Dari Termahal hingga Terlaris, Ini 7 Fakta Menarik tentang Buku

Jum'at, 23 April 2021 - 12:35 WIB
loading...
Dari Termahal hingga Terlaris, Ini 7 Fakta Menarik tentang Buku
Tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku Internasional dan pemilihannya terkait dengan waktu kematian tiga penulis terkenal. Foto/Unsplash
A A A
JAKARTA - Hari ini atau 23 April ditetapkan UNESCO sebagai Hari Buku Internasional. Tujuannya adalah supaya masyarakat bisa lebih meningkatkan minat dan kemampuan literasi, juga mendukung penulis dengan tidak membeli buku bajakan.

Mengutip Press-Enterprise , penetapan Hari Buku Internasional dilakukan sejak 1955. Tanggal 23 April dipilih sebab tiga penulis hebat meninggal pada tanggal dan tahun yang sama, yaitu 23 April 1616.

Ketiganya adalah William Shakespeare, El Inca Garcilaso de la Vega, dan Miguel de Cervantes Saavedra. Selain bertepatan dengan meninggalnya tiga penulis besar, pada 23 April 1923 juga diselenggarakan sebuah festival buku di Spanyol.

Mengutip Spain Info , Festival of Sant Jordi di Barcelona merupakan hari raya untuk memperingati hari kematian Saint George. Dalam festival tersebut, laki-laki dan perempuan pengunjung festival biasanya akan bertukar hadiah. Laki-laki akan menerima buku dari perempuan, sedangkan perempuan akan menerima mawar dari laki-laki. Selain merayakan Hari Buku, Festival of Sant Jordi juga dimanfaatkan untuk merayakan Hari Kasih Sayang.

Nah, dalam rangka merayakan Hari Buku Internasional, yuk, simak informasi-informasi menarik soal buku-buku di bawah ini.

1. “SHREE HARICHARITRAMRUT SAGAR”, BUKU TERTEBAL DI DUNIA

Dari Termahal hingga Terlaris, Ini 7 Fakta Menarik tentang Buku

Foto: via amazon.co.uk

Mengutip Guinness World Records , buku berjudul “Shree Haricharitramrut Sagar” adalah buku tertebal di dunia yang ditetapkan pada 2 Februari 2020. Tebal buku tersebut adalah 496 milimeter.

Buku yang ditulis oleh Gyanjivandasji Swami dari India itu merupakan biografi Bhagwan Shree Swaminarayan, seorang pertapa penganut agama Hindu. Selain buku “Shree Haricharitramrut Sagar”, salah satu buku yang pernah didaulat sebagai buku tertebal di dunia adalah buku karangan Agatha Christie .

Buku tersebut merupakan kumpulan cerita Miss Marple yang terdiri atas 12 novel dan 20 cerita pendek. Buku seberat 8,04 kg tersebut mempunyai 4.032 halaman.

2. “FLIGHTS”, BUKU PEMENANG PENGHARGAAN NOBEL DI BIDANG LITERATUR TAHUN 2019

Dari Termahal hingga Terlaris, Ini 7 Fakta Menarik tentang Buku

Foto: via Amazon

Mengutip Emerging Europe , “Flights” karangan Olga Tokarczuk merupakan novel yang memenangkan beberapa penghargaan bergengsi. Penghargaan tersebut di antaranya adalah Nike Award (penghargaan bidang literatur paling bergengsi di Polandia), Man Booker Prize, dan Nobel Prize in Literature.

“Flights” secara garis besar menceritakan perenungan filosofis tentang kegiatan perjalanan (travelling) modern. Di negara asalnya, yaitu Polandia, Olga Tokarczuk merupakan salah satu penulis diakui paling berhasil, baik dari segi penjualan buku maupun penilaian oleh kritikus.

Baca Juga: Ini 5 Buku Fiksi untuk Membuka Cakrawala Berpikirmu

3. “DON QUIXOTE”, BUKU BEST-SELLER SEPANJANG MASA

Dari Termahal hingga Terlaris, Ini 7 Fakta Menarik tentang Buku

Foto: via Amazon

Mengutip dari James Clear , buku "Don Quixote" yang ditulis oleh Miguel de Carvantes telah terjual sebanyak 500 juta kopi dari tahun pertama penerbitannya, yaitu 1605. Secara garis besar, novel “Don Quixote” menceritakan kisah seorang bangsawan Spanyol yang berhalusinasi menjadi kesatria berkuda karena terlalu banyak membaca buku bertema itu.

Novel ini dianggap sebagai novel modern pertama yang pada kemudian hari dijadikan panutan dalam penulisan karya-karya fiksi lainnya. Selain menceritakan soal bangsawan Spanyol, buku ini juga menyenggol perihal cara menghadapi kegagalan moral sekaligus menunjukkan adanya kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin pada masa itu.

4. “HARRY POTTER”, SERI BEST-SELLER SEPANJANG MASA
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)