Apakah Anti-Villain di Anime dan Siapa Saja Karakternya?

Jum'at, 03 November 2023 - 17:49 WIB
loading...
Apakah Anti-Villain di Anime dan Siapa Saja Karakternya?
Pada dasarnya, anti-villain adalah karakter jahat dengan tujuan yang sebenarnya baik. Di anime, karakter seperti ini biasanya muncul sebagai penjahat utamanya. (Foto: CBR)
A A A
Anime punya banyak tipe karakter yang selalu menarik untuk digali. Protagonis atau karakter utama anime biasanya adalah seorang hero atau pahlawan. Namun, ada juga anime yang karakter utamanya adalah seorang penjahat yang kemudian disebut sebagai antihero.

Antihero adalah karakter utama yang tidak punya kualitas pahlawan konvensional. Mereka tidak punya moral, keberanian yang kuat, atau mau mengorbankan diri seperti pahlawan sejati. Antihero yang dikenal di anime seperti Lelouch Lamperouge (Code Geass), Eren Jaeger (Attack on Titan), Guts (Berserk), Hei (Darker than Black), dan lain-lain.

Di sisi lain, para penjahatnya pun tidak melulu merupakan villain murni. Ada sebagian yang malah menjadi anti-villain. Anti-villain adalah karakter yang punya kepribadian atau tujuan heroik tapi menjadi orang jahat di ceritanya. Pada dasarnya, para anti-villain ini adalah penjahat yang mereka punya tujuan baik. Tapi, cara mereka sering kali terbilang kejam dan tak bermoral. Siapa saja karakter anti-villain di anime? Simak ulasannya berikut!



10. Satsuki Kiryuin — Kill la Kill

Apakah Anti-Villain di Anime dan Siapa Saja Karakternya?

Foto: WordPress.com

Satsuki Kiryuin awalnya muncul seperti penjahat di Kill la Kill. Tapi, pada akhirnya terungkap kalau rencana utamanya adalah membangun pasukan yang akan berhasil mengalahkan ibunya yang jahat, Ragyo. Wanita itu berencana mengambil alih dunia dan menggunakan manusia sebagai makanan Life Fibers.

Sementara awalnya dia membuat kembarannya, Ryuko, mengalami banyak penderitaan, dia sebenarnya berusaha membuatnya lebih tangguh. Satsuki terlihat menyesali perbuatannya yang sudah terlalu jauh. Pada akhirnya, begitu semua terungkap, Satsuki berubah dari anti-villain menjadi antihero.

9. Kagemitsu Daigo — Dororo

Apakah Anti-Villain di Anime dan Siapa Saja Karakternya?

Foto: Lost in Anime

Kagemitsu Daigo dari Dororo adalah karakter yang sangat jahat di anime. Dia menumbalkan anggota tubuh dan organ anaknya yang baru lahir kepada iblis, demi menyelamatkan wilayahnya dan membuat kawasan itu makmur lagi. Ini mungkin bisa dianggap sebagai sebuah tindakan egois demi kekuasaan dengan mengkhianati anaknya atau pengorbanan yang dilakukan demi kebaikan.

Tapi, yang terakhir itu tidak termasuk karakter Kagemitsu yang tercela, tapi meninggalkan ide kalau masih ada harapan baginya. Tindakannya jelas menyelamatkan ribuan orang dari kelaparan dan penderitaan. Dia juga memperlihatkan cinta seorang ayah kepada anak keduanya, Tahomaru. Tapi, dia masih membenci Hyakkimaru meski sudah mengkhianatinya. Ini menegaskan kembali sifatnya yang buruk.

8. Coyote Starrk — Bleach

Apakah Anti-Villain di Anime dan Siapa Saja Karakternya?

Foto: Villains Wiki – Fandom

Coyote Starrk adalah rekan Kapten Kyoraku Shunshui di Bleach. Tapi, dia punya daftar panjang aksi jahat seperti menculik Orihime dan mengembalikannya ke menara kelima Las Noches. Dia juga melawan Kyoraku, Ukitake, Love, dan Rose. Dia sebenarnya tidak pernah menyakiti Orihime dan hanya melakukannya karena disuruh Sosuke Aizen. Dia juga berpura-pura melawan Kyoraku karena kapten itu benar-benar malas.

Satu-satunya alasan mengapa dia jahat adalah karena dia arrancar yang bekerja untuk Aizen. Statusnya sebagai anti-villain terbangun ketika motivasinya terungkap. Dia berjuang untuk Aizen sebagai rasa terima kasih karena telah mengakhiri kesepiannya. Tapi, setelah itu, Starrk tidak mau bertarung dengan serius. Ketika dia akhirnya serius, motivasinya adalah menghentikan kematian Rekan Sejatinya.

7. Suzaku Kurugi — Code Geass

Apakah Anti-Villain di Anime dan Siapa Saja Karakternya?

Foto: Code Geass Wiki – Fandom

Di Code Geass, yang diinginkan Suzaku Kururugi adalah hidup damai, jauh dari perang. Dia menyimpan keinginan itu di pikirannya sebagai cara untuk menjustifikasi pengorbanan dan keputusan yang dipertanyakan. Suzaku membunuh ayahnya demi usaha menghentikan pertumpahan darah lebih lanjut dan bahkan menentang Lelouch yang mencari kekerasan untuk menghentikan segalanya.

Tak seperti Lelouch, Suzaku tidak merasa bertanggung jawab atas semua tindakannya. Alih-alih, dia merasa bersalah dan menggunakan rasa itu untuk tidak pernah lagi mengalaminya. Suzaku memperlihatkan kapabilitas heroik yang akhirnya mengatasi kekurangannya dan menggambarkannya sebagai anti-villain.

6. Harumi Kiyama — A Certain Scientific Railgun

Apakah Anti-Villain di Anime dan Siapa Saja Karakternya?

Foto: Toaru Majutsu no Index Wiki – Fandom

Harumi Kiyama dianggap sebagai antagonis utama di A Certain Scientific Railgun. Dokter itu diperintahkan menutup-nutupi eksperimen jahat terhadap anak-anak oleh Gensei Kihara. Dia didorong rasa bersalah dan bertekad membantu anak-anak itu bangun dari koma, sehingga membawanya membuat Level Upper.

Level Upper bisa mengaitkan pikiran dan meningkatkan kekuatan, tapi akan berbahaya kalau tidak dipakai secara tepat. Kiyama akhirnya ditundukkan Mikoto. Alasan mulia dan aksi salahnya dijelaskan dan dipahami. Dia memberikan perlawanan sengit terhadap Mikoto, tapi, pada akhirnya hanya ingin membantu anak-anak.

5. Garou — One Punch Man

Apakah Anti-Villain di Anime dan Siapa Saja Karakternya?

Foto: SportsKeeda
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)