Episode Akhir WandaVision Bakal Ungkap Jati Diri Asli Vision

Episode Akhir WandaVision Bakal Ungkap Jati Diri Asli Vision
Siapakah Vision di Marvel Cinematic Universe (MCU) akan terungkap di episode akhir WandaVision yang tayang hari ini mulai pukul 15.00 WIB di Disney+ Hotstar. (kombo)
Akhir serial WandaVision yang tayang hari ini, Jumat (5/3), bakal mengungkapkan siapa sejatinya Vision. Apakah dia memang pahlawan, atau justru villain. Episode 9 WandaVision bakal mulai tayang di Disney+ Hotstar mulai pukul 15.00 WIB hari ini.

Di episode 8 yang tayang pekan lalu telah terungkap kalau Vision yang ada di Westview bukan satu-satunya Vision di Marvel Cinematic Universe (MCU) . Dia adalah sosok ciptaan Wanda yang sedang berduka. Sementara, SWORD, entah bagaimana, mampu menyatukan bagian-bagian tubuh Vision pasca- Avengers: Endgame atau mereka membuat Vision versi mereka sendiri. Kini, White Vision yangt tampil di halaman-halaman komik Marvel telah tampil di MCU.

Dengan dua versi Vision yang berbeda, tidak ada di antara mereka yang secara teknis terlihat di film-film seperti Captain America: Civil War dan Avengers: Age of Ultron. Hanya masalah waktu sebelum Vision yang “sesungguhnya” muncul. Menurut sutradara WandaVision, Matt Shakman, versi sejati Vision akan muncul di episode pamungkas serial ini.

Baca Juga: 5 Prediksi Akhir Serial WandaVision yang Tayang Hari Ini



“Dengan episode 8 membuka perjalanan tematik buat Wanda, yang merupakan tahapan berduka cita. Itulah tema serial ini, bagaimana kalian menghadapi kehilangan. Jadi, itu adalah tema inti serial ini, tiang serial ini. Dan, itu jelas apa yang ingin kami pastikan kalau kami menyelesaikannya di akhir. Tapi, kami juga ingin ini mengejutkan. Kami ingin ini menyenangkan. Kami memperkenalkan karakter baru pada akhir 8 dengan White Vision—jadi sekarang kalian punya dua Vision. Pertanyaannya siapakah Vision yang sesungguhnya, akan terjawab. Banyak yang akan muncul,” papar Shakman kepada Collider.

Belum jelas bagaimana semuanya akan terjadi di akhir serial ini dan dua Vision ini bertemu. Namun, jelas Marvel bersiap untuk evolusi besar bagi karakter Vision di akhir serial ini. Apakah White Vision akan bercampur dengan versi ideal Vision Wanda untuk menciptakan Vision yang sesungguhnya di akhir serial ini? Jawabannya ada di pukul 15.00 WIB nanti.

Teori lain menyebut, White Vision sebenarnya adalah Ultron. Ultron merupakan artificial intelligence ciptaan Tony Stark yang berusaha melenyapkan umat manusia di film Avengers: Age of Ultron.
Episode Akhir WandaVision Bakal Ungkap Jati Diri Asli Vision

Di film itu, Vision diyakini telah membunuh Ultron di pertarungan akhir Sokovia. Namun, ada bukti potensial bahwa Ultron sebenernya selamat. Terlebih, keberadaan Vision sangat terikat pada Ultron karena dia dimaksudkan menjadi ‘visi’ Ultron untuk dunia mekanik baru, ketiadaan manusia dan kekurangannya yang banyak. Dengan White Vision ditempatkan di Westview di akhir serial WandaVision, dia bisa menjadi sarana sempurna bagi Ultron untuk mendapatkan tubuh yang selalu dia inginkan.



Menurut Screen Rant, Vision sepertinya tidak membunuh drone akhir Ultron tanpa menyimpan kesadaran Ultron. Apalagi, persepsi kehidupan Vision lebih terlihat seperti perpanjangan keyakinan kalau Ultron juga hidup, seperti Vision yang hidup sebagai synthezoid. Sementara, aksi Vision menghancurkan Ultron demi kebaikan tidak benar-benar terlihat di akhir film itu karena terimplikasi dilakukan di luar layar—tubuhnya tidak pernah ditemukan.

Apakah Vision menyimpan kesadaran Ultron atau tidak usai Age of Ultron, synthezoidnakal itu masih tetap menjadi bagian dari segalanya yang membentuk pikiran dan kode Vision. Di Infinity War, Bruce Banner mengatakan, pikiran Vision terdiri atas konstruksi lapisan yang kompleks. Bruce mengatakan, elemen Tony, Jarvis, Batu Pikiran dan dirinya semuanya dijahit dan dicampur bersama-sama yang juga belajar dari satu sama lain. Ultron jelas menjadi bagian dari lapisan tersebut.

Setelah Thanos mencabut Batu Pikiran dari kepala Vision, superbot itu pun mati. Kemudian, SWORD memecah tubuh Vision sebelum kemudian menyatukannya kembali sebagai White Vision. Ada kemungkinan kalau mereka tidak menyatukannya dengan cara yang sama seperti Tony dan Bruce. Sekarang, kemungkinan terburuknya adalah elemen kode Vision telah muncul untuk mengambil dominasi lebih kuat dari ketiadaan Batu Pikiran, seperti porsi yang merupakan milik Ultron.

Baca Juga: Sutradara WandaVision Sebut Episode Terakhir akan 'Mengecewakan sekaligus Memuaskan'

Akhir WandaVision bisa dimulai dengan SWORD yang tidak tahu kalau mereka telah meluncurkan sesuatu yang lebih buruk dengan menambahkan Ultron dengan tubuh yang selalu dia inginkan. Apakah ini adalah hasil dari Vision yang menyimpan inti Ultron di dalam dirinya sejak Age of Ultron, bagian Ultron dari kode Vision telah mengambil alih berkat SWORD. Atau, bisa jadi ini adalah campuran dari keduanya, setidaknya ada jalan logis bagi kontinuitas MCU bagi Ultron yang kembali dengan White Vision.

Finale WandaVision jelas akan memperlihatkan Wanda menghadapi Agatha Harkness. Vision ciptaan Wanda sepertinya akan menghadapi White Vision. Di komik, White Vision kurang rasa kemanusiaan dan emosi, yang mana akan menjadi versi MCU jika SWORD menggerakkan White Vision dari jawak jauh. Namun, ini akan menjadi lebih dinamis jika kendali SWORD terhadap White Vision dilengserkan Ultron.

Sementara, meskipun Vision ciptaan Wanda tidak akan selamat di akhir serial ini, melihat penampilan akhir Ultron dalam bentuk White Vision jelas akan menaikkan tensi serial ini. Ultron tidak hanya terikat pada Vision, tapi juga Wanda. Dia bertanggung jawab atas kematian saudara kembar Wanda, Quicksilver. Kembali dengan White Vision bakal membuat Ultron menjadi ancaman besar bagi Fase 4 MCU, terutama dengan mempertimbangkan sebagian besar Avengers yang melawanya sudah tidak ada lagi setelah Avengers: Endgame.


(alv)
Share: