LinkedIn, Media Sosial Penting Penunjang Karier sejak Masih Kuliah

Kamis, 15 Oktober 2020 - 20:55 WIB
loading...
LinkedIn, Media Sosial Penting Penunjang Karier sejak Masih Kuliah
Dengan membuat akun di LinkedIn, kamu bisa membuat CV dan portofolio kamu terbuka untuk dibaca dan membuka peluang ditawari pekerjaan. Foto/@inlytics, Unsplash
A A A
JAKARTA - Kamu tahu gakbahwa ada media sosial (medsos) yang digunakan untuk berjejaring secara profesional dengan perusahaan-perusahaan besar dan orang-orang di dalamnya?

Dari medsos ini kamu bisa membangun karier dan relasi, bahkan mendapatkan tawaran pekerjaan.

Ada beberapa situs web dan medsoso yang berkaitan dengan penyediaan lowongan pekerjaan, memberikan pelatihan secara daring, sampai menyediakan wadah untuk membangun personal branding dan relasi profesional para penggunanya.

Nah, salah satunya adalah LinkedIn. Sudah banyak orang yang mendapat tawaran pekerjaan dari LinkedIn. Mulai dari perusahaan rintisan (start-up) sampai perusahaan sekelas Google.

LinkedIn, Media Sosial Penting Penunjang Karier sejak Masih Kuliah

Foto:@linkedinsalesnavigator/Unsplash

Selain karena kompetensi orang-orang tersebut, mereka berhasil membangung personal branding yang oke lewat LinkedIn. ( )

Terus pentingnya untuk mahasiswa apa, dong? LinkedIn terbuka bagi siapa pun yang ingin membangun kariernya. Termasuk mahasiswa yang justru disarankan banget untuk pakai LinkedIn.

Dengan menggunakan LinkedIn, kamu bisa membangun personal branding kamu lewat pengisian profil LinkedIn dengan baik.

Profil LinkedIn ini bisa dibilang CV kamu. Karena berisi pengalaman kerja, aktivitas sebagai sukarelawan, pencapaian, sertifikasi, dan sebagainya.

LinkedIn, Media Sosial Penting Penunjang Karier sejak Masih Kuliah

Foto: @esteejanssens/Unsplash

Kamu bisa memasukkan pengalaman berorganisasi, magang, kepanitiaan, sampai pencapaian-pencapaian kamu. Kamu juga bisa masukin portofolio kamu di profil LinkedIn.

Selain itu, manfaat lainnya adalah kamu bisa mendapatkan wawasan terkait dunia profesional lewat berbagai artikel yang ditulis oleh para profesional.

Kamu juga bisa ikut pelatihan keterampilan-keterampilan (skill) yang sedang dibutuhkan di dunia kerja lewat LinkedIn. ( )

Pokoknya cocok banget buat mahasiswa yang mau membangun kariernya sejak dini!

Peter Leonaldy ND
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @peterleonaldy
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2312 seconds (0.1#10.140)