10 Film Perang Dunia Paling Laris Sepanjang Sejarah

Senin, 06 November 2023 - 19:19 WIB
loading...
A A A

6. Pearl Harbor — 2001

10 Film Perang Dunia Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: The Spokesman-Review

Sutradara: Michael Bay
Pemeran: Ben Affleck, Kate Beckinsale, Josh Hartnett, Cuba Gooding Jr., Tom Sizemore, Jon Voight, Colm Feore, Alec Baldwin
Tayang: –

Pearl Harbor dikritik karena ketidakuratannya dalam menampilkan cerita Perang Dunia II itu. Film ini lebih menonjolkan kisah cinta yang terjadi pada karakter fiktifnya yang juga berperan sebagai pahlawan di sini. Pearl Harbor awalnya diklaim mirip Titanic, tapi, pada kenyataannya sangat berbeda karena Titanic lebih akurat. Meski begitu, Pearl Harbor mampu meraup USD449,2 juta di box office.

Pearl Harbor berkisah tentang dua orang sahabat, Rafe McCawley dan Danny Walker. Keduanya sama-sama ikut Perang Dunia II sebagai pilot. Rafe sangat ingin ikut serta dalam perang itu sehingga dia maju berperang di Eropa bersama Angkatan Udara Inggris. Di kampung halamannya, pacar Rafe, Evelyn, menemukan kenyamanan pada diri Danny. Ketiganya kemudian bertemu lagi di Hawaii sebelum Jepang menyerang Pearl Harbor.

5. Saving Private Ryan — 1998

10 Film Perang Dunia Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: IMDb

Sutradara: Steven Spielberg
Pemeran: Tom Hanks, Matt Damon, Edward Burns, Tom Sizemore, Barry Pepper, Giovanni Ribisi, Vin Diesel, Adam Goldberg, Jeremy Davies
Tayang: HBO Go

Saving Private Ryan pasti menjadi film pertama yang terlintas di benak ketika terkait film tentang perang. Film legendaris ini selalu direkomendasikan untuk ditonton mereka yang mencari tontonan film perang yang bagus. Di box office, film ini meraup USD482,3 juta,

Saving Private Ryan berkisah tentang Kapten John Miller dan pasukannya. Mereka diberi misi untuk menemukan seorang tentara bernama James Ryan yang tiga saudaranya tewas dalam perang. Misi itu tidak mudah karena John dan anak buahnya harus menerjang realita perang yang brutal. Sementara mencari James, masing-masing prajurit yang dikirim itu mengalami perjalanan pribadi dan menemukan kekuatan mereka sendiri untuk memenangkan masa depan yang tidak pasti.

4. The King's Speech — 2010

10 Film Perang Dunia Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: Alternate Ending

Sutradara: Tom Hooper
Pemeran: Colin Firth, Geoffrey Rush, Helena Bonham Carter
Tayang: –

The King’s Speech tidak punya aksi di medan laga yang berdarah-darah. Film ini lebih menonjolkan drama di balik perang itu. Meski begitu, film ini sangat emosional dan menyentuh. Orang-orang yang punya masalah yang sama dengan karakter utama film ini pasti merasa relate. Di box office, film ini meraup USD484 juta.

The King’s Speech berkisah tentang Pangeran Albert dari Inggris yang harus menerima takhta sebagai Raja George IV, tapi dia punya masalah wicara. Tahu kalau negaranya butuh suaminya bisa berkomunikasi dengan efektif, Elizabeth mempekerjakan Lionel Logue, seorang aktor Australia dan terapis wicara, untuk membantunya mengatasi gagap. Logue menggunakan cara tidak konvensional untuk mengajari sang raja bagaimana cara berbicara dengan penuh rasa percaya diri sehingga Albert pun bisa memberikan pidato tentang deklarasi perang melawan Jerman dengan penuh keyakinan pada 1939.

3. Dunkirk — 2017

10 Film Perang Dunia Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: Vanity Fair

Sutradara: Christopher Nolan
Pemeran: Fionn Whitehead, Kenneth Branagh, Tom Glynn-Carney, Jack Lowden, Harry Styles, James D’Arcy, Barry Keoghan, Cillian Murphy, Mark Rylance, Tom Hardy
Tayang: HBO Go

Dunkirk menjadi film perang pertama karya Christopher Nolan. Film ini juga memberinya nominasi Oscar pertama untuk kategori Sutradara Terbaik. Dunkirk memberikan pengalaman menonton film perang yang dibangun secara ketat dan mendalam dengan editing fenomenal. Dibuat dengan anggaran USD100 juta, film ini berhasil meraup USD527,8 juta di box office.

Pada Mei 1940, Jerman menyeruak masuk ke Prancis, yang mengakibatkan tentara Sekutu terjebak di pantai-pantai Dunkirk. Di bawah perlindungan udara dan darat dari pasukan Inggris dan Prancis, para tentara itu secara perlahan dan metodis dievakuasi dari pantai dengan menggunakan setiap kapal angkatan laut dan sipil yang bisa dipakai. Pada akhir misi heroik ini, 330.000 tentara Prancis, Inggris, Belgia, dan Belanda berhasil dievakuasi.

2. Wonder Woman — 2014

10 Film Perang Dunia Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: IMDb

Sutradara: Patty Jenkins
Pemeran: Gal Gadot, Chris Pine, Robin Wright, Danny Huston, David Thewlis, Connie Nielsen, Elena Anaya
Tayang: HBO Go

Wonder Woman berlatar Perang Dunia I, tepatnya pada 1918, dengan penambahan elemen supranatural di dalamnya. Film ini tak hanya menampilkan drama perang, tapi juga kisah cinta di dalamnya. Wonder Woman meraup USD822,9 juta di box office dan menjadi salah satu film superhero DCEU dengan pendapatan tertinggi.

Wonder Woman berkisah tentang Diana, seorang putri Amazon, yang dilatih untuk menjadi prajurit yang tidak bisa dikalahkan. Suatu hari, Diana menyelamatkan seorang pilot Amerika bernama Steve Trevor yang pesawatnya jatuh di Themysciran. Steve memberitahu Diana tentang konflik besar yang terjadi di dunia luar sana. Yakin bisa menghentikan konflik itu, Diana lalu pergi berjuang bersama para prajurit manusia untuk mengakhiri semua perang. Dalam prosesnya, dia menemukan kekuatan dan takdir sejatinya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)