduanya.

Tiap satu putaran University War ada empat segmen. Pertama adalah Seleksi Ace (Seleksi Kartu AS), yang dipakai untuk memilih 'kartu As' alias peserta terbaik dari tiap tim.

Baca Juga: Biodata dan Profil Lengkap 24 Peserta University War serta Akun Instagram-nya

Peserta pertama yang berhasil menjawab pertanyaan Seleksi Ace dengan benar akan dipersilakan memilih lawannya, dan di sinilah segmen kedua Pertandingan Ace dimulai. Pemenang Pertandingan Ace akan mendapatkan keuntungan atau manfaat dalam Pertandingan Utama.

Segmen ketiga atau Pertandingan Utama adalah pertandingan antar-tim. Tiap tim akan bekerja sama menjawab pertanyaan di segmen tersebut.

Terakhir adalah Deathmatch, yaitu pertandingan untuk dua tim terbawah dari hasil Pertandingan Utama. Tim yang kalah di segmen ini akan langsung tereliminasi dari University War.

Daftar Lengkap Permainan dalam University War


Episode 1

1. Seleksi Ace - Penjumlahan Angka Besar

Seleksi Ace pertama adalah para peserta diminta menjumlahkan beberapa kelompok angka yang jumlahnya ratusan. Peserta harus menghitungnya di luar kepala, karena mereka tidak disediakan kertas untuk menghitung secara tulisan.

2. Pertandingan Ace - Menemukan Bilangan Prima

Dua orang peserta diminta menemukan bilangan prima dari rentang angka tertentu. Ada satu bilangan prima yang tersembunyi, dan peserta yang mampu menebaknya dengan tepat akan mendapatkan poin lebih.

Tiap peserta mendapat giliran selama 30 detik untuk menebak bilangan prima, sebelum berpindah ke lawannya.

Episode 2


1. Pertandingan Utama - Menjawab 300 Soal Matematika

University War episode 2 melanjutkan putaran pertama dari episode 1 yang belum selesai. Di sini, tiap tim harus menjawab 300 pertanyaan matematika dasar dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Tak ada batas waktu untuk menjawabnya, tapi tim harus memasukkan seluruh jawaban di mesin jika ingin mengetahui jumlah jawaban yang salah. Yang menarik, setelah diberi tahu jumlah jawaban yang salah, tim harus mencari tahu sendiri soal yang mana yang jawabannya salah.

2. Deathmatch - Formula Panahan

Permainan Formula Panahan menghadapkan dua tim kepada target panahan yang berisi angka-angka. Sementara 'busur'nya adalah dua angka yang dipilih sendiri oleh tiap tim, yang artinya akan ada empat angka.

Dari sini, tim akan memilih satu angka dari target panahan, lalu membuat formula atau rumus matematika (penjumlahan, perkalian, dan lainnya) dari empat angka yang sebelumnya mereka berikan. Formula tersebut harus menghasilkan angka yang sama dengan angka target di panahan.

Tugas tiap tim adalah menghasilkan poin sebanyak mungkin sekaligus mencegah tim lawan membuat tiga target yang berdekatan di panahan. Poin untuk target angka di lingkaran terdalam lebih besar dibanding di lingkaran terluar.

Daftar 19 Permainan dalam University War, Bisa untuk Inspirasi Lomba!

Foto: Coupang Play

Episode 3

1. Seleksi Ace - Melengkapi Kalimat dengan Logika Matematika

Putaran kedua dimulai dengan Seleksi Ace. Tiap peserta harus melengkapi beberapa kalimat yang saling terhubung tapi belum lengkap, dengan angka yang harus mereka tebak. Ini adalah soal logika matematika.

2. Pertandingan Ace - Balance Game

Dua peserta melakukan tanding Balance Game. Di sini, tiap peserta akan memilih empat angka (dalam rentang tertentu, misalnya 1-10) yang ditampilkan sebagai A,B,C, dan D. Masing-masing harus menebak kombinasi empat angka milik lawan.

Caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan terkait angka yang diwakili dengan abjad yang sama. Misalnya, peserta meminta panitia membandingkan A milik X dengan A milik Y.

Nanti panitia akan mengatakan misalnya "Angka A milik X lebih kecil dibandingkan angka A milik Y". Peserta yang mampu menebak kombinasi angka lawannya lebih cepat akan menjadi pemenang.

3. Pertandingan Utama - Menebak Pelaku Berdasarkan Bukti Kode

Tiap tim akan melakukan Investigasi Sinyal. Tiga peserta akan berlaku sebagai menyidik yang mengumpulkan bukti-bukti. Sementara satu peserta dari tim yang sama harus menebak foto pelaku berdasarkan bukti-bukti yang diberikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0898 seconds (0.1#10.140)