10 Film Tanpa Sekuel Paling Laris Sepanjang Sejarah

Minggu, 29 Oktober 2023 - 12:44 WIB
loading...
10 Film Tanpa Sekuel Paling Laris Sepanjang Sejarah
Sejumlah film orisinal tanpa sekuel atau franchise mampu tampil di box office. Pendapatan mereka tidak kalah dengan film seri atau franchise yang mendominasi. (Foto: Gadgets 360)
A A A
Dari daftar 50 besar film paling laris sepanjang sejarah, akan sangat sulit melihat film orisinal atau film tanpa seri dan sekuel di sana. Hampir semua penghuni daftar itu adalah film yang menjadi bagian dari seri atau franchise populer. Daftar itu bahkan didominasi franchise besar seperti Avatar, MCU, Star Wars, Harry Potter, The Lord of the Rings, Pirates of the Caribbean, dan Jurassic World.

Tapi, itu bukan berarti kalau film orisinal tanpa sekuel tidak bisa tampil baik di box office. Banyak film orisinal ini menjadi yang terlaris dalam sejarah. Salah satunya bahkan masuk jajaran 6 besar film yang mampu meraup USD2 miliar (Rp31,8 triliun). Meski sukses besar, tidak pernah ada rencana untuk membuat sekuelnya.

Selain itu, banyak film-film ini punya cerita yang memang menarik dan membuat orang penasaran. Para sutradaranya dikenal cerdas meramu alur cerita yang unik dan tidak seperti biasanya. Beberapa film di daftar ini mungkin akan menjelma menjadi sebuah franchise baru karena kesuksesannya. Daftar ini juga tidak memasukkan remake yang dilakukan Disney. Apa saja film orisinal tanpa sekuel paling laris sepanjang masa berdasarkan data Box Office Mojo? Simak daftarnya berikut!



10. Gravity — 2013

10 Film Tanpa Sekuel Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: NBC News

Gravity mengisahkan tentang dua orang astronot yang terdampar di luar angkasa. Dibintangi Sandra Bullock dan George Clooney, film ini menggambarkan tentang bagaimana rasanya sebuah kesendirian dan keterasingan. Alfonso Cuaron menyentuh rasa ketakutan terdalam manusia lewat film ini.

Di box office, Gravity meraup USD748 juta. Film ini senantiasa masuk daftar rekomendasi untuk tontonan science-fiction (sci-fi) terbaik atau yang harus ditonton orang sekali seumur hidup. Sampai saat ini, tidak ada rencana untuk membuat sekuelnya.

9. 2012 — 2009

10 Film Tanpa Sekuel Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: Penn Live

2012 dirilis di saat yang tepat. Film itu memanfaatkan ketakutan orang pada konspirasi tentang kiamat pada 2012. Disutradarai Roland Emmerich, film ini berusaha menggambarkan bagaimana kondisi dunia ketika ramalan itu benar-benar terjadi. Orang pun berbondong-bondong ke bioskop karena penasaran.

Film itu berhasil meraup USD791,2 juta di box office. Tidak ada sekuel untuk film ini karena dunia baik-baik saja setelah 2012. Sayangnya, film ini sepertinya sudah terlupakan meski dulu sangat populer.

8. E.T. the Extra-Terrestrial — 1982

10 Film Tanpa Sekuel Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: IndieWire

E.T. the Extra-Terrestrial adalah entri tertua di daftar ini. Film sci-fi era 80-an ini sudah menjadi legenda dan masuk kategori klasik. Dibesut Steven Spielberg, film ini dipuji atas teknik dan juga ceritanya yang menyentuh. Sampai saat ini, tidak ada rencana untuk membuat sekuel film tersebut.

E.T. the Extra-Terrestrial meraup USD792,9 juta dan membuatnya menjadi film paling laris dari era 80-an. Dibintangi Henry Thomas dan Drew Barrymore, film ini berkisah tentang alien hijau yang terdampar di bumi. Dia kemudian ditemukan dan dirawat seorang bocah bernama Elliott yang memanggilnya E.T.

7. Coco — 2017

10 Film Tanpa Sekuel Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: The Verge

Pixar selalu punya cerita yang menyentuh dan relatable dalam setiap filmnya. Ini juga terjadi pada Coco. Film ini berkisah tentang Miguel yang dilarang menjadi musikus oleh keluarganya. Usahanya untuk mewujudkan cita-citanya itu membawanya menguak sejarah kelam keluarganya tersebut.

Coco meraup USD814 juta di box office. Meski terbilang sukses, sampai saat ini, Pixar belum mengumukan secara resmi apakah film itu akan dibuat sekuelnya. Sudah bukan rahasia lagi kalau Pixar akan membuat sekuel film sukses mereka. Meski, studio itu tidak memberikan perlakuan yang sama pada setiap film sukses mereka.

6. Inception — 2010

10 Film Tanpa Sekuel Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: The Harvard Crimson

Inception dianggap sebagai salah satu film science-fiction terbaik sepanjang sejarah. Film ini punya cerita menarik terkait alam bawah sadar dengan plot twist dan ending paling membingungkan. Bahkan, pemeran utamanya, Leonardo DiCaprio, pun mengaku tidak paham dengan film tersebut.

Inception membuktikan kepiawaian Christopher Nolan dalam meramu sebuah tontonan berkualitas dengan cerita yang membuat penontonnya penasaran. Film ini meraup USD839 juta di box office. Sampai saat ini, Nolan tidak pernah berencana membuat sekuelnya, meskipun penonton sangat menginginkan sekuel agar bisa memahami film itu dengan lebih baik.

5. Bohemian Rhapsody — 2018

10 Film Tanpa Sekuel Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: Time
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2331 seconds (0.1#10.140)