Ini Hal yang Orang Lain Perhatikan Darimu Berdasarkan 3 Situasi Berbeda

Ini Hal yang Orang Lain Perhatikan Darimu Berdasarkan 3 Situasi Berbeda
Cara berpakaian mau tidak mau menjadi kesan awal saat pertama kali bertemu orang baru. Foto/Marcel Thomas
JAKARTA - Cara kamu menampilkan dirimu sendiri, dalam hal ini cara berpakaian, sangat memengaruhi pandangan pertama mereka tentang dirimu.

Pasti kamu sering mendengar tentang "penampilan memang bukan yang utama, tapi yang pertama". Meskipun banyak orang sudah menyadari bahwa jangan menilai seseorang dari penampilannya, tapi tak bisa dimungkiri bahwa penampilan fisik termasuk cara berpakaian menjadi kesan pertama untuk semua orang.

Pakaian tidak hanya terlihat secara kasat mata, tapi berpotensi terikat lebih dari sekadar atribut fisik. Melansir dari Psychology Today, fakta menyebutkan bahwa orang lain mengaitkan karakteristik kepribadian dengan pemilihan pakaian.

Hal inilah yang membuat kamu harus berhati-hati dalam mempertimbangkan pakaian yang akan digunakan. Tentunya, tiap acara dan tempat punya kesan yang berbeda.



1. SAAT WAWANCARA PEKERJAAN

Ini Hal yang Orang Lain Perhatikan Darimu Berdasarkan 3 Situasi Berbeda

Foto:Getty Images

Ketika melakukan wawancara kerja , memang penting untuk menggunakan pakaian yang formal, tapi jangan lupa untuk fokus kepada keterampilan, karena itu yang utama. Wawancara bertujuan untuk menunjukkan kemampuan, sehingga jangan terlalu berlebihan dalam memikirkan pakaian yang digunakan.



Hal yang terpenting adalah formal dan rapi, kecuali melamar dalam bidang industri mode yang menuntut kamu untuk tampil menonjol dan kreatif. Menurut SmartRecrutiers, 70% kandidat yang dipekerjakan dilaporkan menggunakan pakaian yang sebagian besar berwarna hitam.

Baca Juga: 10 Profesi Unik untuk Masa Depan, Kamu Tertarik Coba?

Selain itu, terkait penampilan fisik, 78& kandidat yang dipekerjakan menilai diri mereka “rata-rata” atau bahkan “sedikit tidak menarik” dibandingkan dengan 66% kandidat yang ditolak yang menilai diri mereka secara fisik sebagai “menarik” atau bahkan “sangat menarik”. Studi ini juga menyebutkan bahwa kandidat yang dipekerjakan menghabiskan lebih banyak waktu untuk membicarakan tanggung jawab pekerjaan dan budaya perusahaan dibandingkan kandidat yang ditolak.

2. ACARA HANG OUT/SOSIALISASI

Ini Hal yang Orang Lain Perhatikan Darimu Berdasarkan 3 Situasi Berbeda

Foto:Naku Mayo/Unsplash

Untuk acara hang out, kencan, atau pesta, tentu harus lebih fokus pada penampilan. Gaya dan warna pakaian yang digunakan biasanya diusahakan untuk menarik perhatian orang sekitar. Terdapat julukan tertentu bagi mereka yang punya gaya berpakaian yang menonjol. Contohnya seperti gaya berpakaian modis yang diberikan pada orang dengan pakaian yang bergaya dan berkelas.

Selain itu, kamu juga bisa memakai sesuatu yang dapat menjadi jalan membuka percakapan, seperti perhiasan, topi, logo, dan barang lainnya yang punya preferensi tertentu, misalnya kaus band atau jersey. Ini bisa dipakai untuk kamu yang sulit untuk memulai percakapan dengan orang lain.

3. CIRI KHAS

Ini Hal yang Orang Lain Perhatikan Darimu Berdasarkan 3 Situasi Berbeda

Foto: Getty Images

Ciri khas aksesori atau gaya tertentu juga bisa membawa rasa keunikan pada penampilan. Menurut penelitian yang dilakukan Selda Koydemir dan rekan-rekannya pada 2018 berjudul "Feeling Special, Feeling Happy", disimpulkan bahwa perasaan unik seseorang secara positif memengaruhi kebahagiaan seorang. Rasa keunikan pribadi ini termasuk kebebasan memilih cara hidup.

Baca Juga: 4 Parfum Lokal yang Wanginya Tahan Lama, Kemasannya juga Kece!

Fakta menyebutkan bahwa gaya pribadi yang unik atau berselera tinggi dan khas mudah diingat dan menyenangkan.

Ni Ketut Candra Puspita
Kontributor GenSINDO
Indonesia International Institute for Life-Sciences
Instagram: @nkcandrapuspita


(ita)
Share: