7 Busur Masa Lalu Terbaik di Anime, yang Mana Favorit Kamu?

Minggu, 20 Agustus 2023 - 10:03 WIB
loading...
7 Busur Masa Lalu Terbaik di Anime, yang Mana Favorit Kamu?
Sejumlah busur masa lalu di anime memberikan pandangan dan landasan atas apa yang terjadi saat ini. Karakter yang terlibat di dalamnya pun punya pengaruh besar. (Foto: Wattpad)
A A A
Anime dipenuhi berbagai macam karakter yang menarik. Dari protagonis, karakter pendamping, dan penjahatnya, semuanya punya cerita karakter yang bikin orang jadi semakin mengenal mereka. Semuanya semakin mendalam ketika karakter itu mendapatkan busurnya sendiri.

Ketika protagonis mendapatkan porsi besar di serialnya, sejumlah karakter pendamping—bahkan penjahatnya—pun tak kalah diberi busur karakter. Kisah mereka dicurahkan dalam busur masa lalu yang memberikan pandangan jelas bagaimana mereka bisa jadi seperti sekarang. Ini juga menjadi landasan apa yang terjadi pada lini masa saat ini.

Sejumlah anime membuat busur masa lalu ini dalam kisah tersendiri, baik dalam bentuk spinoff, film, atau OVA. Tapi, banyak yang mengadaptasi busur masa lalu itu langsung di dalam serialnya. Meski hanya beberapa episode, tapi busur masa lalu itu sudah langsung terasa pengaruhnya pada jalan cerita anime-nya. Apa saja busur masa lalu terbaik di anime? Simak ulasannya berikut!



7. Memutar Balik Pendulum — Bleach

7 Busur Masa Lalu Terbaik di Anime, yang Mana Favorit Kamu?

Foto: Bleach Wiki – Fandom

Episode: 6 (Episode 206 – 211)
MyAnimeList: 7,92
Tayang: Bstation

Bleach punya banyak karakter dan sejarah. Jadi, bukan sesuatu yang mengherankan kalau di serial ini punya banyak flashback atau busur masa lalu. Busur ini diperlukan untuk membuat apa yang terjadi saat itu jadi masuk akal. Di antara banyaknya busur masa lalu di serial ini, Memutar Balik Pendulum adalah yang terbaik.

Busur itu mengisahkan berbagai macam masa lalu karakter Soul Society pada 110 tahun silam. Busur ini mengangkat banyak lini plot dalam 6 episodenya. Tapi, yang terbesar adalah masa lalu Sosuke Aizen yang membawanya ke pengkhianatan yang dia lakukan terhadap Soul Society.

6. Asal Usul Desa Ishigami — Dr. Stone

7 Busur Masa Lalu Terbaik di Anime, yang Mana Favorit Kamu?

Foto: Anime Rants

Episode: 3 (Episode 15 – 17 Season 1)
MyAnimeList: 8,28
Tayang: Bstation

Ketika Senku kali pertama tiba di Desa Ishigami, tempat itu adalah misteri. Tapi, penonton akhirnya tahu asal usulnya lewat busur masa lalu singkat. Di busur itu, Byakuya, ayah angkat Senku, menjadi astronot dan pergi melakukan misi ke luar angkasa. Ketika dia dan krunya jauh dari planet ini, semua orang di bumi terkena petrifikasi. Ketika mereka kembali, mereka harus mencari cara untuk bertahan hidup sebagai satu-satunya orang di dunia ini.

Pada akhirnya, mereka mendirikan sebuah desa dan beranak pinak. Mengetahui semua itu jadi cukup emosional bagi Senku. Sekarang, dia yakin kalau ayahnya tidak kena petrifikasi, tapi memang sudah tiada. Tapi, dia juga tahu kalau ayahnya itu menciptakan desa itu dengan harapan kalau dia akan menemukannya suatu hari nanti.

5. Pasca-Perang — One Piece

7 Busur Masa Lalu Terbaik di Anime, yang Mana Favorit Kamu?

Foto: One Piece Wiki – Fandom

Episode: 26 (Episode 490 – 491 dan 493 – 516, 498 dan 499 adalah filler)
MyAnimeList: 8,70
Tayang: Netflix, Bstation, iQIYI

Seperti kalau kematian Ace tidak cukup bikin sedih, Busur Pasca-Perang membuatnya jadi lebih menyedihkan. Di busur ini, Luffy berusaha mengikhlaskan kematian kakaknya itu. Sementara melakukannya, dia mengingat masa kecilnya bersama Ace dan Sabo. Konteks inilah yang membuat kematian Ace jadi lebih menyedihkan.

Busur ini tidak hanya bikin menangis, tapi juga memberikan konteks dalam hidup Luffy. Sampai titik ini, masa kecilnya cukup samar. Busur itu memberikan banyak tentang masa lalunya. Yang menarik, di busur itu juga terungkap perbedaan kelas sosial di kampung halaman Luffy, yang membuatnya jadi lebih simpatik pada berbagai macam orang.

4. Menara Surga — Fairy Tail

7 Busur Masa Lalu Terbaik di Anime, yang Mana Favorit Kamu?

Foto: Fairy Tail Wiki – Fandom

Episode: 8 (Episode 33 – 40)
MyAnimeList: 7,57
Tayang: Netflix

Busur Menara Surga sama-sama mengagumkan dan membuat sedih. Busur ini mengangkat masa lalu Erza sebagai budak anak-anak. Saat itu, dia hampir diculik orang yang ingin menggunakannya sebagai tumbal untuk menghidupkan kembali Zeref. Masa lalu itu kembali menghantui Erza di masa kini.

Saat itu, dia dan budak lain dipaksa membangun menara raksasa demi melayani Zeref. Busur ini melakukan tugas yang baik dalam menggabungkan masa kini dan masa lalu. Erza tidak begitu saja mengingat masa lalu itu. Flashback itu langsung relevan terhadap apa yang terjadi di serial tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)