Insecure dalam Hubungan dengan Pacar? Ini yang Mesti Kamu Lakukan

Insecure dalam Hubungan dengan Pacar? Ini yang Mesti Kamu Lakukan
Rasa tidak percaya dalam menjalin hubungan bisa bikin ikatan percintaanmu dengan pasangan melemah. Foto/Getty Images
JAKARTA - Rasa insecure alias kurang percaya diri banyak dialami anak muda seumuran kita. Bukan cuma soal pertemanan dan karier, dalam hubungan asmara pun juga bisa terjadi.

Mungkin kamu merasa pacar kamu terlalu cakep atau terlalu pintar atau terlalu populer buat kamu. Bisa jadi kamu merasa bahwa kamu yang lebih sayang ke dia dan jadi takut kalau sewaktu-waktu dia pergi atau mau mutusin kamu.

Hal-hal seperti ini memang susah dibuang dari pikiran kalau kamu sudah tidak percaya diri sedari awal.

Nah, menurut psikolog Jennice Vilhauer, Ph.D. ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan atau mengikis rasa tak percaya diri tersebut. Berikut ulasannya mengutip dari Psychology Today.



1. LIHAT KUALITAS DIRI MASING-MASING

Insecure dalam Hubungan dengan Pacar? Ini yang Mesti Kamu Lakukan

Foto: Unsplash

Saat kamu merasa tidak nyaman dengan diri kamu sendiri, maka kamu akan cenderung melihat kekurangan kamu dan jadi merasa kurang terus, termasuk jadi kurang bersyukur kepada diri sendiri.



Dalam hubungan yang sehat dan serasi, setiap orang punya dan membawa kualitas dan kekuatannya masing-masing, dan inilah yang membuat kalian bisa saling melengkapi. Misalnya, kamu bisa membuat dia tertawa saat dia lagi sedih, atau kamu bisa membantu dia dalam beberapa hal yang dia tidak menguasainya.

Pikirkan juga hal-hal dari hubungan kamu dengan pacar yang berjalan baik dan menyenangkan. Misalnya kalian bisa berkomunikasi dengan baik, bisa saling percaya, atau humoris.

Pikirkan juga cara kamu bisa membahagiakannya dengan memikirkan apakah dia sudah merasa dihargai, dicintai, dan didukung?

2. BANGUN HARGA DIRIMU

Insecure dalam Hubungan dengan Pacar? Ini yang Mesti Kamu Lakukan

Foto: Getty Images

Biasanya hubungan yang tidak kuat dibangun dari salah satu atau dua orang yang punya harga diri yang rendah. Ketika kamu merasa selalu tidak baik di hadapannya dan selalu tidak berani mengungkapkan pendapat kamu karena takut dihina, maka hubungan kalian bisa dibilang sudah toxic alias tidak sehat.
halaman ke-1 dari 2
Share: