Terlalu Kuat, 10 Karakter Anime Overpowered Ini Kena Nerf

Jum'at, 29 September 2023 - 18:33 WIB
loading...
Terlalu Kuat, 10 Karakter Anime Overpowered Ini Kena Nerf
Sejumlah karakter anime overpowered terkena nerf atau dilemahkan karena terlalu kuat. Kehadiran mereka juga bisa mengalihkan perhatian dari karakter lain. (Foto: Distractify)
A A A
Karakter anime overpowered selalu menarik perhatian penggemar. Mereka selalu dinantikan kehadirannya karena biasanya penampilan mereka sangat menghibur. Tapi, tidak semua serial anime mempertahankan karakter overpowered ini.

Mau diakui atau tidak, sebagian besar karakter overpowered yang populer adalah karakter pendamping, bukan karakter utama. Kehadiran mereka bisa mengalihkan perhatian penggemar dari karakter utamanya. Selain itu, kalau pun mereka protagonis, mereka bisa membayangi perkembangan karakter lain.

Saking kuatnya kemampuan dan pengaruh mereka terhadap penggemar, sejumlah serial memutuskan menyingkirkan karakter kuat ini untuk selamanya. Satoru Gojo dari Jujutsu Kaisen adalah korbannya. Sementara, serial lain memilih langkah lebih halus dengan memperlemah atau men-nerf-kan karakter overpowered itu. Siapa saja karakter overpowered yang terkena nerf? Simak ulasannya berikut!



10. Accelerator — A Certain Magical Index

Terlalu Kuat, 10 Karakter Anime Overpowered Ini Kena Nerf

Foto: Toaru Majutsu no Index Wiki – Fandom

Accelerator punya kekuatan Manipulasi Vektor di A Certain Magical Index. Serangan apa pun terhadap dirinya, dia bisa mengendalikan arah serangan itu. Kemampuan itu bisa aktif dan pasif. Dia juga bisa mengendalikan hal lain seperti gelombang suara, angin, plasma, apa pun itu. Dikombinasikan dengan kecerdasan, dia adalah kekuatan yang tidak bisa dihentikan.

Tapi, dia dilemahkan ketika berusaha mengubah otak seorang gadis kecil untuk menyelamatkan gadis itu. Karena otak adalah organ yang kompleks, dia harus menggunakan semua kekuatan kognitifnya. Tapi, dia tidak bisa menghentikan peluru yang mengarah langsung ke kepalanya. Akibatnya, dia mengalami kerusakan otak dan kehilangan sebagian kemampuan kognitifnya.

9. Son Gohan — Dragon Ball Z

Terlalu Kuat, 10 Karakter Anime Overpowered Ini Kena Nerf

Foto: Screen Rant

Dragon Ball dikenal berfokus pada cerita Goku. Tapi, ada masa ketika Dragon Ball Z mengisahkan tentang perjalanan anaknya, Gohan, menjadi prajurit terkuat di bumi. Memang butuh waktu, tapi, Gohan tumbuh menjadi salah satu Petarung Z terkuat. Dia bahkan melampaui Goku. Tapi, itu tidak bertahan lama.

Seperti banyak karakter pendukung lain di serial ini, Gohan dikesampingkan dari petualangan masa depan secara pelan-pelan tapi pasti. Ini dilakukan demi mengembalikan fokus kepada Goku. Sementara, dia memang tampil di Super Hero, kurangnya latihan karena ingin jadi cendekiawan membuat Gohan jadi lebih lemah dari sebelumnya.

8. Chuuya Nakahara — Bungou Stray Dogs

Terlalu Kuat, 10 Karakter Anime Overpowered Ini Kena Nerf

Foto: YouTube

Bungou Stray Dogs adalah salah satu serial yang bisa memperlakukan karakter overpowered tanpa berlebihan. Chuuya Nakahara jelas punya kemampuan terkuat di serial itu. Kemampuannya, For the Tainted Sorrow, yang membuatnya bisa memanipulasi gravitasi sulit dikalahkan.

Tapi, Chuuya jadi lemah ketika harus berhadapan dengan karakter yang mengedepankan otaknya ketimbang otot. Chuuya tidak akan bisa apa-apa ketika menghadapi Ranpo Edogawa. Dia juga kalah cerdas dari Osamu Dazai. Selain itu, karena berstatus sebagai villain, dia juga lebih sering dikesampingkan kehadirannya.

7. Levi Ackerman — Attack on Titan

Terlalu Kuat, 10 Karakter Anime Overpowered Ini Kena Nerf

Foto: IMDb

Attack on Titan berisi banyak Titan kuat yang sulit dikalahkan. Tapi, Levi Ackerman bisa mengalahkan mereka dengan mudah. Dia gesit, cepat, dan punya tekad kuat. Tak heran kalau dia kemudian dijuluki sebagai prajurit manusia terkuat di serial itu.

Tapi, kekuatan Levi bisa dengan cepat mengambil alih perhatian orang dari protagonisnya, Eren Jaeger. Dia juga bisa menghambat perkembangan karakter lain. Akhirnya, dia dijadikan tidak berdaya ketika teman-temannya membutuhkannya. Di akhir serial ini, Levi lumpuh, buta di satu matanya, dan kehilangan banyak jarinya. Dia tidak bisa bertarung sehebat sebelumnya.

