Film

Film-film untuk Belajar Memperjuangkan Hubungan yang Penuh Perbedaan

Film-film untuk Belajar Memperjuangkan Hubungan yang Penuh Perbedaan
The Sun is Also a Star menceritakan kisah cinta antardua manusia yang berbeda budaya, latar belakang, dan status sosial. Foto/Warner Bros Pictures
Jakarta - Cinta bukan satu-satunya hal yang jadi penentu lancar-tidaknya hubungan. Respons orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman, bisa secara langsung mempengaruhi hubungan kita.

Terlebih lagi buat pasangan-pasangan yang punya latar belakang berbeda, entah suku, agama, kondisi ekonomi, dan sebagainya. Memang, sih, semua bergantung pada gimana pasangan itu menanggapi omongan orang-orang di sekitarnya. Tapi gak semua orang bisa memaknai perbedaan dengan pikiran yang terbuka.

Nah, enam film ini bisa mengajarkan kita tentang bermacam-macam perbedaan yang memengaruhi sebuah hubungan asmara. Setiap pasangan pasti punya perjuangannya sendiri. Tapi perjuangan pasangan-pasangan dalam film ini terasa menegangkan. (Baca Juga:The Baby-Sitters Club, Kisah Seru Para Cewek Atasi Kegalauan Hidup)

Kenapa? Karena mereka mempertaruhkan nilai, norma, dan kebudayaan yang hidupnya udah beratus hingga beribu tahun lamanya. Satu hal yang pasti, kita bisa mengambil pelajaran penting tentang toleransi di tengah masyarakat multikultural.



1. THE BIG SICK

Kumail dan Emily adalah jackpot pasangan yang punya banyak perbedaan. Beda agama, beda budaya, beda latar belakang karier dan pendidikan, sampai beda latar belakang keluarga. Keluarga Kumail menjunjung tinggi tradisi Pakistan, melarang keras Kumail pacaran dengan perempuan lain selain pilihan keluarganya. Apalagi perempuan berkulit putih yang gak seagama.

Meski akhir film ini terlampau menyederhanakan permasalahan, "The Big Sick" berhasil menyuguhkan gambaran realistis seseorang yang gak bisa sekonyong-konyong mengorbankan hubungan baik dengan keluarga dan ajaran leluhurnya buat bersama dengan orang yang ia cintai.




halaman ke-1 dari 4
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss