Cara Menurunkan Berat Badan dengan 3 Hal Sederhana, Lakukan Saat Pagi Hari

Rabu, 25 Agustus 2021 - 12:16 WIB
loading...
Cara Menurunkan Berat Badan dengan 3 Hal Sederhana, Lakukan  Saat Pagi Hari
Menurunkan berat badan memang sebaiknya dilakukan secara perlahan dan yang pasti harus konsisten. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Memiliki berat badan ideal menjadi cita-cita banyak orang. Sebab memiliki berat badan berlebih memang bisa berakibat buruk untuk kesehatan .

Bagi kamu yang merasa memiliki berat badan berlebih, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Kali ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika bangun tidur untuk bisa menurunkan berat badanmu, menurut ahli gizi dan penurunan berat badan Dr. Anthony Balduzzi .

1. REHIDRASI TUBUH DENGAN TEPAT

Cara Menurunkan Berat Badan dengan 3 Hal Sederhana, Lakukan Saat Pagi Hari

Foto: Freepik

Setelah semalam kamu tidur dengan durasi 6-9 jam, tubuh kamu mengalami dehidrasi yang cukup tinggi. Sehingga kamu perlu melakukan rehidrasi dengan tepat saat baru bangun.

Kamu dapat melakukan hal tersebut dengan menyiapkan setidaknya 946,35 mililiter air murni atau sekitar 3,6 gelas air minum. Dengan mengonsumsi air tersebut, kamu dapat melakukan rehidrasi pada pagi hari untuk tubuh kamu.

Rehidrasi sangat diperlukan tubuh karena hidrasi mampu memberikan beberapa manfaat. Pertama, membakar lemak dalam tubuh dengan optimal. Kedua, menyegarkan otak saat pagi hari sehingga kamu akan lebih siap untuk beraktivitas. Ketiga, membantu meningkatkan stamina saat pagi hari.

Baca Juga: Sering Dengar dan Percaya dengan Tips Kesehatan Ini? Ternyata Mitos!

2. MENGALIRKAN GETAH BENING


Cara Menurunkan Berat Badan dengan 3 Hal Sederhana, Lakukan Saat Pagi Hari

Foto: Freepik

Tubuh kita punya pembuluh darah arteri yang mengantar oksigen ke seluruh tubuh. Tubuh juga memiliki pembuluh darah vena yang membawa darah “bekas” kembali ke jantung. Tak hanya itu, tubuh kita juga punya pembuluh darah limfatik.

Pembuluh darah limfatik berfungsi mengalirkan getah bening dalam tubuh manusia. Ketika kita tidur, maka getah bening di tubuh dalam posisi stagnan atau tidak mengalir. Hal inilah yang menyebabkan saat pagi hari tubuh kita sering kaku.

Oleh karena itu, kita perlu mengalirkan getah bening yang ada di dalam tubuh. Salah satu cara yang direkomendasikan oleh Anthony adalah dengan melakukan lompatan-lompatan kecil selama lima menit setelah bangun tidur untuk mengalirkan getah bening di dalam tubuh kita.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Mental

3. SARAPAN DENGAN TEPAT

Cara Menurunkan Berat Badan dengan 3 Hal Sederhana, Lakukan Saat Pagi Hari

Foto: Freepik

Sarapan yang tepat akan memberikan nutrisi yang tepat juga untuk tubuh kita. Oleh karenanya, dalam melakukan sarapan ada beberapa hal yang harus perhatikan.

Pertama, utamakan konsumsi protein yang baik saat sarapan. Contohnya dari telur, daging, dan bubuk protein berkualitas tinggi.
Kedua, konsumsilah kacang-kacangan untuk mendapatkan lemak sehat yang bisa meningkatkan energi kamu saat pagi hari. Bila alergi dengan kacang-kacangan, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan yang rendah glukemik/ fruktosa.

Ketiga, minumlah teh hijau organik, kopi hitam yang berkualitas, atau cukup air putih biasa.

Untuk mendapatkan nutrisi yang baik bagi tubuh kita, yang penting adalah konsistensi. Walau yang dilakukan adalah cara sederhana, tapi kalau dilakukan dengan konsisten, maka akan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Burhanuddin Robbany
Kontributor GenSINDO
UIN Walisongo Semarang
Instagram: @burhanuddin_robbany
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)