Teori MCU: 8 Karakter yang Berada di Balik Topeng Power Broker

Teori MCU: 8 Karakter yang Berada di Balik Topeng Power Broker
Power Broker disebut-sebut menjadi musuh utama The Falcon and the Winter Soldier. Namun, sosok di balik persona penjahat itu sampai sekarang belum terungkap. (Distractify)
Sosok Power Broker telah diperkenalkan di The Falcon and the Winter Soldier . Lewat penuturan Baron Zemo di episode 3, Sam dan Bucky mengenal sosok pengusaha jahat tersebut. Power Broker berkuasa di Madripoor , pulau fiktif di Indonesia yang pernah menjadi tempat persembunyian para bajak laut. Negara kota itu kini adalah hub global bagi aktivitas abu-abu di Marvel Cinematic Universe (MCU) .

Di komik Marvel, ada dua karakter yang menggunakan nama alias Power Broker. Yang asli adalah pengusaha bernama Curtiss Jackson. Dia membuat sebuah perusahaan bernama Power Broker Inc. Seperti namanya, bisnis Power Broker Inc. adalah menjual kekuatan super melalui berbagai cara seperti serum tentara super. Setelah Curtiss tewas, Power Broker baru muncul. Kali ini dia tampil dengan kekuatan supernya sendiri. Namun, nyaris tidak ada yang diketahui dari asal usul Power Broker baru ini, bahkan nama aslinya.

Baca Juga: Power Broker, Penjahat Utama The Falcon and the Winter Soldier

Power Broker versi The Falcon and the Winter Soldier direferensikan sebagai pria, tapi itu tidak berarti karena hanya sedikit orang yang tahu identitas aslinya. Ada kemungkinan juga—sebagaimana di komik—Power Broker adalah julukan yang bisa diturunkan dari satu orang ke orang lain. Dengan demikian, maka ada sejumlah teori tentang karakter MCU mana yang bisa menjadi Power Broker di The Falcon and the Winter Soldier. Berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari sejumlah sumber.



1. Sharon Carter
Teori MCU: 8 Karakter yang Berada di Balik Topeng Power Broker

Teori terpopuler dan paling kredibel adalah Sharon Carter bakal terungkap sebagai Power Broker. Setelah Sam, Bucky dan Zemo melintasi grafiti berbunyi “Power Broker is Watching (Power Broker sedang mengawasi)”, saat masuk Princess Bar, Sharon terlihat menunduk di tengah-tengah kerumuman. Ketika mereka bertemu Selby, seseorang menembaknya dari jendela dan setelah itu, Power Broker langsung menempatkan uang imbalan terhadap tiga orang tersebut. Sharon kemudian menyelamatkan mereka dari para pemburu hadiah. Dia juga membawa tiga orang itu ke apartemen mewahnya di High Town. Jelas, Sharon menikmati hidupnya sebagai buronan dan dia mungkin lebih dari sekadar penjual seni.

Sharon menjadi tidak suka terhadap superhero dengan mengecam “kemunafikan” mereka. Dia juga punya alasan untuk membenci Zemo, yang manipulasinya berada di balik peristiwa di Captain America: Civil War membuat Sharon terpaksa menjadi buronan. Karena Sharon tahu kalau Sam, Bucky dan Zemo datang ke Princess Bar untuk mencari Selby, dia mungkin telah membunuhnya karena mengkhianati rahasia Power Broker. Sharon juga bisa mendapatkan lokasi laboratorium Dr Wilfred Nagel. Ini mungkin karena dia sudah tahu. Sharon bahkan bisa saja bekerja sama dengan Zemo dan memerintahkan dia untuk membunuh Wilfred ketika Sharon masuk laboratorium tersebut. Mungkin juga Zemo membunuh Wilfred untuk mencegah agar ilmuwan itu tidak mengenali Sharon sebagai Power Broker.

Teori ini pas dengan akhir episode 3 The Falcon and the Winter Soldier. Setelah berpisah dengan Sam, Bucky dan Zemo, Sharon dijemput seorang wanita. “Kita punya masalah besar. Sebenarnya, dua masalah besar,” ujar Sharon saat hendak masuk mobil tersebut. Kalau dua masalah besar yang dia maksud adalah Sam dan Bucky, dia mungkin tidak menghitung Zemo sebagai masalah karena dia adalah agennya.



