Psikologi

Dari Komedi sampai Drama Romantis, Genre Film Apa yang Paling Bagus untuk Kesehatan Kita?

Dari Komedi sampai Drama Romantis, Genre Film Apa yang Paling Bagus untuk Kesehatan Kita?
Genre film yang berbeda ternyata juga memberi efek yang berbeda ke tubuh kita. Foto/Getty Images
Jakarta - Ternyata, genre filmyang kita tonton bisa memengaruhi kesehatan kita, loh. Ini menurut penelitian para ahli di luar negeri.

Nonton filmpunya efek tertentu buat otak dan badan kita yang sering kali gak pernah kita sadari.

Melansir Chicago Tribune, psikologdan penulis buku "E-Motion Picture Magic", Birgit Wolz, kebanyakan film mengirimkan ide lewat emosi dibanding pikiran.

"Ini bisa menetralkan naluri untuk menekan perasaan serta memicu pelepasan emosi," ujarnya.



Dengan memunculkan emosi, menonton film bisa membuka pintu yang mungkin tertutup. Maksudnya, dengan nonton film bisa jadi ada bagian dari dalam tubuh kita yang memberikan respons-respons tertentu atau bahkan yang gak semestinya terjadi.

Efek-efek tertentu tersebut bisa berbeda-beda tiap genre film. Nah, apa bedanya, berikut rangkumannya dari Chicago Tribune. (Baca Juga:BTS Disebut dalam Adegan Kocak Serial Teenage Bounty Hunters)

1. KOMEDI



Dari Komedi sampai Drama Romantis, Genre Film Apa yang Paling Bagus untuk Kesehatan Kita?

Foto: Universal Pictures

Birgit Wolz menyebut bahwa tertawa bisa menjauhkan diri sejenak dari masalah, dan bikin kita merasa lebih damai. “Sering kali, klien bisa menemukan solusi atas hal-hal yang dikhawatirkan dengan perspektif baru dan kreatif sehabis menonton film lucu,” katanya.

Spesifiknya, ada penelitian dari Universiy of Maryland yang menemukan bahwa tertawa selama menonton film komedi bikin pembuluh darah lebih lebar sebanyak 22% dari biasanya.

Dr. Michael Miller, Direktur Center for Preventive Cardiology University of Maryland bahkan mengungkapkan bahwa hal ini sama aja kayak habis olahraga fisik yang membuat tekanan darah menjadi lebih rendah.

2. HOROR

Dari Komedi sampai Drama Romantis, Genre Film Apa yang Paling Bagus untuk Kesehatan Kita?

Foto: Unsplash

Sensasi menonton film horor emang11-12 dengan menjajal aktivitas ekstrem semacam terjun payung atau panjat tebing. Efeknya menurut Dr. George Bakris, spesialis penyakit hipertensi, bisa meningkatkan detak jantung yang berujung nyeri dada dan meningkatnya tekanan darah. Nah, makanya untuk penderita penyakit koroner, mendingan mencari genre film lain yang gak memacu detak jantung berlebih.

Selain itu bagi psikologis seseorang, nonton film horor bisa bikin kita ingat kejadian traumatis yang pernah dialami dulu. Bruce McEwen, profesor dari Rockfeller University dan mantan direktur Society for Neuroscience, menjelaskan bahwa menonton film horor bisa menyebabkan lonjakan adrenalin dan level kortisol. Keduanya bisa memicu memori traumatis yang pernah dialami

”Jadi kalau kita punya memori buruk yang tidak mau lagi kitaingat, lebih baik menghindari genre film ini sampai kita sekiranya siap," katanya menyarankan. (Baca Juga:Komedi Receh Jadi Favorit Anak Muda)

3. FILM 3D

Dari Komedi sampai Drama Romantis, Genre Film Apa yang Paling Bagus untuk Kesehatan Kita?

Foto: Shutterstock

Nonton film dengan format 3D bikin kita seperti ada di dunia para karakter yang kita tonton. Tapi sayang, gak semua orang bisa merasa senang saat nonton dalam format seperti ini.

“Menonton dengan format film ini bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, dan mual-mual,” kata Justin Bazan, seorang optometris sekaligus pemilik Park Slope Eye di New York. Efek-efek tersebut biasanya terjadi beberapa saat sebagai respons normal, tapi bisa juga itu pertanda adanya masalah penglihatan.

Rasa pusing bisa mengindikasikan masalah terhadap sistem vestibular kita. Dalam telinga kita ada saraf, saluran, dan cairan yang terhubung dengan otak dan fungsinya menjaga keseimbangan tubuh.

Sekitar 40% orang yang berusia lebih dari 40 tahun sering mengalami masalah ini. Menurut Vestibular Disorders Association, hampir setengah orang dewasa bisa merasa pusing saat nonton film berformat 3D.

4. FILM DRAMA ROMANTIS

Dari Komedi sampai Drama Romantis, Genre Film Apa yang Paling Bagus untuk Kesehatan Kita?

Foto: Netflix

Nonton film drama romantis bisa bikin kita senyum-senyum sendiri, apalagi kalau akhir ceritanya sesuai dengan harapan kita. Genre film ini selain bikin hangat hati, juga berefek mirip-mirip ketika kita nonton komedi. Bedanya, saat nonton film dengan genre ini bikin hati kita lega juga selama beberapa jam.

"Kesalahan yang dilakukan karakter digambarkan lewat cara yang lucu, membangkitkan semangat dan disertai ungkapan maaf saat akhir film," ucap Birgit. Hal ini bisa membuka perspektif baru dalam hidup kita. (Baca Juga:Tayang Hari ini, Cek Pelajaran Hidup dari Film Guru-guru Gokil Menurut Para Pemainnya)

Salah seorang kliennya merasakan efek yang luar biasa setelah menonton film drama romantis “Just Go With It” yang dibintangi Adam Sandler. Birgit menyebut bahwa kliennya jdai sadar bahwa pikiran negatif tentang dirinya sendiri jadi hilang, dan untuk saat ini, dia jadi lebih bisa menerima dirinya apa adanya.

Shanen Patricia Angelica
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram:@patriciaash

(it)
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss