Tinggal di Neraka, Mephisto Adalah Penjahat Kuat di Dunia Marvel

Senin, 08 Februari 2021 - 02:54 WIB
loading...
Tinggal di Neraka, Mephisto Adalah Penjahat Kuat di Dunia Marvel
Mephisto adalah salah satu penjahat kuat di Marvel Universe. Dia tinggal di Neraka dan sosok yang bertanggung jawab atas lahirnya Ghost Rider di dunia Marvel. (Radio Times)
A A A
Mephisto disebut-sebut akan menjadi musuh utama di Fase 4 Marvel Cinematic Universe (MCU) . Tokoh ini memang belum terkonfirmasi oleh Marvel. Namun, keberadaannya sudah disinggung dalam beberapa kesempatan. Di serial WandaVision , Mephisto disebut sebagai dalang penyebab masalah mental yang dihadapi Wanda.

Berbagai teori pun mencuat seputar kehadiran Mephisto di WandaVision. Teori-teori itu menyebut, tokoh jahat di dunia Marvel itu akan menampakkan dirinya di serial tersebut. Entah dia akan tampil dalam wujud asli atau dengan tubuh orang lain.



Sebelum lebih jauh membahas bagaimana Mephisto bakal muncul di Fase 4 MCU, banyak yang harus diketahui dari sosok jahat ini. Asal usul dan kekuatannya tentu bisa menjadi pertimbangan mengapa Mephisto disebut layak menjadi villain utama di franchise ini. Jadi, siapakah Mephisto?

1. Asal usul dan debut Mephisto
Tinggal di Neraka, Mephisto Adalah Penjahat Kuat di Dunia Marvel

Mephisto diciptakan penulis legendaris Marvel Stan Lee dan artis John Buscema. Tokoh ini diciptakan berdasarkan karakter Mephitopheles, setan dari legenda Faust. Dia merupakan wakil Neraka yang kurang lebihnya memainkan peranan yang sama dengan berbagai intepretasi legenda itu. Terutama drama historis Doctor Faustus karya Christopher Marlowe dan kemudian drama Faust yang ditulis penulis Jerman Johann Wolfgang von Goethe.

Mephisto debut di komik Marvel lewat The Silver Surfer #3 (1968). Dia kemudian dijadikan musuh bebuyutan tokoh tersebut. Dari awal, Mephisto memainkan peranan sebagai penggoda. Dia menawari Silver Surfer kesepatan untuk kembali kehidupan lamanya di planet Zenn-La dan pasangannya, Shalla-Bal.

Dikutip dari Wikipedia, penulis Mike Conroy menyebut Mephisto sebagai penggoda yang bisa menawarkan dunia bagi Silver Surfer dan bahkan menggantung kekasih jarak jauhnya di depannya. Seperti karakter pahlawan Stan Lee, kebaikan dan kemuliaan Surfer menang. Namun, Mephisto hanya terhalang, bukan terkalahkan dan polanya pun sudah ditentukan.

2. Penampakan Mephisto
Tinggal di Neraka, Mephisto Adalah Penjahat Kuat di Dunia Marvel

Penampakan Mephisto cukup baik di komik, dengan rambut acak-acakan, mata kuning dan jubbah merah. Namun, penampilannya tidak selalu kaku seperti itu. Artis komik legendaris John Romita Jr. mengubah penampilan Mephisto di Daredevil #266. Artis yang bertanggung jawab atas X-Men dan Spider-Man itu mendesain ulang penampakan Mephisto dan menjadikannya jauh lebih kejam. Mephisto versi Romita ini lebih mirip kodok, merangkak dengan empat tangan dan kakinya dengan lidah panjang dan tanduk. Penampilan karakter ini di kemudian hari berubah-ubah dari versi ini dan klasiknya.

3. Mephisto adalah Setan di dunia Marvel
Tinggal di Neraka, Mephisto Adalah Penjahat Kuat di Dunia Marvel

Marvel Universe itu sangatlah luas, sebuah sistem kompleks yang terdiri atas dunia dan dimensi. Surga dan Neraka ada di Marvel Universe. Mephisto tinggal di Neraka. Mengutip laman Marvel.com, Mephisto menguasai dunia yang dia sebut sebagai Neraka atau Alam Barzah. Meskipun itu bukanlah Neraka yang ada di kitab suci atau Alam Barzah Olimpian Pluto.

Di masa lalu, Mephisto pernah bertunangan dengan salah satu kekasih mantan tentaranya. Dia kemudian memanipulasi iblis itu untuk membunuh kekasihnya. Iblis itu lalu menjadi Darklove, yang dikutuk untuk selalu menampilkan musuh cinta. Dunia Mephisto termasuk Arena Jiwa-Jiwa yang Ternoda di mana jiwa-jiwa yang ternoda dikunci dalam perang tak berkesudahan. Mephisto juga senang meniru Setan di kitab suci. Didayai jiwa-jiwa yang terkutuk, dia seringkali melakukan tipuan tawar menawar dengan yang masih hidup. Mephisto terutama tertarik pada jiwa-jiwa yang sangat kuat atau makhluk yang sangat suci. Mephisto punya banyak nama dan alias di komik, termasuk nama-nama mitologi untuk iblis, seperti Lucifer.

Baca Juga: 10 Penjahat yang Akan Tampil di Fase 4 Marvel Cinematic Universe

4. Tampil di film Ghost Rider
Tinggal di Neraka, Mephisto Adalah Penjahat Kuat di Dunia Marvel

Jika Mephisto benar-benar tampil di Fase 4 MCU, maka ini bukanlah kali pertama baginya muncul di film Marvel. Tokoh ini pernah muncul di dua film Ghost Rider yang dibintangi Nicolas Cage pada era 2000an. Di dua film tersebut, Mephisto diperankan Peter Fonda. Di film ini, dia tampil dengan bentuk manusianya sampai pada akhirnya bentuk iblisnya terungkap.

Nyatanya, Mephisto memang sosok yang bertanggung jawab atas lahirnya Ghost Rider. Mephisto cemburu dengan pemujaan terhadap iblis api, Zarathos. Jadi, menjelma sebagai Setan, Mephisto menciptakan Ghost Rider dengan mengikat Zarathos dengan Johnny Blaze.

5. Mephisto memang kuat, tapi tak sekuat The One Below All
Tinggal di Neraka, Mephisto Adalah Penjahat Kuat di Dunia Marvel

Mephisto adalah kekuatan iblis kuat di Marvel Universe, tapi dia jauh dari yang terkuat. Dia mengakui tak sekuat The One Below All. Mengutip Screen Rant, jika ada iblis sesungguhnya di Marvel Universe, maka dia adalah The One Below All. Entitas kuat ini adalah sumber seluruh radiasi gamma di Marvel, yang memberikan kekuatan bagi Hulk dan lainnya. Dia juga merupakan penguasa di lapisan terendah Neraka. Karakter menarik ini diperkenalkan di The Immortal Hulk. Dia bisa memainkan peranan pentin di serial She-Hulk di Disney+.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2674 seconds (0.1#10.140)