Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Selasa, 03 September 2024 - 16:41 WIB
loading...
Rekomendasi 9 Film dan...
Ada sembilan film tentang Paus Fransiskus yang banyak berfokus pada pesan dan pertemuannya dengan kaum lemah dan minoritas. Foto/Rai Cinema
A A A
JAKARTA - Paus Fransiskus telah sampai di Indonesia pada Selasa (3/9) siang dan akan melakukan jadwalnya hingga 6 September mendatang. Ini adalah kunjungan pertama Paus Fransiskus ke Indonesia.

Paus Fransiskus adalah Paus Gereja Katolik ke-266. Paus Fransiskus memiliki nama lahir Jorge Mario Bergoglio, lahir pada 17 Desember 1936 di Buenos Aires, Argentina. Saat ini Puas Fransiskus telah berusia 87 tahun.

Paus Fransiskus terpilih pada hari kedua Konklaf Kepausan 2013 pada 13 Maret 2013. Sebelumnya sejak 1998, ia adalah Uskup Agung Buenos Aires, Argentina.



Ia diangkat sebagai Kardinal pada 2001 oleh Paus Yohanes Paulus II. Paus Fransiskus fasih berbicara dalam bahasa Spanyol, Italia, dan Jerman.

Menariknya, Paus Fransiskus adalah imam Yesuit pertama dan orang Amerika Latin keturunan Italia pertama yang terpilih sebagai Paus. Ia juga menjadi Paus non-Eropa pertama dan orang dari Belahan Bumi Selatan pertama sejak Paus Gregorius III dari Suriah wafat pada 741.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah dan sejarah dari pemimpin tertinggi gereja Katolik Roma, berikut ini film biopik maupun dokumenter yang bisa kamu tonton terkait Paus Fransiskus.

9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus


1. In Viaggio: The Travels of Pope Francis (2022)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: Rai Cinema/IMDb

Film dokumenter ini berdurasi kurang lebih 80 menit dan disutradarai oleh Gianfranco Rosi. Film In Viaggio: The Travels of Pope Francis juga menjadi film dokumenter yang diminati, dengan skor di Rotten Tomatoes mencapai rating 77%.

In Viaggio: The Travels of Pope Fransiskus menceritakan tentang sembilan tahun pertama masa kepausannya. Paus Fransiskus melakukan 37 perjalanan mengunjungi 53 negara, dengan fokus pada isu-isu terpentingnya, yaitu kemiskinan, migrasi, lingkungan, solidaritas, dan perang.

Paus Fransiskus mendatangi tempat para pengungsi yang mendarat di Lampedusa. Pada 2021 ia juga ke Timur Tengah. Perjalanan ini sangat mirip dengan rencana perjalanan film-film garapan sutradara Gianfranco Rosi, yaitu Fire At Sea (2016) dan Notturno (2020).

Dalam dua film itu, Rosi mengikuti Jalan Salib Paus. Dia melihat apa yang dia lihat, mendengar apa yang dia katakan, dan menciptakan dialog antara rekaman arsip perjalanan Fransiskus, gambar-gambar yang diambil oleh Rosi, sejarah terkini, dan keadaan dunia saat ini.

2. The Letter: A Message for our Earth (2022)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: YouTube Originals

The Letter: A Message for our Earth adalah film dokumenter dari YouTube Originals, yang menceritakan kisah ensiklik (surat amanat Paus) berjudul Laudato Si' yang dibuat oleh Paus Fransiskus. Film ini berdurasi kurang lebih 90 menit.

Film ini diproduksi oleh Off The Fence Productions yang memenangkan Oscar dan disutradarai oleh Nicolas Brown, bekerja sama dengan Gerakan Laudato Si'. Penayangan perdana globalnya berlangsung di Kota Vatikan pada 4 Oktober 2022.

Film ini sukses mengumpulkan lebih dari tujuh juta penayangan dalam dua minggu pertamanya. Filmnya didukung oleh selebritas seperti Leonardo DiCaprio dan Arnold Schwarzenegger yang mempromosikannya di akun media sosial mereka.

