Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya
Tidur siang bisa membantu kamu berpikir lebih jernih dan tubuh lebih terasa segar setelah bangun. Foto/Nishikawa
JAKARTA - Memasuki bulan puasa , biasanya kita akan lebih mudah merasa lemas pada siang hari. Tidur siang bisa jadi salah satu solusi untuk menghindari hal tersebut.

Setelah tidur siang, diharapkan badan dan pikiran kita menjadi segar kembali. Nah, tahukah kamu bahwa ada sembilan jenis tidur siang yang punya manfaat berbeda-beda? Berikut penjelasannya dikutip dari Psychology Today .

1. TIDUR SIANG ALA CEO (THE CEO NAP)

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Foto: Getty Images



Kalau kamu butuh dorongan untuk meningkatkan fokus dan kinerja harianmu, maka tidur siang yang nyenyak (power-nap) selama 25 menit pada pukul 13.00-15.00 adalah pilihan yang tepat. Kalau lewat dari jam tersebut, maka badan kamu mungkin akan terasa tidak enak.

2. TIDUR SIANG SETELAH MINUM KOPI (THE NAP-A-LATTE)

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Foto: Shutter2u/Pixabay



Jenis tidur ini mengombinasikan tidur siang dalam waktu singkat dengan sebelumnya mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang untuk meningkatkan fokusmu. Kamu bisa mempraktikkan tidur siang jenis ini dengan meminum secangkir kopi (6-8 ons). Kamu membutuhkan sekitar 90-100 mg kafein yang kira-kira setara dengan secangkir kopi ukuran biasa, bukan ukuran besar.

Setelah itu, segera temukan tempat untuk rebahan dan istirahatlah selama 20 menit. Kamu akan bangun tepat saat efek stimulan dari kafein muncul (kira-kira 20 menit). Tidur jenis ini bisa membantu kamu yang kurang tidur dan superlelah. Namun perlu diingat, tidur jenis ini hanya direkomendasikan untuk dilakukan tidak lebih dari dua kali dalam seminggu.

3. TIDUR SIANG ALA IBU HABIS MELAHIRKAN (THE NEW MOM NAP)

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Foto: Parenting Firstcry

Ibu (dan ayah) yang merawat bayi biasanya susah tidur nyenyak saat malam hari. Nah, strategi dalam tidur siang jenis ini adalah ikut tidur siang saat anak tidur siang. Tahan godaan untuk mencoba produktif ketika anak sedang tidur siang. Hal ini akan membantu ibu dan ayah baru untuk mendapatkan tidur yang cukup, sehingga punya banyek energi dan lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaan yang lain.

Baca Juga: Suka Mendadak Bengong Tanpa Terkontrol? Ini Penyebabnya

4. TIDUR SINGKAT ALA ATLET (THE SPORTS NAP)

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Foto: Getty Images

Tidur siang adalah pendukung performa kamu yang suka berolahraga dan akan berolahraga. Tidur siang singkat selama 15-20 menit akan memberikan manfaat langsung bagi kinerja fisik dan mental selama jangka waktu tertentu. Tidur siang yang lebih lama juga bisa memberikan manfaat yang signifikan pada kondisi fisik dan mental.

5. TIDUR SIANG ALA ANAK DUGEM (THE DISCO NAP)

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Foto: Getty Images

Kalau kamu berencana untuk keluar malam, tidur siang selama 90 menit sebelum keluar malam akan membantu kamu punya energi yang cukup. Namun, yang harus diperhatikan adalah jangan menjadikan jenis tidur ini sebagai kebiasaan. Ini bisa dilakukan cuma kalau ada acara khusus saja. Bangunlah pada waktu seperti biasa keesokan paginya.

6. TIDUR SIANG ALA ORANG SPANYOL (THE SIESTA)

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Foto: Slumber Wise

Beberapa budaya di beberapa negara, di antaranya Spanyol, Yunani, Meksiko, Kosta Rika, dan Filipina menjadikan tidur siang bagian dari aktivitas sehari-hari. Kata siestaberasal dari bahasa Latin hora sexta yang artinya jam keenam. Biasanya, kegiatan sehari-hari dimulai pada saat matahari terbit. Maka enam jam setelahnya jika dihitung dari fajar sampai siang, diistilahkan sebagai waktu “istirahat tengah hari”.

7. TIDUR SIANG ALA KARYAWAN SHIFT-SHIFT-AN (THE SHIFT WORK NAP)

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Foto: Getty Images

Pekerja shift atau pekerja yang mengalami pergantian waktu kerja antara siang-malam atau malam-siang umumnya sulit untuk punya pola tidur sehat karena mereka sering terjaga ketika sudah masuk waktu tidur. Akibatnya, mereka cenderung kurang tidur.

Dengan mempertimbangkan jadwal dan aturan kerja, pekerja shift bisa mengatur waktu tidurnya seperti berikut: Tidur siang singkat sebelum giliran kerja dimulai, dan atau tidur siang pada waktu istirahat singkat selama giliran kerja. Bisa juga dengan menjadwalkan tidur dalam dua segmen atau lebih, termasuk segmen yang lebih panjang (4-5 jam) saat akhir shift, dikombinasikan dengan 1-2 kali tidur siang selama 90 menit sepanjang hari menjelang shift berikutnya.

8. TIDUR SIANG ALA ANAK SEKOLAHAN (THE TEEN NAP)

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Foto: Getty Images

Remaja yang kurang tidur membuat mereka berisiko lebih besar mengalami masalah akademis dan psikologis serta masalah kesehatan pada kemudian hari. Untuk remaja, tidur siang singkat selama 20 menit setelah sekolah, atau tidur pemulihan yang lebih lama — hingga 90 menit — pada akhir pekan bisa membantu mendapatkan pola tidur yang lebih sehat.

Baca Juga: 8 Jenis Cinta Menurut Psikolog, dari Cinta Kosong hingga Cinta Bodoh

9. TIDUR SIANG ALA ORANG JETLAG (THE JETLAG NAP)

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Foto: Getty Images

Tidur siang jenis ini berhubungan dengan perjalanan. Tujuannya adalah untuk membebaskan diri dari rasa frustrasi dan kelelahan, mengurangi jetlag, dan membantu menjaga energi saat aktivitas padat. Tidur siang selama 20 menit bisa membantu tubuhmu bertransisi ke zona waktu baru, menggantikan tidur yang hilang selama perjalanan, dan bisa menambah tidur malam saat rencana perjalananmu sangat sibuk.

Hal terpenting yang perlu diketahui tentang penjadwalan tidur untuk perjalanan adalah mengadopsi jadwal yang sesuai dengan zona waktu tujuan kamu. Tidurlah saat penduduk setempat tidur. Tidur siang yang lebih lama dalam penerbangan yang panjang juga bisa membantu kamu menyesuaikan diri ke zona waktu baru.

Eka Dewi Sisri Listianti
Kontributor GenSINDO
UPN Veteran Jakarta
Instagram: @ekadewi_sl


(ita)
Share: