Kamu Calon Mahasiswa Baru? Ini Kiat Memaksimalkan Potensi Diri saat Masa Kuliah

Senin, 26 April 2021 - 16:54 WIB
loading...
A A A
4. MEMBUAT PERENCANAAN DENGAN BAIK

Kamu Calon Mahasiswa Baru? Ini Kiat Memaksimalkan Potensi Diri saat Masa Kuliah

Foto: Freepik

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hukumnya wajib untuk memperhatikan waktu pengerjaan. Faisal berpendapat inti membagi waktu yang baik adalah perencanaan dengan memperhatikan kondisi tubuh.

“Untuk menghindari burn out,saya menerapkan teknik Pomodoro, 25 menit kerja diselingi 5 menit istirahat. Hasilnya produktivitas jadi meningkat,” kata Faisal. Kemudian kamu bisa banget memanfaatkan aplikasi planner seperti Trello atau Notion untuk membantu mengorganisasikan pekerjaanmu.

5. CARA MENGATASI KELEMAHAN DAN MENGHADAPI TANTANGAN

Kamu Calon Mahasiswa Baru? Ini Kiat Memaksimalkan Potensi Diri saat Masa Kuliah

Foto: Shutterstock

Dalam mengatasi kelemahan diri, biasanya Faisal memulai dengan mengidentifikasi masalah. Kalau akar permasalahan sudah diketahui, tahapan selanjutnya adalah mencoba memecahkan permasalahan tersebut. Proses ini akan terus berulang sepanjang kita hidup seiring munculnya kelemahan lainnya. Nobody’s perfect!

Sedangkan ketika tantangan menghampiri, coba tanyakan ke diri sendiri alasan mengapa kamu memulai suatu hal agar memudahkan kita kembali pada tujuan awal, “Misalnya ketika lomba, nilai di tahap pertama jelek, saya coba mengingat kembali tujuan saya ikut lomba mau membawa medali ke ITB. And it keeps me going,” cerita Faisal.

Baca Juga: 10 Kalimat Bijak Suga BTS untuk Bantu Kamu Jalani Masa Muda

6. MENGIKUTI BANYAK PERLOMBAAN

Kamu Calon Mahasiswa Baru? Ini Kiat Memaksimalkan Potensi Diri saat Masa Kuliah

Foto: Freepik

Siapa yang ikut lomba saja belum, tapi sudah nyerah duluan? Sayang banget, padahal ikut lomba bisa jadi salah satu ajang akselerasi dalam mengembangkan diri. Lomba acap kali memacu individu untuk berusaha secara maksimal dan terus menjadi lebih baik.

“Kalau di kuliah kan gak ada kompetisi secara langsung, nilai atau IPK, ya, balik ke masing-masing orang. Sedangkan lomba memberikan kompetisi secara langsung,” katanya.

Jangan pernah kapok untuk ikut lomba gara-gara kalah. Dari kekalahan, kamu bisa lebih mahir dan siap menghadapi kompetisi selanjutnya.

Mengembangkan diri memang tidak pernah ada rumus pastinya. Berbagai cara bisa ditempuh, beberapa melangkah lebih cepat dan sebagian lagi butuh menunggu lebih lama, tapi itu bukan soal, yang terpenting kamu selalu punya keinginan untuk terus belajar dan berkembang.

Stay hungry, stay foolish. Selamat berproses dalam dunia perkuliahan!

Fathimah Waqaarah Siregar
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @wforwoodley
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)