The Letter: A Message for our Earthdibintangi oleh Paus Fransiskus, juga menampilkan para pejuang lingkungan dari seluruh dunia, dari berbagai agama dan pandangan dunia. Masing-masing mewakili suara yang tidak pernah terdengar dalam percakapan tentang krisis planet ini.

Mereka adalah suara dari masyarakat adat, kaum muda, kaum miskin, dan satwa liar. Film ini mengikuti perjalanan mereka dari Amazon, India, Senegal, dan Hawai’i hingga Vatikan.

Mereka bertemu dengan Paus Fransiskus, yang berbagi visinya dalam interaksi manusia yang indah. Mereka menemukan harapan baru bagi Bumi dalam diri satu sama lain.

3. Il pranzo di Francesco (2021)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: Rai Cinema

Film dokumenter ini berdurasi kurang lebih 52 menit. Kisahnya tentang kehidupan orang-orang miskin dengan Paus Fransiskus yang datang dan berbagi makanan dengan mereka.

Mereka yang didatangi Paus Fransiskus menyambut sekaligus berbincang dengannya. Paus Fransiskus mendengarkan cerita mereka, menghibur mereka, dan menceritakan makna kepausannya.

Filmnya membawa pesan bahwa Paus Fransiskus mewakili Gereja bagi orang miskin, bersama dengan yang paling lemah, para migran, orang sakit, dan yang 'terbuang'.

4. Francesco (2020)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: Afineevsky/Tolmor Production

Francesco adalah film dokumenter Amerika Serikat tahun 2020 yang disutradarai dan diproduksi oleh Evgeny Afineevsky. Film ini menggambarkan kehidupan dan ajaran Paus Fransiskus.

Filmnya ditayangkan perdana di Festival Film Roma pada 21 Oktober 2020. Film ini dirilis di Amerika Serikat melalui sinema virtual pada 26 Maret 2021 oleh Abramorama, sebelum ditayangkan di Discovery+ pada 28 Maret 2021.

Film Francescomengisahkan tentang kehidupan dan ajaran Paus Fransiskus. Film ini berisi banyak wawancara dengan Fransiskus, beberapa anggota keluarganya, Benediktus XVI, dan orang-orang lainnya.

Film ini berpusat pada isu-isu kontemporer, dan peran Gereja Katolik dalam mencari mereka yang menderita ketidakadilan. Film ini juga berfokus pada orang-orang yang tersentuh secara sentimental oleh Paus Fransiskus, seperti komunitas Rohingya yang terusir di Myanmar, yang anggotanya ditemui Fransiskus di Bangladesh pada 2017.

Selanjutnya, 12 pengungsi Muslim yang dibawa Paus ke Italia pada akhir kunjungannya ke kamp pengungsi di pulau Lesbos, Yunani, pada 2016. Ada juga korban pelecehan oleh pendeta yang awalnya membuat Fransiskus marah selama kunjungannya tahun 2018 ke Chili

5. The Two Popes (2019)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: Netflix

The Two Popes adalah film drama biografi (biopik) yang disutradarai oleh Fernando Meirelles dan ditulis oleh Anthony McCarten. Kisahnya diadaptasi dari drama McCarten The Pope yang ditayangkan perdana di Royal & Derngate Theatre pada 2019.

Film yang tayang di Netflix ini sebagian besar berlatar di Kota Vatikan setelah skandal kebocoran Vatikan. Film ini mengikuti Paus Benediktus XVI (diperankan oleh Anthony Hopkins), saat ia mencoba meyakinkan Jorge Mario Kardinal Bergoglio (diperankan oleh Jonathan Pryce) alias Fransiskus sebelum diangkat menjadi Paus.

Pertemuan mereka adalah bagian dari usaha Paus Benediktus XVI untuk meminta Fransiskus mempertimbangkan kembali keinginannya untuk mengundurkan diri sebagai Uskup Agung.

Penampilan Pryce dan Hopkins, serta skenario McCarten, mendapat pujian tinggi dari para kritikus. Ketiganya masuk sebagai nomine di Academy Awards, Golden Globes, dan British Academy Film Awards.

