Serba Serbi Serial WandaVision yang Layak Diketahui

Serba Serbi Serial WandaVision yang Layak Diketahui
Wanda dan Vision memang tak sepopuler Iron Man atau Captain America di ranah Marvel Cinematic Universe (MCU). Namun, cerita latar mereka menarik untuk disimak. (the good comics)
Sosok Wanda dan Vision di ranah Marvel Cinematic Universe (MCU) memang tak sepopuler Iron Man, Spider-Man atau pun Captain America. Namun, sejak diperkenalkan di Avengers: Age of Ultron, kedua karakter punya peran yang cukup menarik dalam perkembangan MCU. Wanda alias Scarlett Witch berada di kubu Captain America saat Captain America: Civil War dan Vision ada di kubu Iron Man. Sementara, di Avengers: Infinity War, dua orang itu sedang dimabuk cinta.

Meski Wanda baru tampil sebanyak 4 kali dan Vision 3 kali di sepanjang perjalanan MCU hingga saat ini, Avengers: Endgame membuktikan bahwa Wanda adalah Avenger terkuat. Kematian Vision membayangi langkahnya dan sepertinya dia masih menyimpan dendam. Setelah Avengers: Endgame, belum diketahui seperti apa perjalanan hidup Wanda. Serial WandaVision diharapkan mampu menjawab pertanyaan tersebut.

Kehadiran multiverse di Fase 4 MCU juga membuat Wanda menjadi salah satu tokoh sentral. Selain tampil di serialnya sendiri, Wanda juga akan muncul di sekuel Doctor Strange , yaitu Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Di film itu, ada yang menyebut bahwa Wanda akan menjadi musuh Doctor Strange. Namun, teori lain menyebut, Doctor Strange akan membantu Wanda yang tidak bisa mengendalikan kekuatannya dan membuka banyak gerbang multiverse. Mana yang benar, serial WandaVision bisa memberikan banyak petunjuknya. Apalagi, di serial ini, ada sejumlah rujukan yang menarik.

Baca Juga: WandaVision, Serial Pembuka Fase 4 MCU yang Cukup Menjanjikan



WandaVision mulai tayang di Disney+ Hotstar hari ini, Jumat (15/1), pukul 15.00 WIB dengan dua episode sekaligus. Episode 3 akan tayang pekan depan pada Jumat (22/3), pukul 15.00 WIB. Selanjutnya, serial ini akan tayang setiap Jumat pukul 15.00 WIB.

Untukmenonton WandaVision, ada baiknya mengetahui latar belakang cerita pasangan ini. Serial ini dibuat dengan setting waktu tahun 60an. Namun, GenSindo yang telah diberi kesempatan menyaksikan 3 episodenya, bisa dikatakan bahwa setting waktu dan lini masa akan menjadi salah satu twist menarik di serial ini. Seperti apa latar dan fakta WandaVision? Dinukil dari TIME, berikut ulasannya.

1. Latar belakang cerita WandaVision
Serba Serbi Serial WandaVision yang Layak Diketahui

Disutradarai Matt Shakman, serial WandaVision ini menukil sejumlah cerita di komik di mana Wanda atau Vision berusaha ‘masuk’ ke kehidupan di permukiman pinggiran kota yang menyebabkan kekacauan. Wanda dan Vision menikah di komik Avengers #4 yang dirilis pada 1975. Mereka kemudian mendapatakan komik spinoff, yaitu Vision and the Scarlet Witch pada 1982. Mereka berjuang bersama Avengers dan punya anak kembar bernama William dan Thomas.



Di komik keluaran 1989 dengan cerita Vision Quest, Vision dihancurkan jaringan mata-mata internasional yang menganggapnya sebagai ancaman dunia. Meskipun Hank Pym menyatukan dialagi, Vision yang hidup lagi itu tidak punya kaitan emosional dengan anak dan istrinya. Dunia Wanda mulai runtuh. Tetangga dan mentornya, seorang penyihir bernama Agatha Harkness, mengatakan, kalau anak-anaknya itu tidak nyata, tapi hanya ilusi yang tercipta karena kombinasi kekuatannya dan Maphisto, penjahat di Marvel Universe.

Serial komik House of M yang dirilis pada 2008 juga punya plot yang sama. Hanya, di komik itu, Wanda secara tidak sengaja membunuh sejumlah Avengers. Dalam kesedihan, ia kemudian bermain-main dengan realitas palsu untuk menghidupkan kembali suaminya, Vision, dan menciptakan anak-anak khayalan. Efek delusi Wanda ini mempengaruhi dunia nyata. Kekuatan Wanda cukup kuat sehingga pada akhir cerita, dia berharap tidak ada lagi mutan. Puluhan ribu mutan, termasuk sejumlah X-Men, kehilangan kekuatannya. Banyak yang menduga jika serial WandaVision banyak diangkat dari seri komik ini.

2. Asal Usul Wanda dan Vision di MCU
Serba Serbi Serial WandaVision yang Layak Diketahui

Wanda dan Vision sama-sama kali pertama diperkenalkan di MCU lewat film Avengers: Age of Ultron. Di film itu, HYDRA melakukan eksperimen dengan salah satu Batu Keabadian, yaitu Batu Pikiran yang ada di Spectre—tongkat Loki. Batu itu bisa dipakai untuk mengendalikan pikiran orang. HYDRA menggunakan batu itu terhadap sejumlah orang dan berusaha membuat pasukan super.

Namun, dari eksperimen itu, hanya dua orang yang bertahan, yaitu Wanda dan saudara kembarnya, Pietro. Wanda mendapatkan kekuatan telepati, telekinesis dan kemampuan lain. Dia juga bisa mengendalikan pikiran orang. Pietro mendapatkan kekuatan super. Di satu titik, mereka menyebut diri mereka sebagai Scarlet Witch dan Quicksilver.

Ketika Batu Pikiran jatuh ke tangan Avengers, Tony Stark menggunakannya untuk membuat program pertahanan bernama Ultron. Karena Tony adalah seorang egomaniac, dia tidak bisa melihat kalau rencana itu salah. Ketika sudah dibuat, Ultron mengamuk dan berusaha membunuh Avengers. Dia kemudian merekrut Wanda dan Pietro.

Tony kemudian menggunakan Batu Pikiran itu untuk membuat android yang mampu melawan Ultron. Secara mengejutkan, rencana itu berjalan mulus dan Vision lahir. Batu Pikiran tersemat di kepala Vision. Di sisi lain, Wanda dan Pietro akhirnya tahu jika Ultron ingin menghancurkan umat manusia. Mereka akhirnya membelot ke Avengers, tapi Pietro mati saat bertempur.
halaman ke-1 dari 2
Share: