10 Film Perang Dunia Paling Laris Sepanjang Sejarah

Senin, 06 November 2023 - 19:19 WIB
loading...
10 Film Perang Dunia Paling Laris Sepanjang Sejarah
Film Perang Dunia sering kali masuk kelas medioker yang tidak terlalu menarik orang menontonnya. Tapi, sejumlah film membuktikan bisa berjaya di box office. (Foto: Polygon)
A A A
Film Perang Dunia , baik I dan II, identik dengan kisah nyata. Faktanya, memang banyak film perang yang didasarkan pada cerita yang memang pernah terjadi dan diberi bumbu tambahan agar terlihat dramatis. Film perang menawarkan tontonan emosional sekaligus menegangkan.

Sayangnya, film perang terasa underrated dan tidak terlalu menonjol. Ceritanya yang sering berulang dengan cerita yang terlalu dibesar-besarkan dan tidak seakurat kisah aslinya membuat penonton enggan menonton film seperti ini. Belum lagi, film perang dikenal tak segan menumpahkan darahnya kapan pun.

Tak heran kalau pendapatan film perang ini tergolong biasa-biasa saja. Tapi, tren film perang sebagai medioker bisa jadi mulai terkikis dengan penampilan sejumlah film yang meraup keuntungan besar di box office, seperti ditunjukkan data Box Office Mojo. Ada film perang yang tidak menampilkan adegan perang menjadi gebrakan tahun ini. Apa saja film perang dunia paling laris sepanjang masa? Simak daftarnya berikut!



10. Inglourious Basterds — 2009

10 Film Perang Dunia Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: Salon.com

Sutradara: Quentin Tarantino
Pemeran: Brad Pitt, Christoph Waltz, Michael Fassbender, Eli Roth, Diane Kruger, Daniel Bruhl, Til Schweiger, Mélanie Laurent
Tayang: HBO Go

Inglourious Basterds berlatar Perang Dunia II dan menjadi usaha Quentin Tarantino untuk masuk genre perang. Meski cerita dan karakernya tidak seluruhnya berbasis pada peristiwa nyata, ada unit militer betulan seperti X-Troop dan rekanannya di Amerika. Unit-unit ini terdiri atas tentara yang berfokus mengumpulkan intelijen dan menyusupi operasi Nazi. Film ini meraup USD321,4 juta di box office.

Pada tahun pertama pendudukan Jerman atas Prancis, perwira Sekutu, Letnan Aldo Raine, membentuk tim tentara Yahudi untuk melakukan aksi balas dendam terhadap Nazi, termasuk mengambil kulit kepala mereka. Dia dan pasukannya lalu bergabung dengan Bridget von Hammersmark, seorang akatir dan agen penyamaran Jerman, untuk menundukkan Reich Ketiga. Nasib mempertemukan mereka dengan pemilik teater, Shosanna Dreyfus, yang ingin membalas dendam atas eksekusi keluarganya yang dilakukan Nazi.

9. Schindler's List — 1993

10 Film Perang Dunia Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: IMDb

Sutradara: Steven Spielberg
Pemeran: Liam Neeson, Ben Kingsley, Ralph Fiennes, Caroline Goodall, Jonathan Sagall
Tayang: –

Schindler’s List adalah salah satu film Perang Dunia II paling legendaris. Karakter utama film ini bukanlah tentara, tapi pengusaha. Film ini berfokus pada perjuangan pengusaha itu untuk melawan Nazi dengan cara paling halus yang dia bisa, sementara menyelamatkan diri dari penindasan organisasi tersebut. Di box office, film ini meraup USD322 juta.

Di film ini, Oskar Schindler tiba di Krakow pada 1939. Dia siap untuk mengeruk keuntungan dari Perang Dunia II, yang baru saja dimulai. Setelah bergabung dengan Nazi demi alasan politis, dia mempekerjakan orang-orang Yahudi di pabriknya demi alasan pragmatis. Ketika SS mulai membinasakan Yahudi di kawasan permukiman kumuh Krakow, Schindler mengatur pekerjanya agar terlindungi demi operasi pabriknya. Tapi, dia segera sadar kalau melakukannya juga berarti menyelamatkan nyawa.

8. Captain America: The First Avenger — 2011

10 Film Perang Dunia Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: Yardbarker

Sutradara: Joe Johnston
Pemeran: Chris Evans, Hayley Atwell, Stanley Tucci, Tommy Lee Jones, Hugo Weaving, Sebastian Stan, Dominic Cooper
Tayang: Disney+ Hotstar

Captain America: The First Avenger menyentuh tema Perang Dunia II sebagai latar ceritanya. Film superhero ini menampilkan atmosfir perang yang kuat dengan penerjunan pasukan Amerika di Jerman dan juga kemunculan Hydra yang didukung Nazi. Namun, sebagai film superhero, film ini mendapatkan tambahan elemen berupa teknologi dan kekuatan super. Captain America: The First Avenger meraup USD370,5 juta di box office dan menjadi film Captain America dengan pendapatan terendah.

Pada 1941, dunia masih dalam kondisi perang. Steve Rogers ingin mengabdi kepada negaranya dan bergabung dengan Angkatan Darat AS. Tapi, militer menolaknya karena perawakannya yang kecil. Akhirnya, Steve mendapatkan peluangnya ketika diterima ke program eksperimental yang mengubahnya menjadi tentara super bernama Captain America. Bersama sahabatnya, Bucky Barnes, dan Peggy Carter, Captain America memimpin pertarungan melawan Hydra yang didukung Nazi.

7. 1917 — 2019

10 Film Perang Dunia Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: NPR

Sutradara: Sam Mendes
Pemeran: George MacKay, Dean-Charles Chapman, Mark Strong, Andrew Scott, Richard Madden, Colin Firth, Benedict Cumberbatch
Tayang:

1917 bukanlah film perang yang diangkat dari kisah nyata. Film ini berdasarkan cerita fiktif dan karakter fiktif yang tidak merepresentasikan sosok asli yang berperang selama Perang Dunia I. Tapi, lini ceritanya diangkat dari cerita nyata dari para veteran Perang Dunia I yang bertugas sebagai pembawa pesan selama perang tersebut. Film ini meraup USD384,5 juta di box office.

1917 berlatar Perang Dunia I. Kala itu, dua orang tentara Inggris, Kopral Muda Schofield dan Kopral Muda Blake, menerima perintah yang terlihat mustahil. Dalam perlombaan melawan waktu, mereka harus melintas ke wilayah musuh untuk menyampaikan pesan yang berpotensi menyelamatkan 1.600 teman-teman mereka, termasuk saudara Blake.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)