6. Escanor — The Seven Deadly Sins

Terlalu Kuat, 10 Karakter Anime Overpowered Ini Kena Nerf

Foto: Distractify

Seven Deadly Sins punya banyak karakter yang sangat kuat. Sejumlah batasan ditempatkan pada mereka demi mendorong ketegangan dalam pertarungan, termasuk nerfing atau melemahkan. Salah satu contohnya adalah dosa kesombongan, Escanor. Dia adalah orang yang jadi sangat kuat saat siang hari. Kekuatannya cukup untuk melumat iblis kuat dengan mudah.

Tapi, dia juga diberi batasan agar tidak jadi terlalu overpowered. Di siang hari, Escanor sangat kuat. Sementara, ketika malam tiba, dia mengerut menjadi pria yang kurus dan lemah. Karena kekuatannya juga bergantung pada matahari, dia juga bisa lemah selama satu menit. Escanor agak melemah sampai matahari benar-benar terbit.

5. Yuu Otosaka — Charlotte

Terlalu Kuat, 10 Karakter Anime Overpowered Ini Kena Nerf

Foto: Heroes Wiki – Fandom

Protagonist Charlotte, Yuu Otosaka, mulai menemukan kalau dia punya kemampuan untuk merasuki orang lain. Tapi, seiring berjalannya serial ini, Yuu tahu kalau dia juga bisa mengambil kemampuan khusus orang yang dia rasuki. Makanya, dia jadi overpowered. Setelah itu, serial ini menemukan cara untuk melemahkannya.

Salah satunya adalah ketika dia mendapatkan kemampuan menjelajah waktu, yang dia gunakan berulang kali untuk menyelamatkan orang lain. Tapi, dia kehilangan kemampuan itu ketika matanya rusak. Yuu lantas berusaha melenyapkan dunia kemampuan khusus. Dia jadi lebih kuat dan tidak stabil karena dia mengambil banyak kemampuan sekaligus. Untungnya, dia bisa melakukannya meski harus kehilangan ingatan.

4. Kirito — Sword Art Online

Terlalu Kuat, 10 Karakter Anime Overpowered Ini Kena Nerf

Foto: Frogkun

Sword Art Online dikenal atas betapa overpowered-nya karakter utamanya. Kemampuan Kirito untuk masuk ruang digital apa pun, bahkan dengan merusak game itu sendiri, telah membuat banyak tantangan di hadapannya teratasi dengan mudah. Tapi, itu semua tidak menyelamatkan Kirito terkena nerf sementara waktu.

Di awal Perang Dunia Bawah Tanah, Fluctlight Kirito rusak. Ini menyebabkannya jadi lemah untuk beberapa lama. Sementara pada akhirnya dia pulih, waktu yang dihabiskan Kirito saat koma membuat sorotan jatuh ke karakter lain, seperti Asuna dan Alice.

3. Alucard — Hellsing

Terlalu Kuat, 10 Karakter Anime Overpowered Ini Kena Nerf

Foto: Facebook

Dunia Hellsing dipenuhi makhluk-makhluk jahat di malam hari dan vampir. Tapi, Alucard menonjol di antara yang lainnya sebagai yang terkuat. Sebagai penyerang utama Organisasi Hellsing, Alucard telah mengalahkan vampir kuat lain dan meratakan pasukan zombie. Di sebagian besar waktu, dia tidak menahan diri.

Terlepas dari kekuatan yang sangat besar ini, Alucard terbukti bukannya tidak bisa dikalahkan. Menjelang akhir Ultimate, Millennium berhasil menggunakan kemampuan Alucard menjadi senjata makan tuan. Ini menyebakannya menghilang selama puluhan tahun dan hanya bisa kembali setelah menghancurkan seluruh jiwa yang diserapnya. Kalau tidak, Alucard bisa menghancurkan Millennium seorang diri.

2. All Might — My Hero Academia

Terlalu Kuat, 10 Karakter Anime Overpowered Ini Kena Nerf

Foto: SportsKeeda

My Hero Academia dimulai dengan Izuku Midoriya alias Deku bertemu idolanya yang juga pahlawan nomor satu Jepang, All Might. Di masa keemasannya, All Might bisa menghidupkan namanya. Dia mampu mengakhiri setiap pertarungan dengan cepat dan bahkan mengubah cuaca akibat kekuatan pukulannya. Tapi, akibat cedera, kemampuan All Might sebagai pahlawan dikurangi sedikit demi sedikit.

Di sejumlah season pertama, meski sudah lemah, All Might masih bisa menghadapi ancaman apa pun terhadap UA dan kota. Tapi, waktunya akhirnya habis. Dia harus meninggalkan semuanya kepada penggantinya, Deku. Saat ini, dia bahkan tidak bisa berubah ke bentuk kekarnya lebih dari beberapa detik.



1. Naruto — Boruto: Naruto Next Generations

Terlalu Kuat, 10 Karakter Anime Overpowered Ini Kena Nerf

Foto: SportsKeeda

Seperti banyak karakter utama di anime shounen, Naruto menjadi ninja terkuat di dunia. Setelah pertarungan besar klimaks dimenangkan, dia bahkan mewujudkan impiannya menjadi Hokage Konoha. Sementara itu bisa jadi akhir dari segalanya, cerita Naruto berlanjut di Boruto.

Tapi, spinoff itu menemukan cara untuk membuat karakter dari serial sebelumnya itu jadi lebih lemah. Naruto mendapatkan perlakuan terburuk ketimbang yang lainnya. Dia dikesampingkan lalu kekuatannya banyak dikurangi dengan matinya Kurama. Semuanya itu dilakukan agar dia tidak membayang-bayangi generasi baru Konoha.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)