alexametrics
OPINI
Sebuah Pengingat: Gak Masalah Kalo Kamu Gak Produktif Selama Pandemi
Sebuah Pengingat: Gak Masalah Kalo Kamu Gak Produktif Selama Pandemi
Jangan paksakan diri untuk produktif saat masa pandemi demi menjaga kesehatan fisik dan mentalmu. Foto/Freepik
Jakarta - Sudah berapa banyak konten yang mengingatkan kamu untuk menjadi produktif pada masa pandemi ini? Gimana perasaan kamu terhadap konten tersebut? Merasa termotivasi kah? Atau justru malah tertekan?

Gak sedikit orang yang menganggap masa pandemi ini merupakan momentum untuk menjadi ekstra produktif. Gimana gak? Rasanya selama masa di rumah aja, beberapa orang jadi lebih punya banyak waktu luang.

Sebuah Pengingat: Gak Masalah Kalo Kamu Gak Produktif Selama Pandemi
Foto: Freepik



Biar tetap produktif meski di rumah aja, banyak yang menyarankan untuk memanfaatkan waktu dengan mengikuti kelas daring, membaca buku, mencoba resep baru, menata atau mendekor ulang rumah, belajar bahasa asing, dan menguasai keterampilan baru. Akan tetapi, haruskah kita melakukan itu semua?

Gak ada yang salah dengan menjadi produktif. Kalo kamu merasa menghabiskan setiap detik untuk hal bermanfaat adalah jalan ninjamu, maka lakukanlah.

Kalau kamu merasa jauh lebih baik dengan menjadi produktif, maka lakukanlah. Tulisan ini sama sekali gak melarang untuk menjadi produktif.

Tulisan ini adalah sebuah pengingat bagi mereka di luar sana yang merasa terbebani dengan anjuran untuk menjadi produktif pada masa pandemi ini.

Masa pandemi adalah masa yang sulit untuk semua orang. Bagi beberapa orang, berita kematian yang meningkat setiap harinya cukup membebani pikiran dengan rasa cemas dan takut. Perlukah beban pikiran mereka ditambah dengan tekanan untuk menjadi produktif?

Sebuah Pengingat: Gak Masalah Kalo Kamu Gak Produktif Selama Pandemi
Foto: Freepik

Kalau bukan produktivitas, apa yang sebaiknya kita prioritaskan selama masa pandemi ini? Semua orang tentu punya prioritas masing-masing yang gak bisa disamaratakan.

Namun, satu hal yang pasti perlu untuk masuk dalam daftar prioritas kita adalah menjaga kesehatan fisik dan mental.

Menjaga kesehatan fisik tentu sangat penting, terutama untuk menjaga kekebalan tubuh supaya terhindar dari COVID-19 maupun penyakit lainnya.

Hal ini bisa diwujudkan dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang serta olahraga seperlunya di rumah.

Kok seperlunya? Iya, karena olahraga yang perlu diprioritaskan adalah untuk menjaga kebugaran tubuh. Gak perlu memedulikan tekanan untuk menjadi ekstra produktif dengan olahraga yang bertujuan mentransformasi penampilan.

Sebuah Pengingat: Gak Masalah Kalo Kamu Gak Produktif Selama Pandemi
Foto: Freepik

Selain itu, menjaga kesehatan mental juga gak kalah penting. Ketika merasa diri terlalu stres dihadapkan dengan pemberitaan yang negatif, maka ada baiknya untuk rehat sejenak, berjarak dengan berita-berita tersebut.

Selain itu, kita bisa mengomunikasikan kecemasan dan ketakutan kita pada orang-orang yang kita percaya. Tentunya tanpa bertemu langsung, ya. Mari manfaatkan saluran komunikasi yang ada.

Kesempatan untuk menjadi produktif selalu ada, baik pada masa pandemi maupun bukan masa pandemi.

Gak ada hukum yang menyatakan bahwa masa pandemi adalah saat yang paling tepat untuk menjadi produktif dan gak mungkin terulang lagi. Lakukan hal yang baik untuk kesehatan mental dan fisikmu serta hindari yang buruk buatmu. Bertahan.

Kalau kamu sudah mampu bertahan pada masa sulit ini, kamu sudah patut berbangga atas dirimu sendiri.

Fauziatun Nabila Sudarko
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @fauziatunnabila
 



(it)
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss