Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Selasa, 03 September 2024 - 16:41 WIB
loading...
A A A
Film dokumenter ini berdurasi kurang lebih 52 menit. Kisahnya tentang kehidupan orang-orang miskin dengan Paus Fransiskus yang datang dan berbagi makanan dengan mereka.

Mereka yang didatangi Paus Fransiskus menyambut sekaligus berbincang dengannya. Paus Fransiskus mendengarkan cerita mereka, menghibur mereka, dan menceritakan makna kepausannya.

Filmnya membawa pesan bahwa Paus Fransiskus mewakili Gereja bagi orang miskin, bersama dengan yang paling lemah, para migran, orang sakit, dan yang 'terbuang'.

4. Francesco (2020)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: Afineevsky/Tolmor Production

Francesco adalah film dokumenter Amerika Serikat tahun 2020 yang disutradarai dan diproduksi oleh Evgeny Afineevsky. Film ini menggambarkan kehidupan dan ajaran Paus Fransiskus.

Filmnya ditayangkan perdana di Festival Film Roma pada 21 Oktober 2020. Film ini dirilis di Amerika Serikat melalui sinema virtual pada 26 Maret 2021 oleh Abramorama, sebelum ditayangkan di Discovery+ pada 28 Maret 2021.

Film Francescomengisahkan tentang kehidupan dan ajaran Paus Fransiskus. Film ini berisi banyak wawancara dengan Fransiskus, beberapa anggota keluarganya, Benediktus XVI, dan orang-orang lainnya.

Film ini berpusat pada isu-isu kontemporer, dan peran Gereja Katolik dalam mencari mereka yang menderita ketidakadilan. Film ini juga berfokus pada orang-orang yang tersentuh secara sentimental oleh Paus Fransiskus, seperti komunitas Rohingya yang terusir di Myanmar, yang anggotanya ditemui Fransiskus di Bangladesh pada 2017.

Selanjutnya, 12 pengungsi Muslim yang dibawa Paus ke Italia pada akhir kunjungannya ke kamp pengungsi di pulau Lesbos, Yunani, pada 2016. Ada juga korban pelecehan oleh pendeta yang awalnya membuat Fransiskus marah selama kunjungannya tahun 2018 ke Chili

5. The Two Popes (2019)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: Netflix

The Two Popes adalah film drama biografi (biopik) yang disutradarai oleh Fernando Meirelles dan ditulis oleh Anthony McCarten. Kisahnya diadaptasi dari drama McCarten The Pope yang ditayangkan perdana di Royal & Derngate Theatre pada 2019.

Film yang tayang di Netflix ini sebagian besar berlatar di Kota Vatikan setelah skandal kebocoran Vatikan. Film ini mengikuti Paus Benediktus XVI (diperankan oleh Anthony Hopkins), saat ia mencoba meyakinkan Jorge Mario Kardinal Bergoglio (diperankan oleh Jonathan Pryce) alias Fransiskus sebelum diangkat menjadi Paus.

Pertemuan mereka adalah bagian dari usaha Paus Benediktus XVI untuk meminta Fransiskus mempertimbangkan kembali keinginannya untuk mengundurkan diri sebagai Uskup Agung.

Penampilan Pryce dan Hopkins, serta skenario McCarten, mendapat pujian tinggi dari para kritikus. Ketiganya masuk sebagai nomine di Academy Awards, Golden Globes, dan British Academy Film Awards.

6. Pope Francis: A Man of His Word (2018)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: Universal Pictures

Pope Francis: A Man of His Word adalah film dokumenter yang diproduksi, ditulis bersama, dan disutradarai oleh Wim Wenders. Fokusnya pada kehidupan dan tujuan Paus Fransiskus dalam hidupnya dan sebagai pemimpin tertinggi umat Katolik.

Film yang diproduksi bersama oleh Swiss-Italia-Prancis-Jerman ini ditayangkan perdana di Festival Film Cannes 2018.Selama film berlangsung, Paus Fransiskus membahas berbagai topik. Pidato langsung Paus Fransiskus diselingi dengan berbagai rekaman dokumenter tentang hidupnya, seperti kunjungan ke penjara dan rumah sakit, pidato, dan lainnya.

7. Beyond the Sun (2017)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: AMBI Group

Beyond The Sun adalah film yang disutradarai oleh Graciela Rodriguez. Sementara itu, pemain yang terlibat di dalamnya adalah Aiden Cumming-Teicher, Emma Duke, Cory Gruter-Andrew, Kyle Breitkopf, dan Sebastian Alexander Chou.

Beyond the Sun adalah kisah modern tentang harapan, iman, dan keberanian yang diangkat dari kisah-kisah dalam Alkitab. Kisah yang membangkitkan semangat ini dimaksudkan untuk melibatkan secara spiritual dan mendorong penonton dari segala usia untuk menjalani kehidupan terbaik mereka, membuat pilihan yang baik, dan membantu orang lain.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)