Sedang Jenuh? Ini Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya

Kamis, 22 April 2021 - 16:00 WIB
loading...
Sedang Jenuh? Ini Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya
Kadang kita jenuh dan tak tahu mau melakukan apa, dan hal ini mesti diatasi segera dengan mencari solusinya. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Setiap hari, kita terus menghadapi beragam hal dan situasi yang ada di sekitar kita. Tak jarang, beberapa hal justru membuat kita jenuh sampai tidak mengetahui hal yang harus dilakukan.

Sering kali, pikiran tersebut terus menggantung, tapi tetap tidak menghasilkan penyelesaian apa pun. Jadi, berikut beberapa hal yang bisa kamu coba di rumah saat dilanda kondisi tersebut.

1. MENCARI TAHU HAL YANG SEBENARNYA KAMU BUTUHKAN

Sedang Jenuh? Ini Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya

Foto:Jcomp/Freepik

Rasa jenuh sering kali datang ketika kebutuhan fisik atau psikis kita tidak terpenuhi. Maka dari itu, menanyakan kepada diri sendiri mengenai hal yang dibutuhkan adalah tindakan yang seharusnya dilakukan. Kamu dapat menanyakan hal-hal seperti, “Apakah aku lapar atau ingin tidur?”, “Apakah ada sesuatu yang membuatku kesal?”, “Apakah aku akan lebih tenang jika bertemu orang lain atau justru butuh waktu sendiri?”

Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa membuat kamu akhirnya meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu butuhkan, sehingga bisa membuang kejenuhan yang kamu rasakan.

2. LAKUKAN HAL SEDERHANA YANG MENYENANGKAN DAN MENENANGKAN

Sedang Jenuh? Ini Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya

Foto: Katerina Holmes/Pexels

Kita sering kali dihadapkan pada tugas yang begitu banyak sampai tidak tahu harus mengerjakan yang mana terlebih dahulu. Alih-alih menyicil pekerjaan, kita justru terus berpikir bahwa hal tersebut sangat banyak dan membuat kewalahan. Di sisi lain, kita juga tidak melakukan hal yang membuat pikiran kita lebih 'adem'. Lalu akhirnya selalu sama, tidak melakukan apa pun.

Daripada terus terjebak di lingkaran yang sama, tak ada salahnya sesekali mengambil waktu untuk melakukan hal yang kamu sukai, seperti mendengar musik, menonton drama, memasak, atau bermain gim. Tapi saat bersenang-senang, pastikan kamu benar-benar hanya fokus melakukan itu tanpa memikirkan hal lain terlebih dahulu, dan tentunya menentukan batas waktu. Jadi setelahnya, pikiran kamu bisa tenang dan bisa produktif kembali.

Baca Juga: Tips Kendalikan Anxiety saat Bersosialisasi setelah Pandemi Berakhir

3. MENGOBROL

Sedang Jenuh? Ini Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya

Foto:Edward Jenner/Pexels

Mengobrol bisa jadi salah satu jalan keluar saat kamu bingung tentang hal yang harus dilakukan. Mengobrol dengan teman atau keluarga, atau bercerita tentang hal-hal yang membuatmu jenuh, bisa jadi akan membuat pikiranmu lebih jernih.

Bukan cuma dengan manusia, berbicara dengan hewan atau boneka yang kamu punya juga tidak ada salahnya. Kamu bisa meluapkan hal yang kamu rasakan tanpa perlu khawatir pada reaksi yang akan kamu terima.

4. BERINTERAKSI DENGAN ALAM

Sedang Jenuh? Ini Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya

Foto: Couleur/Pexels

Mengutip dari PositivePsychology , alam bisa membantu dalam mengatur emosi dan fungsi memori, meredakan stres, serta meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kreatif. Berinteraksi dengan alam bisa dilakukan dengan cara sederhana, misalnya melihat tumbuhan yang ada di sekitar, mendengar kicauan burung, memperhatikan awan yang ada di langit, atau merasakan angin sepoi-sepoi.

Baca Juga: 10 Kalimat Bijak Suga BTS untuk Bantu Kamu Jalani Masa Muda

5. MELAKUKAN AKTIVITAS FISIK
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)