10 Film Pixar Paling Enggak Laku Sepanjang Sejarah, Ada Elemental

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 19:02 WIB
loading...
10 Film Pixar Paling Enggak Laku Sepanjang Sejarah, Ada Elemental
Sejumah film Pixar tidak mampu tampil baik di box office. Film-film itu meraih pendapatan yang kurang memuaskan dan dianggap sebagai film paling tidak laku. (Foto: Pixar Wiki - Fandom)
A A A
Pixar telah menjadi lambang sebuah tontonan animasi berkualitas tinggi. Visualnya dikenal enak ditonton dan ceritanya yang menyentuh sering bikin penontonnya terlarut dalam emosi. Tak heran kalau banyak film Pixar sukses di box office.

Sejumlah film Pixar, seperti Inside Out dan Coco, dianggap sebagai yang terbaik. Film-film itu punya kedalaman emosi sementara mengangkat tema yang dirasa terus relatable di masa apa pun. Tapi, tak semua film Pixar sukses di box office.

Dalam empat tahun terakhir, terutama, Pixar menghadapi penurunan tak hanya dalam pendapatan, tapi juga cerita. Hampir semua film yang dirilis dalam kurun waktu itu tidak mendapatkan respons yang baik dari audiens. Sementara, ada juga sejumlah film lain yang tidak tampil baik di box office. Apa saja film Pixar paling tidak laku sepanjang masa? Simak ulasannya berikut!



10. Elemental — 2023

10 Film Pixar Paling Enggak Laku Sepanjang Sejarah, Ada Elemental

Foto: Los Angeles Times

Elemental menjadi usaha terbaru Pixar untuk mengokohkan langkahnya di era pascapandemi. Sayang, film ini tidak diterima dengan baik oleh audiens. Meski meraup USD444,6 juta, pendapatan ini tentu masih jauh dari apa yang mereka dapatkan sebelum pandemi.

Elemental punya elemen yang bisa membuat film ini istimewa. Film ini adalah sebuah romansa dengan latar belakang perbedaan dua dunia yang sebenarnya masih relatable dengan kondisi sekarang. Tapi, masih lesunya industri perfilman dan keinginan orang mendapatkan tontonan yang lebih fresh membuat Elemental gagal tampil lebih baik.

9. Toy Story — 1995

10 Film Pixar Paling Enggak Laku Sepanjang Sejarah, Ada Elemental

Foto: The Cinemaholic

Toy Story telah berubah menjadi salah satu film pokok Pixar. Ketika dirilis pada 1995, film itu mendapatkan ulasan yang sangat positif dan masih terus dibahas sampai saat ini. Saat dirilis, film itu meraup USD404 juta. Angka itu kalau sekarang bisa dibilang tidak terlalu bagus. Tapi, saat itu, angka itu tinggi bagi film animasi.

Toy Story berkisah tentang Woody, boneka koboi. Dia berusaha memulihkan hierarki mainan setelah pemiliknya, Andy, punya action figure baru, Buzz Lightyear. Tapi, semuanya jadi rumit setelah Buzz menolak tinggal di tempat Andy dan terus berusaha kabur.

8. Cars 3 — 2017

10 Film Pixar Paling Enggak Laku Sepanjang Sejarah, Ada Elemental

Foto: The New York Times

Seri terakhir Cars ini mengisahkan tentang Lightning McQueen yang mulai memudar popularitasnya. Dia sudah kalah dengan mobil-mobil lain yang lebih cepat. Alih-alih berencana memenangkan trofi baru, dia memutuskan melatih Cruz Ramirez dengan harapan dia akan mencapai puncak.

Meski Cars 3 dianggap lebih baik dari Cars 2, hasil box office-nya malah lebih buruk. Film itu hanya meraup USD383 juta dari anggaran USD175 juta. Ini sepertinya karena harapan penggemar tidak tinggi karena penampilan buruk pendahulunya.

7. A Bug’s Life — 1998

10 Film Pixar Paling Enggak Laku Sepanjang Sejarah, Ada Elemental

Foto: Movie’s Anywhere

A Bug’s Life berfokus pada Flix, seekor semut. Dia tanpa sengaja menghancurkan makanan yang seharusnya diserahkan koloninya kepada para belalang. Demi menebus kesalahan dan menyelamatkan semut lain, dia memutuskan meminta bantuan dari serombongan serangga sirkus.

Film ini adalah batu pijakan solid di awal era Pixar. Tapi, karena alasan itulah film ini tidak mampu meraup angka yang spektakuler di box office. Torehan USD363 juta seharusnya bisa lebih besar lagi kalau film itu dirilis pada era 2010-an.

6. The Good Dinosaur — 2015

10 Film Pixar Paling Enggak Laku Sepanjang Sejarah, Ada Elemental

Foto: Jon Negroni

The Good Dinosaur berkisah tentang seekor Apatosaurus kecil. Di dunia di mana dinosaurus tidak pernah punah itu, Apatosaurus itu berteman dengan seorang bocah gua setelah mereka sama-sama pergi terlalu jauh dari rumah mereka. Bersama, mereka harus menghadapi bahayanya dunia luar.

Meski The Good Dinosaur meraup USD332 juta, film itu masih menjadi kekecewaan finansial karena Disney rugi sekitar USD85 juta dalam biaya marketing. Film itu memang imut, tapi tidak semenonjol film lain yang dirilis Pixar sebelumnya. Mungkin, inilah mengapa film itu gagal menarik banyak penonton.

5. Lightyear — 2022

10 Film Pixar Paling Enggak Laku Sepanjang Sejarah, Ada Elemental

Foto: Vox
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2590 seconds (0.1#10.140)