6. Pope Francis: A Man of His Word (2018)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: Universal Pictures

Pope Francis: A Man of His Word adalah film dokumenter yang diproduksi, ditulis bersama, dan disutradarai oleh Wim Wenders. Fokusnya pada kehidupan dan tujuan Paus Fransiskus dalam hidupnya dan sebagai pemimpin tertinggi umat Katolik.

Film yang diproduksi bersama oleh Swiss-Italia-Prancis-Jerman ini ditayangkan perdana di Festival Film Cannes 2018.Selama film berlangsung, Paus Fransiskus membahas berbagai topik. Pidato langsung Paus Fransiskus diselingi dengan berbagai rekaman dokumenter tentang hidupnya, seperti kunjungan ke penjara dan rumah sakit, pidato, dan lainnya.

7. Beyond the Sun (2017)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: AMBI Group

Beyond The Sun adalah film yang disutradarai oleh Graciela Rodriguez. Sementara itu, pemain yang terlibat di dalamnya adalah Aiden Cumming-Teicher, Emma Duke, Cory Gruter-Andrew, Kyle Breitkopf, dan Sebastian Alexander Chou.

Beyond the Sun adalah kisah modern tentang harapan, iman, dan keberanian yang diangkat dari kisah-kisah dalam Alkitab. Kisah yang membangkitkan semangat ini dimaksudkan untuk melibatkan secara spiritual dan mendorong penonton dari segala usia untuk menjalani kehidupan terbaik mereka, membuat pilihan yang baik, dan membantu orang lain.

Di sini juga tampil Paus Fransiskus. Film bergenre petualangan dan keluarga ini menempatkan Paus Fransiskus sebagai sosok yang banyak berkomunikasi dengan orang-orang untuk menyampaikan pesan Yesus.

Menariknya, dalam film ini Paus Fransiskus rela mengambil peran yang nantinya semua keuntungan dari penghasilan film akan ia sumbangkan ke dua badan amal Argentina yaitu El Almendro dan Los Hogares de Cristo. Ini adalah lembaga sosial untuk melindungi anak-anak dan remaja yang membutuhkan bantuan.

8. Pope Francis, Cuba And Fidel: A Historical Visit (2016)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto:GME Produzioni/IMDb

Selanjutnya adalah film dokumenter yang berjudul Pope Francis, Cuba and Fidel. Filmnya menceritakan tentang kunjungan Paus Fransiskus ke Kuba pada 2015.

Filmnya terinspirasi oleh pembukaan kembali dialog antara Amerika Serikat dan Kuba setelah lebih dari setengah abad. Dokumenter ini ditulis dan disutradarai oleh Gianni Minà, dan juga dibintangi oleh Jaime Lucas Ortega y Alamino, Giovanni Angelo Becciu, dan Frei Betto.


9. Francis: The Pope From The New World (2016)

Rekomendasi 9 Film dan Dokumenter tentang Paus Fransiskus

Foto: Knights of Columbus/IMDb

Francis: The Pope From The New World disutradarai oleh Knights of Columbus, David Naglieri, dan Michèle Nuzzo. Film dokumenter ini berdurasi sekitar 52 menit.

Filmnya mengisahkan tentang awal diangkatnya Jorge Mario Bergoglio sebagai Paus Fransiskus pada 13 Maret 2013. Ia adalah Paus pertama dari Benua Amerika, Jesuit pertama, dan orang pertama yang memakai nama Fransiskus.

Dalam hitungan hari, ia telah merebut hati dunia melalui sikap rendah hati dan kepeduliannya terhadap orang kebanyakan. Namun, ia tetap tidak dikenal luas.

Francis: The Pope From the New World mengungkap kepribadian, semangat, dan iman yang luar biasa dari Paus yang baru. Difilmkan di Buenos Aires, filmnya menampilkan wawancara dengan teman dekat, kolaborator, dan penulis biografi resminya.

Itulah sembilan film dan dokumenter Paus Fransiskus. Semoga bisa memberikan inspirasi bagimu dalam meneladani kebaikan Paus Fransiskus.

MG/Priscilla Waworuntu
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3947 seconds (0.1#10.140)