2. Curtiss Jackson
Teori MCU: 8 Karakter yang Berada di Balik Topeng Power Broker

Kalau The Falcon and the Winter Soldier tetap mengikuti cerita komik, maka Power Broker bisa jadi adalah Curtiss Jackson versi MCU. Di komik, Curtiss aslinya adalah seorang pimpinan di organisasi kriminal global yang dikenal sebagai Corporation. Organisasi ini mengoperasikan seluruh skema dan bisnis ilegal. Curtiss kemudian mulai memfokuskan perhatiannya pada bisnis kekuatan super sebagai sumber pundi-pundi keuangannya. Dia kemudian mendirikan Power Broker Inc. dan membuat dirinya sebagai Power Broker utama. Curtiss kemudian berusaha memberikan kekuatan super kepada tubuhnya. Namun, proses itu salah dan dia menjadi sangat berotot sampai dia tidak bisa menggerakkan tubuhnya sendiri. Akibatnya, dia harus mengenakan penopang atau exoskeleton. Curtiss cukup berarti untuk disebut karena dia adalah Power Broker asli dari cerita komik. Namun, dia akan menjadi pilihan membosankan bagi karakter itu versi The Falcon and the Winter Soldier.

Baca Juga: Isaiah Bradley, Captain America yang Terlupakan di MCU

3. Thunderbolt Ross
Teori MCU: 8 Karakter yang Berada di Balik Topeng Power Broker

Salah satu karakter MCU yang sepertinya akan kembali ke The Falcon and the Winter Soldier adalah Thaddeus “Thunderbolt” Ross. Dia adalah salah satu karaker yang muncul di film pertama MCU, The Incredible Hulk . Di film itu, dia merekrut Bruce Banner dalam upayanya menciptakan ulang serum tentara super Perang Dunia II. Sejak saat itu, dia adalah salah satu kontak utama Avengers di pemerintahan AS, menguliahi tim superhero itu atas perang besar kacau mereka di Captain America: Civil War dan gagal memerintahkan Rhodey menangkap Captain America, Falcon dan Black Widow di Avengers: Infinity War . Ross adalah satu daru miliaran orang yang menghilang saat Blip. Dia kali terakhir terlihat di pemakaman Tony Stark .

Jadi, mengapa Thaddeus Ross berubah dari pekerjaannya yang lugas di Departemen Luar Negeri ke peran sebagai gembong penjahat di sebuah pulau di Indonesia? Ini mungkin karena Power Broker di Madripoor adalah Pemerintah AS. Inspirasi utama The Falcon and the Winter Soldier adalah komik miniseri Truth: Red, White and Black. Miniseri itu berfokus pada eksperimen tidak etis terhadap tentara super yang dilakukan dan ditutup-tutupi pemerintah AS. Di serial itu, Wilfred mengatakan kalau dia mengembangkan serum tentara super untuk CIA—tapi bagaimana kalau dia tidak pernah berhenti? Dengan memindahkan riset itu ke Madripoor dan menciptakan sosok Power Broker, pemerintah bisa melakukan eksperimen yang melanggar Perjanjian Sokovia, sementara tetap membantahnya. Seorang petinggi seperti Thunderbolt Ross bisa menjadi orang yang mengawasi operasi itu di Madripoor.

4. Arnim Zola
Teori MCU: 8 Karakter yang Berada di Balik Topeng Power Broker

The Falcon and the Winter Soldier secara efektif adalah sekuel film Captain America. Serial ini mengikuti utasan plot dan karakter dari The First Avenger, The Winter Soldier dan Civil War. Dengan demikian, tidak akan mengejutkan kalau melihat seorang penjahat dari film Captain America kembali tampil. Arnim Zola adalah ilmuwan Jerman yang awalnya bekerja untuk Red Skull dan mendapatkan pekerjaan di SHIELD setelah perang. Dia memanfaatkannya untuk secara diam-diam menghidupkan HYDRA dari reruntuhan dan meracuni SHIELD dari dalam. Di The Winter Soldier, Steve Rogers dan Natasha Romanoff menemukan kalau Zola telah lolos dari kematian dengan meng-upload kesadarannya ke sebuah komputer. Komputer itu sudah dihancurkan, tapi seseorang seperti Zola nyaris pasti cukup pintar untuk punya backup. Dari tablet yang dipakai Sharon untuk menegosiasikan seninya ke pesan teks yang dikirim untuk mengumumkan uang imbalan, sebagian besar kejahatan di Madripoor terjadi di lanskap digital. Power Broker sebagai otak di dalam komputer jelas akan menjelaskan mengapa identitasnya sangat dirahasiakan.

