Madripoor Muncul di Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier

Madripoor Muncul di Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier
Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier memunculkan muka lama karakter Marvel Cinematic Universe dan memperkenalkan tempat yang lama disinggung, Madripoor. (Games Radar)
Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier mengungkap sejumlah karakter lama yang kembali muncul di Marvel Cinematic Universe (MCU) . Dari musuh lama, kawan lama hingga tokoh baru semua ada di sini. Yang menarik, dari episode ini, penggemar dibawa ke Madripoor, yang disebut sebagai tempat lahirnya New Mutants.

Di sisi lain, perseteruan dingin antara Sam Wilson—Bucky Barnes dengan John Walker yang kini menjadi Captain America , juga masih terjadi. Ini menyebabkan mereka seperti bersaing untuk sama-sama menghadapi ancaman Flag-Smasher. Misteri Serum Tentara Super juga sedikit terkuak di episode ini.

Secara keseluruhan, episode 3 The Falcon and the Winter Soldier mengingatkan banyak orang terhadap film Captain America: Civil War. Banyak rujukan yang dilakukan Sam dan Bucky di episode ini yang akan mengingatkan orang pada sejumlah adegan di film yang dirilis pada 2016 tersebut. Lantas apa saja yang terjadi di episode ini? Berikut ulasan GenSINDO!

Peringatan: Artikel di bawah ini berisi Spoiler Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier! Kalian sudah diperingatkan!



1. Baron Zemo
Madripoor Muncul di Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier

Sejak awal, The Falcon and the Winter Soldier telah mengumumkan bahwa Daniel Bruhl akan tampil di serial ini sebagai Baron Helmut Zemo. Bruhl kali pertama tampil sebagai Zemo di Captain America: Civil War dan menjadi otak di balik sengketa antara Steve Rogers dan Tony Stark. Di The Falcon and the Winter Soldier, Zemo masih berada di penjara di Berlin. Sam dan Bucky kemudian membebaskannya demi mencari petunjuk tentang Serum Tentara Super. Dari sini, latar belakang Zemo pun mulai terkuak. Dia adalah seorang milyarder. Dia kaya dan memiliki pengaruh di antara orang-orang jahat. Zemolah yang membawa Sam dan Bucky ke Madripoor. Di episode ini, dia memamerkan topeng ungu yang dia kenakan seperti yang ada di komik. Belum jelas asal usul topeng itu. Menurut komik, topeng itu adalah milik ayahnya, Baron Heinrich Zemo. Belum diketahui twist dari cerita Zemo di The Falcon and the Winter Soldier. Di episode 3, dia membantu Sam dan Bucky menghalau orang-orang yang menyerang mereka.

2. Madripoor
Madripoor Muncul di Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier

Penggemar MCU akhirnya diajak untuk melihat Madripoor, negara pulau fiktif yang terdapat di Selat Malaka. Di komik, negara ini terletak di barat daya Singapura, tapi di serial The Falcon and the Winter Soldier, negara ini disebut berada di kepulauan Indonesia. Madripoor dulunya merupakan tempat persembunyian para perompak. Sampai saat ini, kota ini pun tetap tidak memiliki hukum dan tidak ada ekstradisi. Di Madripoor, Zemo membawa Bucky dan Sam menemui Selby untuk mencari petunjuk tentang Serum Tentara Super. Namun, pertemuan itu berakhir petaka. Bucky membunuh Selby. Ketiga orang itu pun menjadi buronan di Madripoor.

Baca Juga: Isaiah Bradley, Captain America yang Terlupakan di MCU



3. Sharon Carter
Madripoor Muncul di Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier

Setelah membantu Steve, Sam dan Bucky di Civil War, nasib Sharon tidak lagi diketahui. Namun, episode 3 The Falcon and the Winter Soldier menjelaskan apa yang terjadi padanya. Usai Civil War, Sharon menjadi buronan pemerintah. Dia kemudian lari ke Madripoor dan menjalankan operasinya di sana. Setelah Sam, Bucky dan Zemo lari dari kejaran orang-orang di Low Town karena membunuh Selby, Sharon muncul membantu mereka. Dari sinilah nasib Sharon diketahui. Sharon tidak bisa pergi ke Amerika atau bahkan menghubungi keluarganya karena risiko ditangkap. Dia belum diberi ampunan dari pemerintah, seperti yang terjadi pada Sam pasca-Avengers:Endgame.

4. Wilfred Nagel
Madripoor Muncul di Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier

Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier mengungkapkan keberadaan Wilfred Nagel. Dia adalah seorang dokter yang mampu menciptakan ulang Serum Tentara Super. Awalnya, dia bekerja untuk HYDRA. Namun, setelah HYDRA hancur, dia kemudian dipekerjakan CIA. Di sinilah eksperimennya banyak dilakukan. Salah satunya, dia menyuntikkan serum itu pada satu orang Amerika. Dari penuturan Sam, orang itu kemungkinan adalah Isaiah Bradley. Namun, sebelum eksperimennya terhadap Serum Tentara Super selesai, Wilfred menjadi korban Blip (jentikan jari Thanos di Avengers: Infinity War). Ketika dia kembali 5 tahun kemudian, eksperimennya telah diambil alih oleh pemerintah. Dia kemudian dipekerjakan Power Broker dan bisa melanjutkan eksperimennya. Total, Wilfred mengaku telah membuat 20 tabung Serum Tentara Super, tapi baru 8 yang diketahui telah dipakai. Dia tidak menyebutkan kemana sisanya. Dan, tidak akan sempat karena Zemo membunuhnya sebelum tempat pertemuan mereka diledakkan.

5. Ayo
Madripoor Muncul di Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier

The Falcon and the Winter Soldier bakal memiliki kaitan erat dengan Wakanda dengan kemunculan Ayo, anggota Dora Milaje. Ayo adalah prajurit perempuan yang menjadi salah satu bodyguard T’Chaka dan T’Challa di Captain America: Civil War. Dia menyaksikan langsung kematian T’Chaka dalam pemboman yang dilakukan Zemo—yang menyamar menjadi Bucky—kala itu. Ayo merupakan orang kedua di Dora Milaje. Dia juga menjadi kepala keamanan T’Challa dan tangan kanan Okoye. Ayo muncul di akhir episode 3 The Falcon and the Winter Soldier setelah meletakkan sejumlah gawai mirip alat pelacak yang dikenali Bucky.


(alv)
Share: