Arti Delulu, Solulu, dan Trululu yang Sering Dipakai Gen Z di Medsos

Jum'at, 29 September 2023 - 15:08 WIB
loading...
Arti Delulu, Solulu, dan Trululu yang Sering Dipakai Gen Z di Medsos
Kata slang delulu, solulu, dan trululu banyak digunakan di medsos dengan arti yang unik. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Kata delulu, solulu, dan trululu menjadi populer setelah sering digunakan di berbagai media sosial. Delulu sudah ada jauh lebih awal, dan dua kata lainnya adalah varian daribahasa gaul tersebut.

“Let me feed up my delulu by believing that Renjun actually made so many contact with my camera,” tulis pemilik akun X (dulu Twitter) @renjncastle disertai unggahan foto idolanya. Arti dari cuitan akun X tersebut adalah, “Biarkan aku delulu dengan percaya bahwa Renjun banyak menatap ke kameraku".

Ada juga yang memberikan cuitan, “... Keep being delulu is the solulu and it might become trululu" yang ditulis oleh pemilik akun @DreamNo23. Ini artinya adalah, "Tetap delulu dan ini mungkin akan jadi trululu".



Selain unggahan X di atas, masih banyak lagi pengguna media sosial yang kerap menggunakan kata "delulu, trululu, dan solulu" dalam unggahannya.

Lantas, apa arti kata delulu, solulu, dan trululu?

Arti Kata Delulu

Dilansir dari dictionary.com, delulu merupakan kependekan dari delusional. Kata delulu adalah bahasa gaul atau slang yang merupakan sinonim dari delusi yang sering digunakan di media sosial.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) delusi adalah pikiran atau pandangan yang tidak berdasarkan kenyataan atau khayal. Kata delulu menggambarkan penggemar yang berkhayal dengan idolanya.

Kata delulu pertama kali diciptakan oleh penggemar K-pop yang sering berfantasi tentang idolanya secara tidak realistis.

Arti Kata Solulu dan Trululu

Solulu merupakan kata slang kependekan dari solution yang berarti solusi. Menurut KBBI, solusi adalah penyelesaian, pemecahan masalah, dan jalan keluar. Jadi solulu artinya kurang lebih adalah "solusi dari delusi".

Kata slang yang sering digunakan secara bersamaan dengan delulu lainnya adalah trululu.



Trululu merupakan kata slang dari true yang berarti benar. Cambridge Dictionary mengartikan true sebagai fakta, pernyataan yang tidak salah, dan kenyataan. Jadi trululu bisa diartikan "delusi yang menjadi kenyataan".

Contoh penggunaan delulu, solulu, dan trululu dalam satu kalimatmisalnya seperti ini: "Keep being delulu is the solulu and it might becomes trululu (Tetap mengkhayal adalah solusi yang mungkin akan menjadi kenyataan).

MG/Vina Karlameta Suhandi
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2321 seconds (0.1#10.140)