10 Film Ini Terlalu Banyak Pakai Green Screen, Didominasi Fantasi

Kamis, 02 November 2023 - 19:34 WIB
loading...
10 Film Ini Terlalu Banyak Pakai Green Screen, Didominasi Fantasi
Penggunaan teknologi green screen di film sudah bukan barang aneh di masa sekarang. Banyak film, terutama fantasi, menggunakan teknologi ini secara keseluruhan. (Foto: Mens Health)
A A A
Penggunaan teknologi green screen di film bisa menjadi subyek yang kontroversial. Sebagian besar penonton paham kalau sejumlah sutradara harus menggunakannya demi mencapai visi mereka. Apalagi, syuting di lokasi itu bisa menjadi sangat mahal.

Tapi, ketika sebuah film menggunakan terlalu banyak green screen, mudah untuk mulai merasakan kalau film itu tidak punya emosi atau hati yang dituangkan ke dalamnya. Penggunaan green screen yang terlalu banyak bisa membuat film itu terasa murahan, tidak berhasrat, dan bahkan malas. Padahal, kini, banyak film beranggaran besar menggunakan green screen.

Misalnya, film superhero. Setiap tahun, orang pergi ke bioskop untuk menonton aksi superhero kesayangan mereka di layar lebar. Film superhero biasanya dibuat dengan anggaran USD200 juta—tanpa biaya marketing, jadi lumrah bagi studio untuk menghemat uang untuk efek khusus dengan green screen. Itu bisa menyebabkan berlebihan, yang membuat penonton kecewa karena filmnya terasa tidak berjiwa. Apa saja film yang hampir semuanya dibuat dengan green screen? Mengutip MovieWeb, simak ulasannya berikut!



10. Life of Pi — 2012

10 Film Ini Terlalu Banyak Pakai Green Screen, Didominasi Fantasi

Foto: Little White Lies

Sutradara: Ang Lee
Pemeran: Irrfan Khan, Suraj Sharma, Gérard Depardieu, Rafe Spall, Tabu, Adil Hussain

Life of Pi berkisah tentang seorang bocah yang terdampar di sebuah kapal yang terapung-apung di lautan bersama seekor harimau. Syuting dengan harimau sungguhan tentu saja terlalu berbahaya, jadi film itu menggunakan banyak teknologi green screen untuk mendapatkan efeknya. Tidak hanya green screen, harimaunya juga merupakan harimau CGI.

Sebagus apa pun penampakan harimau itu, sejumlah penggemar merasa harimau itu terlihat selalu nyata, hampir tidak sempurna. Life of Pi memenangkan sejumlah Piala Oscar, tapi penggunaan green screen berlebihan itu punya konsekuensi. Studio VFX Rhythm & Hues melakukan efek pada film itu. Tapi, pada 2013, mereka bangkrut karena semua waktu lembur yang mereka pakai untuk membuat adegan green screen itu terlihat bagus.

9. Thor: Love & Thunder — 2022

10 Film Ini Terlalu Banyak Pakai Green Screen, Didominasi Fantasi

Foto: Syfy

Sutradara: Taika Waititi
Pemeran: Taika Waititi, Christian Bale, Natalie Portman, Tessa Thompson, Chris Hemsworth, Chris Pratt2, Karen Gillan, Russell Crowe

Ada dokumenter tentang pembuatan Thor: Love & Thunder di Disney+. Dokumenter itu memperlihatkan banyaknya efek yang digunakan di film, yang secara spesifik menyoroti teknologi baru yang mengubah seluruh soundstage menjadi green screen 360 derajat. Ini membuat sutradara Taika Waititi untuk meminta lokasi, efek khusus, atau setting apa pun yang dia mau.

Di Love & Thunder, dua adegan terlihat menonjol karena hampir semuanya dibuat dengan green screen. Yang pertama adalah adegan pembuka di mana Gorr membunuh Rapu. Yang kedua, adegan ketika Thor dan Jane pergi melintasi galaksi naik kapal. Dengan banyaknya teknologi green screen yang dipakai, bahkan Chris Hemsworth merasa Love & Thunder terlalu konyol.

8. Avatar: The Way of Water — 2022

10 Film Ini Terlalu Banyak Pakai Green Screen, Didominasi Fantasi

Foto: The Hollywood Reporter

Pemeran: James Cameron
Sutradara: Zoe Saldana, Sam Worthington, Sigourney Weaver, Stephen Lang, Cliff Curtis, Joel David Moore, Kate Winslet

Avatar: The Way of Water adalah pencapaian teknologi dalam pembuatan film. James Cameron dikenal karena mendorong batasan dan sekuel Avatar ini meningkatkan apa pun dari film pertamanya, seperti efek khusus, adegan aksi, desain produksi, dan lain-lain. Dengan visi glamor dan anggaran besar, hampir mustahil bagi James untuk tidak menggunakan green screen sebanyak mungkin.

Film itu menggunakan kamera 3D yang dibuat secara custom untuk syuting teknologi motion capture dengan green screen. Tim desain set James juga membangun tank buatan untuk syuting adegan air dengan green screen yang memang banyak. Hasilnya, film ini tampil dengan warna yang menarik dan pemandangan yang menakjubkan.

7. Jungle Cruise — 2021

10 Film Ini Terlalu Banyak Pakai Green Screen, Didominasi Fantasi

Foto: Entertainment Tonight

Sutradara: Jaume Collet-Serra
Pemeran: Dwayne Johnson, Emily Blunt, Jesse Plemons, Paul Giamatti, Edgar Ramirez, Jack Whitehall

Jungle Cruise diangkat dari wahana populer dengan nama di Disneyland. Film ini menggunakan banyak green screen dan CGI yang dipertanyakan untuk menghidupkan berbagai makhluk di sana. Gajah, harimau, monyet, dan lain sebagainya pun berhasil tampil di film ini.

Hampir semua hewan di Jungle Cruise adalah buatan CGI. Sementara, para pemerannya menghabiskan waktu berjam-jam di lokasi green screen untuk menciptakan ilusi berlayar melintasi sungai Amazon dengan kapal tua. Setidaknya, wahana itu masih ada di Disneyland kalau ada yang ingin mencoba sensasinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)