5. Baron Zemo
Teori MCU: 8 Karakter yang Berada di Balik Topeng Power Broker

Kalau ada satu persamaan antara Power Broker dan Zemo, itu adalah kekayaan. Penjahat super dari Sokovia itu kembali tampil di The Falcon and the Winter Soldierdan memamerkan kekayaannya kepada Sam dan Bucky. Dia bahkan membawa dua orang itu naik pesawat pribadinya. Meskipun Zemo dipenjara sejak ditangkap Black Panther di Captain America: Civil War, kombinasi kekayaan dan pikiran yang tajam berarti kalau dia bisa sangat mengendalikan apa pun meski dia dipenjara. Melalui proxy dan agen, Zemo bisa menjaga warga Madripoor dengan meyakinkan kalau Power Broker ada di antara mereka dan mengawasi mereka, meskipun dirinya sedang dipenjara ribuan kilo jaraknya. Motivasinya untuk membuat serum tentara super baru bisa jadi karena Zemo membenci orang-orang yang punya kekuatan super dan menganggapnya hanya akal-akalan. Dia memang membunuh 5 Winter Soldier HYDRA di Siberia. Namun, mereka disimpan karena mereka dianggap sebagai subjek uji coba yang gagal. Di episode 3 The Falcon and the Winter Soldier, Wilfred mengatakan, serumnya lebih bagus ketimbang versi sebelumnya. Mungkin Zemo menolak tentara super buatan HYDRA karena dia ingin membuat tentara yang lebih baik.

Baca Juga: The Falcon and the Winter Soldier Akan Bangun 3 Proyek Baru MCU

6. Justin Hammer
Teori MCU: 8 Karakter yang Berada di Balik Topeng Power Broker

Para penggemar Marvel sudah lama berspekulasi kalau Justin Hammer akan kembali ke MCU. Ada spekulasi kalau dia adalah karakter misterius di WandaVision , tapi lebih masuk akal kalau dia adalah Power Broker. Sebagai seorang kontraktor militer, ini berada dalam jangkauannya dalam kreasi dan penjualan serum tentara super. Sebagai Power Broker, dia akan tetap menjaga ambisi kekuasaannya dan kepribadian oportunisnya untuk berkonflik dengan kelompok seperti Flag Smasher. Lagi pula, sudah saatnya bagi Marvel mulai lebih memanfaatkan aktor seberbakat Sam Rockwell.

7. Norman Osborn
Teori MCU: 8 Karakter yang Berada di Balik Topeng Power Broker

Norman Osborn adalah kandidat terbaik abgi ilmuwan kuat dan penuh dendam. Sebagai kepala Oscorp dan penjahat super gila, akan masuk akal bagi Norman untuk mengendalikan serum tentara super dan dia jelas akan menjadi target bagi kelompok antikemapanan seperti Flag Smasher. Dengan semua rumor yang ada bahwa Marvel Studios kemungkinan sedang membangun perkenalan terhadap Dark Avengers, Thunderbolts, atau HAMMER—entitas terkait Osborn—jelas kalau debut Osborn di MCU tidak akan lama. Di permikaan, sepertinya Marvel tidak ingin memperkenalkan karakter sekuat Norman di The Falcon and the Winter Soldier, bukan di film besar seperti Spider-Man atau Avengers. Namun, kalau dilihat lebih dekat, debut Spider-Man di MCU pun melalui film Captain America. Jadi bakal pas kalau musuh nomer satu Spider-Man itu debut di MCU dengan cara yang sama.

Baca Juga: Madripoor Muncul di Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier

8. Red Skull
Teori MCU: 8 Karakter yang Berada di Balik Topeng Power Broker

Seperti Ross, Red Skull adalah karakter di MCU yang memiliki sejarah dekat dengan serum tentara super. Berkat Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame, Red Skull diketahui masih hidup di MCU. Namun, dengan seluruh kepribadian dan sifat keberadaannya sekarang, sepertinya tidak mungkin kalau Red Skull menemukan jalan kembali ke Bumi dan menjadi Power Broker. Setidaknya, ini adalah semacam twist yang akan membutuhkan penjelasan besar dari Marvel, yang merupakan alasan lain untuk sulit dipercaya akan terjadi di serial ini.


(alv)
Share: