7 Misteri yang Tidak Terjawab sampai Akhir Attack on Titan

Minggu, 12 November 2023 - 21:25 WIB
loading...
7 Misteri yang Tidak Terjawab sampai Akhir Attack on Titan
Attack on Titan telah menguraikan banyak misteri di sepanjang serial itu. Tapi, hingga finale, masih ada pertanyaaan yang tidak terjawab terkait misteri itu. (Foto: Forbes)
A A A
Attack on Titan telah menguraikan banyak misterinya di sepanjang serial itu, seperti isi rubanah rumah Eren, sifat asli Titan, dan realitas kehidupan di balik tembok. Tapi, misteri yang membuat penasaran penggemar hanya menimbulkan pertanyaan lagi ketika terungkap. Sementara masih banyak pertanyaan yang tidak terjawab hingga akhir serial tersebut.

Finale biasanya memberikan konklusi menyeluruh terhadap ceritanya. Tapi, ini tidak terjadi pada Attack on Titan. Masih banyak pertanyaan tersisa yang mungkin tidak akan terjawab setelah anime itu benar-benar tamat. Misteri ini sepertinya akan menjadi bahan perdebatan para penggemar.

Sebagian besar misteri yang tidak terjawab itu adalah latar belakang cerita di serial ini. Topik-topik ini menarik untuk dibahas tapi sama sekali tidak disinggung di sepanjang atau finale serial tersebut. Padahal, episode terakhirnya menguraikan banyak bahasan yang tidak tereksplorasi dengan baik di manga. Apa saja misteri yang tidak terjawab di akhir Attack on Titan? Simak ulasannya berikut!



7. Pendamping Mikasa

7 Misteri yang Tidak Terjawab sampai Akhir Attack on Titan

Foto: Looper

Salah satu pertanyaan terbesar dari epilog Attack on Titan adalah kehidupan Mikasa setelah kematian Eren. Banyak yang berspekulasi kalau Mikasa akhirnya menikahi Jean Kirstein dan memulai keluarga bersamanya. Ini berdasarkan penampakan sosok mirip yang menemaninya dan anaknya saat mengunjungi makam Eren.

Ini masuk akal karena Jean memang naksir Mikasa. Tapi, kreator serial ini, Hajime Isayama, tidak mengonfirmasi teori ini. Terlebih, ada orang lain yang bisa menjadi pendampingnya, Armin, misalnya. Fakta kalau dia dikuburkan bersama Eren, di bawah pohon yang sama, membuat semuanya jadi lebih membingungkan.

6. Sejarah Asli Kerajaan Eldia

7 Misteri yang Tidak Terjawab sampai Akhir Attack on Titan

Foto: Attack on Titan Wiki – Fandom

Salah satu alasan di balik kebencian dunia terhadap Paradis melibatkan kejahatan masa lalu kekaisaran Eldia, ketika masih menjadi kekuatan politik dan militer dominan. Disebutkan, Eldia menjaring Kekutan Titan sebagai senjata pemusnah masal untuk menyerang dan menaklukkan negara musuhnya, yang membinasakan banyak budaya. Ada klaim kalau kekaisaran Eldia membinasakan manusia yang sama seperti tiga kali jumlah populasi global pada 854. Dengan ketakutan Karl Fritz terhadap kejahatan masa lalu leluhurnya, pasti ada kebenaran pada klaim tersebut.

Tapi, dengan mempertimbangkan intensitas propaganda Marley, validitas klaim ini bisa dipertanyakan. Kaum Restorasionis Eldia juga membantah klaim tersebut. Kesaksian palsu Perang Besar Titan meningkatkan keraguan ini. Sayangnya, finale itu tidak menyebutkan apa pun terkait topik ini.

5. Dunia sebelum Munculnya Titan

7 Misteri yang Tidak Terjawab sampai Akhir Attack on Titan

Foto: Destructoid

Sementara banyak tentang Titan dan dunia di luar tembok telah terungkap, tidak banyak yang diketahui tentang dunia sebelum munculnya Titan. Ketika pertanyaan ini kali pertama mengemuka, ada asumsi kalau penampakan Titan memicu manusia bersembunyi di balik tembok. Tapi, akhir season 3 menyingkirkan asumsi ini.

Sementara disebutkan kalau Titan sudah eksis selama ratusan tahun, masih banyak misteri tentang dunia pra-Titan. Misteri ini mengindikasikan kalau Attack on Titan terjadi di bumi pasca-apokalips. Indikasi ini termasuk sejumlah referensi terhadap mitos dunia nyata dan legenda beserta peta dunia di luar tembok yang mirip seperti bumi.

4. Asal Usul Klan Ackerman

7 Misteri yang Tidak Terjawab sampai Akhir Attack on Titan

Foto: YouTube

Levi dan Mikasa adalah dua karakter penggebrak serial itu. Mereka membawa keluarga Ackerman menjadi sorotan. Di sepanjang serial ini, banyak pertanyaan terkait kemampuan perang mengesankan klan Ackerman dan juga sifat “Kebangkitan” yang mereka alami.

Di season final Attack on Titan, Eren menjelaskan apa yang dia pelajari dari Zeke. Kemampuan keluarga Ackerman adalah hasil Sains Titan, di mana mereka bisa memanifestasikan Kekuatan Titan dalam bentuk manusia dan mendapatkan pengalaman tarung dari leluhur mereka lewat Path. Tapi, maisih banyak pertanyaan yang tidak terjawab seperti bagaimana mereka mendapakan kemampuan itu atau mengapa mereka tidak bisa berubah menjadi Titan meski merupakan keturunan Eldia dan mengapa mereka kebal dari kekuatan Koordinasi.

3. Dunia Path

7 Misteri yang Tidak Terjawab sampai Akhir Attack on Titan

Foto: SportsKeeda

Baru eksis setelah kematian Ymir Fritz, dunia Path adalah tempat ekstradimensi, di mana waktu berlalu secara berbeda. Tempat itu adalah rumah Koordinasi, yang mewujudkan titik di mana Path itu menkaitkan semua Subyek Ymir lewat kekuatan Founding Titan. Secara fisik, ini bermanifestasi sebagai tiang cahaya besar yang mirip pohon bercabang, di mana Founding Titan bisa menerapkan banyak kemampuannya.

Dunia Path sangat penting di busur terakhir cerita ini. Eren memulai Rumbling dengan berbicara kepada Ymir Fritz, yang telah terjebak di sana selama hampir 2.000 tahun. Selain itu, Armin bisa meminta para pengubah Titan di masa lalu dan mengubah gelombang Perang Surga dan Neraka. Meski penting, sifat tempat itu, serta koneksinya dengan Titan dan sumber segala materi hidup, tidak dieksplorasi secara detail.

2. Asal Usul Lipan Bersinar

7 Misteri yang Tidak Terjawab sampai Akhir Attack on Titan

Foto: Den of Geek
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)