7 Versi Godzilla dan Perbedaan Filmnya dari Masa ke Masa

Rabu, 24 Maret 2021 - 16:30 WIB
loading...
7 Versi Godzilla dan Perbedaan Filmnya dari Masa ke Masa
Godzilla jadi sosok paling terkenal dari genre film kaiju dan tahun ini kembali muncul dalam film Godzilla vs. Kong. Foto/Toho
A A A
JAKARTA - Sosok Godziila muncul lagi dalam film terbaru " Godzilla vs. Kong ". Godzilla (Gojira) dikenal sebagai makhluk buas berwujud raksasa dengan kemampuan menyemburkan radiasi (atomic breath) dari mulutnya.

Mendapatkan julukan The King of Monster, Godzilla seringkali dianggap sebagai pahlawan karena berhasil mengusir monster-monster jahat dari Bumi. Padahal, banyak sekali versi Godzilla yang digambarkan sebagai penghancur Bumi dan pembawa kiamat bagi manusia.

Membintangi sekitar 36 film bioskop, sosok Godzilla masuk ke dalam jajaran ikon budaya pop sejak tahun 1954 dengan film berjudul “Godzilla” yang dibuat oleh Toho Studio di Jepang. Melalui filmnya, Godzilla memperkenalkan genre kaiju(monster raksasa) kepada seluruh dunia.

Nah, berikut berbagai wujud Godzilla yang pernah muncul dalam film-film kaiju.

1. GODZILLA VERSI 1954

7 Versi Godzilla dan Perbedaan Filmnya dari Masa ke Masa

Foto: Toho

Merupakan konsep dasar Godzilla yang memiliki karakteristik raungan, napas radiasi, dan bentuk tubuh khasnya. Film "Godzilla" yang dirilis pada 1954 menceritakan tentang kemunculan makhluk laut purba dengan tinggi 50 meter, yaitu Godzilla yang meneror Jepang layaknya sebuah bencana nuklir.

Berbeda dengan film-film Godzilla lainnya, tidak ada satu pun monster yang dilawan Godzilla di sini.

2. MINILLA VERSI 1967

7 Versi Godzilla dan Perbedaan Filmnya dari Masa ke Masa

Foto: Toho

Mini Godzilla atau lebih dikenal dengan sebutan Minilla, adalah anak dari Godzilla yang muncul dalam film "Son of Godzilla" (1967). Minilla merupakan anak yang diadopsi oleh Godzilla setelah diselamatkan dari serangan monster ketika baru menetas.

Minilla punya fisik kecil, gemuk, dan mata yang besar. Minilla juga punya kemampuan mengubah ukuran tubuhnya menjadi lebih kecil seperti manusia. Tidak seperti Godzilla, Minilla sangat ramah terhadap manusia dan rela berkorban demi temannya.

Baca Juga: Filosofi Monster dalam Drama dan Film Korea, dari 'Sweet Home' hingga 'Train to Busan'

3. SPACEGODZILLA VERSI 1994

7 Versi Godzilla dan Perbedaan Filmnya dari Masa ke Masa

Foto: Toho

Spacegodzilla adalah sebuah kloning yang diciptakan melalui sel-sel tubuh Godzilla yang dibuang keluar angkasa dan bermutasi, sebagian menjadi kristal setelah terhisap sebuah lubang hitam.

Spacegodzilla petama kali terlihat dalam film "Godzilla vs Spacegodzilla" yang dirilis pada 1994. Dia adalah salah satu monster terpintar yang pernah dihadapi Godzilla karena punya rencana untuk menguasai Bumi dibandingkan menghancurkannya.

Spacegodzilla punya bentuk tubuh yang lebih kekar dengan dua kristal putih besar di bahunya. Ini membuat Spacegodzilla bergerak lebih lambat dibandingkan Godzilla asli.

Meskipun begitu, kemampuannya untuk terbang serta telekinesis (menggerakkan objek melalui pikiran) menjadi sumber kekuatannya untuk mengalahkan Godzilla.

4. GODZILLA VERSI 1998
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)