Teori: Mephisto, Thanos Baru di Fase 4 Marvel Cinematic Universe

Teori: Mephisto, Thanos Baru di Fase 4 Marvel Cinematic Universe
Teori terbaru Fase 4 Marvel Cinematic Universe (MCU) menyebut jika Mephisto bisa menjadi penjahat utama pengganti Thanos yang menjadi ancaman bagi Avengers. (Loopers)
Penjahat utama di Fase 4 Marvel Cinematic Universe (MCU) masih menjadi misteri. Namun, seiring dengan perkembangan di serial WandaVision yang menjadi pembuka fase ini, misteri itu sedikit demi sedikit mulai terkuak. Teori terbaru menyebutkan, Mephist o—Iblis versi Marvel—bakal menjadi pengganti Thanos sebagai penjahat utama di Fase 4 dan seterusnya.

Thanos merupakan penjahat utama di Fase 1—3 MCU. Dia kali pertama muncul di The Avengers (2012). Fase 1—3 MCU disebut sebagai The Infinity Saga. Judul ini adalah cara cerdas dalam mengindikasi kalau mereka ada di satu cerita yang berjalan melalui banyak film. Cerita tentang Batu Keabadian dan konflik antara Avengers dan Thanos. Sepanjang cerita itu, Thanos berniat mengumpulkan 6 Batu Keabadian untuk mewujudkan cita-citanya melenyapkan separuh kehidupan alam semesta hanya dengan menjentikkan jarinya.

Menjelang Fase 4, teori yang mencuat adalah Kang the Conqueror bakal menjadi penjahat utama di MCU. Teori ini muncul karena tema yang diangkat di Fase 4 adalah multiverse dan Kang merupakan bagian besar dari dunia tersebut. Apalagi, pemeran Kang sudah diumumkan. Tokoh ini akan diperankan Jonathan Majors dan akan diperkenalkan di Ant-Man & the Wasp: Quantumania . Meskipun Kang adalah pilihan logis, tapi ada sejumlah masalah. Salah satunya, agak sulit mendapatkan koneksi antara Kang dengan film MCU yang sudah diumumkan.

Baca Juga: Teori Avengers 5: Kang the Conqueror Bakal Jadi Musuh Utama?

Menurut Screen Rant, dengan demikian, ada kemungkinan kalau para Avengers akan menghadapi musuh lain yang juga tak kalah kuat. Salah satunya adalah Mephisto, salah satu musuh tertua di Marvel. Di komik, Mephisto adalah Penguasa Dimensi Neraka. Dia mengabdi sebagai analog untuk Iblis. Sebenarnya, keberadaan Mephisto sudah dibangun di MCU. Apa saja indikasinya?

1. Mephisto sudah disinggung
Teori: Mephisto, Thanos Baru di Fase 4 Marvel Cinematic Universe

Sebenarnya, sudah ada sejumlah bukti jika Mephisto bakal tampil di MCU dalam waktu dekat. Trailer pertama Loki memperkenalkan Otoritas Perbedaan Waktu (TVA), yang bertindak sebagai semacam polisi yang memastikan kalau sejarah tetap pada jalurnya. Harap dicatat, Loki yang ada di serial Disney+ ini adalah Loki dari linimasa alternatif, yang diciptakan Avengers tanpa sengaja di Avengers: Endgame. Di film itu, si Dewa Penipu itu kabur dengan Tesseract setelah ditangkap pasca-Perang New York. Salah satu adegan di serial Loki memperlihatkan Mobius M Mobius (Owen Wilson) dari TVA bertemu seorang gadis kecil di depan jendela kaca—dengan lukisan sosok yang sangat terkenal. Easter egg ini sepertinya mengindikasikan kalau Loki mungkin akan membangun Mephisto. Gambar di kaca itu menarik karena memperlihatkan matahari dan bulan yang sejajar dengan surga. Perhatian Mephisto berfokus di Bumi, yang terbungkus api. Kalau itu memang Mephisto, maka itu adalah cara cerdas mengindikasikan tujuannya melahap Bumi, dengan menyerapnya ke Dimensi Neraka.

Teori populer lain adalah Mephisto adalah otak di balik mental breakdown yang dialami Wanda Maximoff di WandaVision—mau langsung atau lewat orang lain. Episode 2 WandaVision jelas menampilkan adegan signifikan ketika Agnes (Kahtryn Hahn), salah satu tetangga Wanda membungkuk dan mengeluarkan pernyataan jahat.

“Iblis dalam detil,” kata seorang wanita. “Itu bukanlah satu-satunya tempatnya,” kata Agnes.

