Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Selasa, 03 September 2024 - 16:41 WIB
loading...
Rekomendasi 9 Film dan...
Ada sembilan film tentang Paus Fransiskus yang banyak berfokus pada pesan dan pertemuannya dengan kaum lemah dan minoritas. Foto/Rai Cinema
A A A
JAKARTA - Paus Fransiskus telah sampai di Indonesia pada Selasa (3/9) siang dan akan melakukan jadwalnya hingga 6 September mendatang. Ini adalah kunjungan pertama Paus Fransiskus ke Indonesia.

Paus Fransiskus adalah Paus Gereja Katolik ke-266. Paus Fransiskus memiliki nama lahir Jorge Mario Bergoglio, lahir pada 17 Desember 1936 di Buenos Aires, Argentina. Saat ini Puas Fransiskus telah berusia 87 tahun.

Paus Fransiskus terpilih pada hari kedua Konklaf Kepausan 2013 pada 13 Maret 2013. Sebelumnya sejak 1998, ia adalah Uskup Agung Buenos Aires, Argentina.



Ia diangkat sebagai Kardinal pada 2001 oleh Paus Yohanes Paulus II. Paus Fransiskus fasih berbicara dalam bahasa Spanyol, Italia, dan Jerman.

Menariknya, Paus Fransiskus adalah imam Yesuit pertama dan orang Amerika Latin keturunan Italia pertama yang terpilih sebagai Paus. Ia juga menjadi Paus non-Eropa pertama dan orang dari Belahan Bumi Selatan pertama sejak Paus Gregorius III dari Suriah wafat pada 741.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah dan sejarah dari pemimpin tertinggi gereja Katolik Roma, berikut ini film biopik maupun dokumenter yang bisa kamu tonton terkait Paus Fransiskus.

9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus


1. In Viaggio: The Travels of Pope Francis (2022)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: Rai Cinema/IMDb

Film dokumenter ini berdurasi kurang lebih 80 menit dan disutradarai oleh Gianfranco Rosi. Film In Viaggio: The Travels of Pope Francis juga menjadi film dokumenter yang diminati, dengan skor di Rotten Tomatoes mencapai rating 77%.

In Viaggio: The Travels of Pope Fransiskus menceritakan tentang sembilan tahun pertama masa kepausannya. Paus Fransiskus melakukan 37 perjalanan mengunjungi 53 negara, dengan fokus pada isu-isu terpentingnya, yaitu kemiskinan, migrasi, lingkungan, solidaritas, dan perang.

Paus Fransiskus mendatangi tempat para pengungsi yang mendarat di Lampedusa. Pada 2021 ia juga ke Timur Tengah. Perjalanan ini sangat mirip dengan rencana perjalanan film-film garapan sutradara Gianfranco Rosi, yaitu Fire At Sea (2016) dan Notturno (2020).

Dalam dua film itu, Rosi mengikuti Jalan Salib Paus. Dia melihat apa yang dia lihat, mendengar apa yang dia katakan, dan menciptakan dialog antara rekaman arsip perjalanan Fransiskus, gambar-gambar yang diambil oleh Rosi, sejarah terkini, dan keadaan dunia saat ini.

2. The Letter: A Message for our Earth (2022)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: YouTube Originals

The Letter: A Message for our Earth adalah film dokumenter dari YouTube Originals, yang menceritakan kisah ensiklik (surat amanat Paus) berjudul Laudato Si' yang dibuat oleh Paus Fransiskus. Film ini berdurasi kurang lebih 90 menit.

Film ini diproduksi oleh Off The Fence Productions yang memenangkan Oscar dan disutradarai oleh Nicolas Brown, bekerja sama dengan Gerakan Laudato Si'. Penayangan perdana globalnya berlangsung di Kota Vatikan pada 4 Oktober 2022.

Film ini sukses mengumpulkan lebih dari tujuh juta penayangan dalam dua minggu pertamanya. Filmnya didukung oleh selebritas seperti Leonardo DiCaprio dan Arnold Schwarzenegger yang mempromosikannya di akun media sosial mereka.

The Letter: A Message for our Earthdibintangi oleh Paus Fransiskus, juga menampilkan para pejuang lingkungan dari seluruh dunia, dari berbagai agama dan pandangan dunia. Masing-masing mewakili suara yang tidak pernah terdengar dalam percakapan tentang krisis planet ini.

Mereka adalah suara dari masyarakat adat, kaum muda, kaum miskin, dan satwa liar. Film ini mengikuti perjalanan mereka dari Amazon, India, Senegal, dan Hawai’i hingga Vatikan.

Mereka bertemu dengan Paus Fransiskus, yang berbagi visinya dalam interaksi manusia yang indah. Mereka menemukan harapan baru bagi Bumi dalam diri satu sama lain.

3. Il pranzo di Francesco (2021)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: Rai Cinema
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3081 seconds (0.1#10.140)