Power Broker, Penjahat Utama The Falcon and the Winter Soldier

Power Broker, Penjahat Utama The Falcon and the Winter Soldier
Power Broker bakal menjadi musuh utama di serial The Falcon and the Winter Soldier. Meski belum banyak terungkap, tapi sosoknya sudah wara wiri di komik Marvel. (CBR)
Serial The Falcon and the Winter Soldier telah mengungkapkan Power Broker sebagai musuh utama mereka. Namun, meskipun sosok ini belum terungkapkan hingga saat ini, serial ini sudah memperlihatkan sejumlah konflik. Dari ketidaksukaan Sam dan Bucky terhadap John Walker alias Captain America baru sampai pertempuran mereka dengan Flag Smasher, Power Breaker pun muncul sebagai sosok yang patut dipertimbangkan.

Di episode 3 The Falcon and the Winter Soldier, peran jahat Power Broker kian terungkap. Dia adalah sosok di balik terciptanya Flag Smasher dengan memerintahkan dokter Wilfred Nagel untuk menyelesaikan penelitiannya untuk membuat kembali Serum Tentara Super. Dia telah menyuntikkan delapan serum itu kepada Flag Smasher. Selain itu, dia juga punya segudang rencana jahat lain yang belum terungkap di serial ini.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Tentang Madripoor dari Jagat Marvel

Karena The Falcon and the Winter Soldier sepertinya adalah cerita tentang tentara super, maka masuk akal kalau Power Broker muncul di sini. Apalagi, cerita komiknya juga terkait erat dengan John Walker, Captain America baru. Kekuatan super muncul dengan pesat di serial baru Marvel Cinematic Universe (MCU) ini. Lantas siapa sebenarnya Power Broker? Dikutip dari Screen Rant, berikut ulasannya!



1. Power Broker pernah tampil di serial Marvel
Power Broker, Penjahat Utama The Falcon and the Winter Soldier

Power Broker dibuat Roger Stern dan Sal Buscema. Dia kali pertama tampil di serial Machine Man buatan Marvel pada 1978. Dia kemudian sering muncul sebagai musuh banyak pahlawan Marvel, terutama Captain America. Power Broker memang belum pernah tampil di MCU, tapi rekanan terdekat bentuknya di komik—ilmuwan gila Karl Malus—pernah tampil sebagai penjahat utama serial Marvel Jessica Jones season 2 di Netflix . Power Broker kembali mencuat lagi di komik pada 2008.

Ada beberapa hal yang telah diketahui tentang peran Power Broker di The Falcon and the Winter Soldier. Dia adalah dalang di balik sejumlah sumber daya. Dia mampu menggerakkan tim Flag Smasher di tempat acak dan beroperasi secara profesional. Terlebih lagi, Power Broker sepertinya punya kaitan dekat dengan Karli Morgenthau dan Flag Smasher, ditilik dari seberapa dekatnya dia dengan kelompok tersebut. Kekuatan Flag Smasher didapatkan dari Power Broker dan kelompok itu kini berutang besar kepadanya. Itu bisa pas dengan versi karakter itu dari komik.

2. Asal usul dan kekuatan Power Broker
Power Broker, Penjahat Utama The Falcon and the Winter Soldier

Di komik, Power Broker adalah nama yang digunakan sejumlah karakter berbeda. Versi asli dan paling lama karakter ini adalah Curtiss Jackson. Awalnya, dia adalah penjahat kelas teri dan akhirnya menjadi pemain utama di sindikasi kriminal Marvel, Corporation. Dari sana, setelah mendapatkan citra kekejaman dan sumber daya, Curtiss mendirikan Power Broker Corporation—kelompok yang memberikan kemampuan manusia super kepada pelanggan yang membayar mahal. Eksperimen yang menciptakan mutasi ini sangatlah berbahaya. Banyak klien Power Broker tewas dalam prosesnya. Curtiss juga menggunakan obat-obatan yang sangat membuat kecanduan dalam eksperimennya. Ini membuat para klien ketergantungan kepadanya setelahnya.



Baca Juga: Madripoor MCU Disebut Berada di Kepulauan Indonesia

Selama keberadaannya di dunia komik Marvel , Power Broker memberikan kekuatan dan tentara kepada sejumlah penjahat super. Pada akhirnya, versi Curtiss Jackson karakter itu menyuntikan terapi kekuatan super kepada dirinya sendiri dalam sebuah eksperimen yang berjalan tak sesuai rencana. Eksperimen itu menyebabkannya bengkak dan cacat sampai dia tidak bisa bergerak. Power Broker kedua—yang tidak diberi nama—kemudian diperkenalkan di cerita komik. Dia meneruskan operasi dasar Power Broker Corporation. Kedua versi karakter itu juga terlibat dalam Unlimited Class Wrestling Federation—liga olahraga yang hanya melibatkan orang-orang dengan kekuatan super.

3. Kaitan Power Broker dengan Captain America
Power Broker, Penjahat Utama The Falcon and the Winter Soldier

Selama masanya di komik Marvel, Power Broker memberikan kemampuan super kepada banyak karakter jahat. Namun, dia juga memberikan kekuatan manusia super tambahan kepada John Walker. Dengan John memainkan peranan besar di The Falcon and the Winter Soldier dan Power Broker secara resmi juga terlibat di serial ini, ada kemungkinan kalau MCU bakal mengikuti cerita yang sama. Ini mungkin tidak berjalan sama, tapi seperti yang ditekankan penulis cerita serial ini, Malcolm Spellman, John Walker di MCU ini berbeda dengan versi komik.

Perbedaannya sudah terlihat. Episode 2 The Falcon and the Winter Soldier memperlihatkan John yang lebih simpatik ketimbang yang ada di komik. Dia kurang ajar, sombong dan jelas tidak layak mendapatkan tameng itu, tapi dia terlihat bukan seperti orang jahat. Namun, karena dia terus bertempur melawan tentara super—kelompok yang harus dia hadapi meski dia tidak siap—dia bisa putus asa dan menjadi jahat. Kalau Captain America baru MCU ini memang seperti di komik, ini bisa membawanya langsung kepada Power Broker.

Baca Juga: Bukan Falcon, Ini Sosok Captain America Baru di MCU

Kalau John menemui Power Broker di The Falcon and the Winter Soldier untuk mendapatkan kekuatan super, ini bisa membangun komplikasi menasik di keseluruhan cerita. Karli Morgenthau sudah dibangun sebagai karakter yang lebih simpatik dan heroik ketimbang kali pertama terlihat di episode 1. Jadi, kalau Power Broker mulai memanipulasi Captain America baru, Karli bisa bergabung dengan Bucky dan Sam untuk melawan karakter itu. Tentu saja, masih banyak yang belum diketahui tentang Power Broker versi MCU ini. Jadi, penggemar masih harus menanti bagaimana penjahat klasik ini masuk cerita The Falcon and the Winter Soldier.


(alv)
Share: