Suka Mendadak Bengong Tanpa Terkontrol? Ini Penyebabnya

Rabu, 13 November 2019 - 21:30 WIB
Suka Mendadak Bengong Tanpa Terkontrol? Ini Penyebabnya
Suka Mendadak Bengong Tanpa Terkontrol? Ini Penyebabnya
A A A
Bayangkan kamu lagi duduk di kelas, atau lagi di depan laptop. Tiba-tiba tatapan mata kamu kosong, pikiran kamu pun ikut kosong. Kamu seolah 'hilang', padahal lagi gak tidur.

Ini memang pengalaman yang aneh, tapi beneran terjadi. Yang seperti itu dinamakan 'space out' atau 'zone out'. Yaitu sebuah peristiwa 'meninggalkan kenyataan' dalam waktu yang singkat.

Terus, kenapa ini bisa terjadi, dan apa yang sebenarnya terjadi di otak saat kita space out?

Fisik dan Mental Terlalu Lelah

Menurut Lily Ewing, MA, LMHCA, terapis yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat, hal-hal seperti stres, bosan, dan kelelahan, bisa memicu kita untuk melakukan space out.

Saat kita space out, sebenarnya itu adalah sebuah metode bertahan hidup yang dilakukan tubuh dan otak. Bukan cuma manusia, space out juga dilakukan oleh hewan, loh!

"Saat kita tidak bisa lari atau melawan sebuah ancaman, maka badan dan pikiran kita akan freeze, membeku sebagian. Ini sebuah cara untuk bertahan hidup," ujar Ewing, dikutip dari Bustle.

Masih menurut Ewing, keputusan untuk space out berasal dari bagian dalam otak kita, atau tepatnya berasal dari amygdala.

Amygdala adalah pusat otak yang mengatur emosi dan keinginan bertahan hidup, tapi yang muncul secara tidak sadar.

Suka Mendadak Bengong Tanpa Terkontrol? Ini Penyebabnya

Foto: neurocritic.blogspot.com

"Saat kita space out, hal ini berdampak pada amygdala dan seluruh sistem saraf. Mereka merespons dengan cara menghemat sumber energi dengan memperlambat detak jantung dan pernapasan, hingga mematikan sebagian tubuh," jelas Ewing.

Meski berasal dari stres dan lelah mental, aksi membeku ini bukan berarti ada masalah kesehatan mental yang serius. Walau begitu, kalau space out yang dialami sudah mengganggu kehidupan sosial, kuliah, atau pekerjaan, juga kehidupan emosional kamu, sebaiknya mulai berkonsultasi dengan psikolog.

Nah, supaya kamu gak terlalu sering membeku tanpa sadar, coba, deh, atur pola hidup dengan tidur nyenyak yang cukup, makan yang baik, dan olahraga. Jadi otak kamu gak perlu memaksa badan kamu untuk membeku sejenak demi bisa tetap hidup waras.

Camellia Chandrawati
Kontributor GenSINDO
Universitas Multimedia Nusantara
Instagram: @abigailcamelia
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1299 seconds (0.1#10.140)