The Last Airbender dan 4 Temperamen Manusia

Jum'at, 01 Mei 2020 - 20:01 WIB
loading...
The Last Airbender dan 4 Temperamen Manusia
Manusia punya empat temperamen yang membedakan kepribadian mereka. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Masih ingat dengan film "The Last Airbender"? Walau sudah hampir 10 tahun berlalu, film ini masih menyisakan kesan yang mendalam bagi penggemar film bergenre fantasi.

Film yang dibintangi oleh Noah Ringer dan disutradarai oleh M. Night Shyamalan ini menceritakan tentang perjuangan seorang avatar bernama Aang untuk bisa mengendalikan empat elemen kekuatan; yaitu air, api, tanah, dan udara. Tujuannya untuk membebaskan dunia dari cengkeraman negara api sekaligus menciptakan perdamaian.

Tapi, apa jadinya kalau empat elemen yang harus dikuasai oleh Aang ternyata juga ada dalam diri manusia dan harus bisa dikendalikan?

Dikutip dari buku "Barefoot Guide to Working with Organisations and Social Change” (2009) karya tim The Barefoot Connection, model klasifikasi temperamen manusia sudah ada sejak zaman peradaban Mesopotamia kuno di Mesir dan dianggap resmi pada tahun 400 SM.

Model ini bahkan berkembang hingga sekarang yang dikenal dengan empat tipe temperamen kepribadian manusia yang biasa disebut dengan Sanguin, Kolerik, Melankonik, dan Flegmatik.

Nah, empat kepribadian ini juga sering digambarkan sebagai elemen api, udara, tanah, dan air dalam diri manusia.

Kira-kira kamu tipe temperamen yang mana nih? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. TIPE API ATAU KOLERIK

The Last Airbender dan 4 Temperamen Manusia

Foto: pxhere.com

Orang yang punya temperamen api biasanya dikenal sebagai si ambisius. Mereka adalah orang yang bersemangat dan berorientasi pada hasil. Kalau kamu merasa punya elemen dominan api, cobalah untuk lebih banyak mendengarkan dan hargailah perbedaan yang ada di sekeliling kamu.

Sementara buat kamu yang bekerja dengan orang bertipe api, cobalah bersikap jelas dan beragumen dengan fakta dan detail. Jangan cepat mengeluh dan cobalah untuk menyelesaikan suatu masalah bersama. Dengan begitu kalian bisa mengombinasikan hasil kerja dengan optimal.

2. TIPE UDARA ATAU SANGUIN

The Last Airbender dan 4 Temperamen Manusia

Foto: pxhere.com

Orang dengan kepribadian ini cenderung dikenal sebagai pribadi yang periang, banyak bicara, dan umumnya sering menciptakan suasana yang positif dalam suatu kelompok. Buat kamu yang merasa punya elemen ini, harus lebih berhati-hati dalam bekerja dan harus mengikuti aturan secara komprehensif.

Sedangkan bagi kamu yang bekerja dengan orang tipe ini dianjurkan untuk sejak awal menetapkan tenggat waktu dan konsekuensi dengan mereka. Tujuannya supaya dia bisa bekerja dengan lebih terarah, tapi gak terlalu memaksa.

3. TIPE TANAH ATAU MELANKOLIS

The Last Airbender dan 4 Temperamen Manusia

Foto: Pixabay

Umumnya, tipe tanah adalah orang yang peka dan menghargai orang lain. Mereka memikirkan sesuatu secara mendalam yang terkadang dapat menyiksa dan membuat diri mereka tertekan. Bagi kamu yang merasa sebagai tipe tanah, kalian perlu memaafkan diri kalian dengan mudah. Jangan terlalu meratapi keadaan yang tidak diinginkan dengan menyalahkan diri sendiri secara mendalam. Kuncinya adalah perbaiki dan jangan diulangi.

Buat kamu yang bekerja dengan tipe ini, kamu lebih baik jujur terhadap hal-hal yang mungkin kamu gak suka, dibanding membicarakannya di belakang tipe tanah, dan malah menciptakan rasa curiga di antara kalian.

4. TIPE AIR ATAU FLEGMATIK
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4539 seconds (0.1#10.140)