Ada spekulasi intensif kalau Agnes sebenarnya adalah penyihir lawas di dunia komik, Agatha Harkness. Ada kemungkinan kalau Agnes bekerja untuk Mephisto—dan bahwa dia adalah dalang dari apa pun kegilaan yang membalut Wanda dan warga Westview.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Loki Bisa Menjadi Penjahat Terbesar di Marvel

2. Karakter yang akan muncul punya kaitan dengan Mephisto
Teori: Mephisto, Thanos Baru di Fase 4 Marvel Cinematic Universe

Melihat masa depan Fase 4, jajaran filmnya jelas penuh karakter yang terkait Mephisto. Yang paling jelas adalah Moon Knight, avatar Dewa Bulan Khonsu, yang merupakan musuh bebuyutan Mephisto. Ini membawa ke busur cerita utama di Avengers-nya Jason Aaron, di mana Moon Knight menemukan dirinya bekerja di persimpangan dengan Avengers. Laporan terbaru mengungkapkan, Ethan Hawke bergabung dengan Moon Knight sebagai villain utama serial di Disney+ itu. Marvel menghindari mengonfirmasi karakter apa yang dia perankan. Ethan bukanlah aktor sembarangan. Mungkin, dia dikontrak untuk peran yang kembali ada—bisa dibilang, memerankan bagian Mephisto.

Kemungkinan lain pun masih ada. Mephisto adalah musuh utama baik Wanda dan Doctor Strange . Dia juga punya kaitan dengan Spider-Man lewat cerita One More Day. Peristiwa realitas di cerita itu terjadi karena dipicu keputusan Spider-Man mengungkapkan identitasnya. Di pasca-kredit Spider-Man: Far From Home, semua orang tahu kalau Peter Parker adalah Spider-Man dan ini berpotensi membangun busur cerita yang sama. Mephisto juga beberapa kali beririsan dengan Thor dan dia bahkan melawan Fantastic Four dan musuhnya, Doctor Doom. Cukup menarik untuk dicatat jika slot Fase 4 MCU melibatkan banyak karakter terkait Mephisto.

3. Multiverse MCU diangkat dari komik spesifik yang melibatkan Mephisto
Teori: Mephisto, Thanos Baru di Fase 4 Marvel Cinematic Universe

Mepshito akan pas ke MCU karena Multiverse-nya Marvel sebenarnya didasarkan pada model yang menggabungkan Dimensi Nerakanya. Sebagian besar penonton menganggap, kata Multiverse merujuk pada linimasa alternatif dan Doctor Strange in the Multiverse of Madness akan melibatkan Stephen dan Wanda melompati linimasa. Namun, sutradara Doctor Strange Scott Derrickson mengindikasikan kalau Multiverse MCU didasarkan pada model yang berbeda dengan mencuitkan panel dari Doctor Strange #21 untuk menunjukkan maksudnya.

Komik itu menjelaskan Multiverse dengan mencitrakan Bumi pada pusat samudera tak bertepi. Bumi-Bumi alternatif—semacam yang diciptakan Avengers di Avengers: Endgame dan bakal ditampilkan di Loki—hanya sekali jalan dari pusat tersebut. Kian jauh kalian pergi, kian banyak hukum alam berubah. Komik itu juga menyebut ada semesta-semesta kantong seperti Nerakanya Mephisto. Ini adalah model Multiverse yang terlihat di Doctor Strange, yang disebut adegan Tur Misteri Ajaib di mana Ancient One mendorong pikiran Stephen melintasi banyak dimensi. Neraka Mephisto bisa ada di Multiverse MCU dengan cara yang sama seperti di komik.

Baca Juga: 7 Hal Menarik yang Terungkap di Episode 5 WandaVision

4. Sekarang saat yang tepat bagi Mephisto untuk menyerang MCU
Teori: Mephisto, Thanos Baru di Fase 4 Marvel Cinematic Universe

Jika Mephisto memang ada di MCU, maka sekaranglah saat yang sempurna baginya untuk menyerang. Doctor Strange melihat Bumi kehilangan Penyihir Agung-nya, artinya, Masters of Mystic Arts sudah musnah. “Kabar kematian Ancient One akan menyebar melalui Multiverse. Bumi tidak punya Penyihir Agung untuk membelanya,” ujar Wong di Doctor Strange. Yang membuatnya lebih buruk, peristiwa di Avengers: Endgame juga berarti Strange telah kehilangan Batu Waktu. Menurut Ancient One, dia pernah menggunakan Batu itu untuk mengintip masa depan dan mengidentifikasi ancaman sebelum terjadi dan juga bagaimana menghadapinya. Ini sama dengan yang dilakukan Strange di Avengers: Infinity War. Hilangnya Batu Waktu membuat Masters of the Mystic Arts tidak bisa lagi melihat ancaman yang datang.

Dengan pertahanan magis Bumi yang berada di titik terendahnya, Mephisto bisa menyerang sekarang. Tidak hanya karena Penyihir Agung sudah mati, tapi juga karena sejumlah anggota terkuat Avengers sudah tidak ada, maka akan sulit bagi pahlawan MCU untuk menghadapi ancaman kuat seperti itu. Semua itu berarti Fase 4 MCU adalah waktu yang tepat bagi serangan Mephisto. Artinya, dia bisa menjadi ancaman selevel Thanos yang sudah dinantikan para penonton.


(alv)
Share: