alexametrics
tips dan trik
8 Tips Biar Kamu Gak Invisible Saat Rapat Virtual
8 Tips Biar Kamu Gak Invisible Saat Rapat Virtual
Rapat virtual dengan banyak peserta bisa bikin kamu gak bisa bebas mengemukakan pendapat. Foto/Paula Merritt, AP
Jakarta - Mesti ikut rapat kampus atau kantor yang jumlah pesertanya banyak, dan bikin kamu 'terancam' invisible alias 'gak terlihat'?

Selama pandemi masih berlangsung, kegiatan rapat dengan teman satu organisasi di kampus atau di kantor emang dibatasi. Rapat lebih banyak dilakukan lewat ruang virtual kayak Zoom atau Google Hangout.

Nah, buat sebagian orang, rapat dengan peserta banyak dan waktu terbatas bisa jadi bikin kita jadi peserta pasif alias sekadar nongol doang, tapi gak ikut ngasih pendapat. Bisa jadi, ini juga yang jadi masalah bagi para introver.



Kalo kamu mengalami masalah yang sama, ada tips, nih, dari Nancy Ancowitz, seorang business communication coach, Instruktur di New York University, dan penulis "Self-Promotion for Introvert", yang dibagikannya lewat artikel di Psychology Today. (Baca Juga: Susah Bikin Desain? Website dan Aplikasi Ini Bikin Kamu Gampang Bikin Infografis dan PPT)

1. PILIH RAPAT YANG PENTING AJA

8 Tips Biar Kamu Gak Invisible Saat Rapat Virtual

Apakah rapat tersebut benar-benar penting dilakukan secara virtual? Apakah lewat email aja udah cukup? Yang menjadi poin adalah, apakah pertemuan daring yang dilakukan ini efektif? Kalau gak, coba cari cara yang dirasa lebih efektif.

2. LAKUKAN PERSIAPAN EKSTRA

8 Tips Biar Kamu Gak Invisible Saat Rapat Virtual
Foto: Alfonso Di Vincenzo/Getty Images 

Persiapan lebih penting dari apa pun. Kamu bisa melakukannya dengan masuk ke room meeting lebih awal. Dengan begitu, kamu bisa memastikan banyak hal agar tampilan kamu di layar sempurna, mulai dari latar belakang yang sempurna dan terlihat profesional, pakaian yang rapi, dandanan apik, gak ada bekas makanan di gigi, dan postur tubuh juga bagus.

Kamu juga bisa cek tampilan kamu sebelum online, di preview video screen. (Baca Juga: 14 Mitos Grammar Bahasa Inggris yang Guru Kamu Gak Kasih Tahu)

3. PASTIKAN RAPATNYA PUNYA TUJUAN

8 Tips Biar Kamu Gak Invisible Saat Rapat Virtual
Foto: Getty Images

Seperti pada poin pertama, rapat secara virtual ini harus dilakukan dengan tujuan yang jelas untuk memaksimalkan persiapanmu. Sebelumnya, kamu bisa meminta agenda rapat kepada pemimpin rapat atau fasilitator. Hal ini bukan cuma demi kualitas pertemuan aja, tapi juga demi meningkatkan visibilitas kamu.

Kalau kamu tahu tujuan rapat dengan jelas, maka kamu bisa mempersiapkan diri untuk memberi saran dan masukan agar tujuan rapat bisa terpenuhi. 

4. PELAJARI CARA MEMOTONG PEMBICARAAN DENGAN SOPAN

8 Tips Biar Kamu Gak Invisible Saat Rapat Virtual

Kalau kamu kesulitan mendengarkan rapat atau kesulitan didengar, kamu bisa berlatih cara memotong pembicaraan dengan sopan. Acungkan tangan kamu atau izin melalui chat dalam room meeting untuk memberi kode kepada host atau peserta lainnya. Cara ini bisa bikin kamu lebih ‘terlihat’ tanpa mengurangi efektivitas rapat. (Baca Juga: Tes Enneagram: Ada 9 Tipe Kepribadian Manusia, Kamu yang Mana?)

5. TULIS ISI RAPAT UNTUK DITINDAKLANJUTI

8 Tips Biar Kamu Gak Invisible Saat Rapat Virtual


Supaya kamu gampang memahami isi rapat, catat poin-poin rapat pada secarik kertas. Hal ini juga memungkinkan kamu untuk membagi ide yang mungkin terlintas usai rapat lewat email. Ini bisa diterima dan meningkatkan visibilitasmu kepada orang lain.

Sekar Harum Prameswari
Kontributor GenSINDO
UPN Veteran Jakarta
Instagram: @sekarharum



(it)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss