8 Film Marvel Non-MCU Paling Enggak Laku dalam 15 Tahun Terakhir

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 20:32 WIB
loading...
8 Film Marvel Non-MCU Paling Enggak Laku dalam 15 Tahun Terakhir
Dalam 15 tahun terakhir, MCU telah mendominasi genre superhero. Sementara, sejumlah film Marvel di luar franchise itu telah meraih kesuksesan dan kegagalan. (Foto: NPR)
A A A
Film Marvel bukan hanya Marvel Cinematic Universe (MCU). Sebelum franchise itu lahir dan Fox belum diakuisisi Disney, Marvel terpecah menjadi sejumlah franchise berbeda dan sama-sama populer. Di antaranya adalah X-Men, Fantastic Four, dan Spider-Man.

Sementara X-Men dan Fantastic Four kembali ke pelukan Marvel Studios pasca-akuisisi Fox, Spider-Man masih ada di tangan Sony Pictures. Meskipun, sejak 2016, Spider-Man sudah masuk MCU berkat kesepakatan antara kedua studio tersebut. Namun, Sony membangun dunia Marvel mereka sendiri, yaitu Sony’s Spider-Man Universe (SSU) yang mengangkat para penjahat dari franchise Spider-Man.

Selama perjalannya, film-film dari franchise X-Men dan Spider-Man ini tidak semuanya sukses. Beberapa film tampil buruk di box office dan gagal mengembalikan modal yang telah digelontorkan studionya. Selain itu, rating mereka di Rotten Tomatoes tidak membantu film-film Marvel non MCU ini tampil baik. Apa saja film Marvel non-MCU yang tidak laku dalam 15 tahun terakhir? Simak ulasannya berikut!



8. X-Men Origins: Wolverine — 2009

8 Film Marvel Non-MCU Paling Enggak Laku dalam 15 Tahun Terakhir

Foto: Syfy

Sutradara: Gavin Hood
Pemeran: Hugh Jackman, Liev Schreiber, Danny Huston, Dominic Monaghan, Ryan Reynolds
Tayang: Disney+ Hotstar

X-Men Origins: Wolverine berusaha mengisahkan tentang asal usul Wolverine sebelum dia bergabung dengan X-Men. Meski punya tone gelap dan serius seperti X-Men, film ini gagal menarik minat kritikus. Mendapatkan skor 38% di Rotten Tomatoes, film ini adalah salah satu film paling jelek di franchise X-Men.

Di box office, X-Men Origins: Wolverine meraup USD373,1 juta dengan biaya produksi mencapai USD150 juta. Film ini juga terkenal dengan memperkenalkan Deadpool ke franchise X-Men. Tapi versi ini dianggap buruk dan Ryan Reynolds menebusnya di film yang dirilis pada 2016.

7. Spider-Man: Into The Spider-Verse — 2018

8 Film Marvel Non-MCU Paling Enggak Laku dalam 15 Tahun Terakhir

Foto: Plugged In

Sutradara: Bob Persichetti, Peter Ramsey, Rodney Rothman
Pemeran: Shameik Moore, Jake Johnson, Hailee Steinfeld, Mahershala Ali, Brian Tyree Henry, Lily Tomlin, Luna Lauren Velez
John Mulaney, Kimiko Glenn, Nicolas Cage, Liev Schreiber
Tayang: Disney+ Hotstar dan CatchPlay+

Spider-Man: Into the Spider-Verse adalah film terbaik Spider-Man sampai saat ini. Rotten Tomatoes memberikan rating 97% pada film animasi ini. Film ini memperkenalkan penonton kepada Spider-Man versi Miles Morales dan membawa mereka berpetualang ke multiverse Marvel.

Meski mendapatkan rating tinggi, tapi pendapatan Spider-Man: Into the Spider-Verse di box office tidak semeledak yang dikira orang. Dibuat dengan anggaran USD90 juta, film ini meraup USD384,3 juta. Angka ini cukup kecil dibandingkan dengan sejumlah film animasi hit lainnya. Sekuelnya, Across the Spider-Verse, mampu meraup hampir dua kali lipat angka itu.

6. X-Men: First Class — 2011

8 Film Marvel Non-MCU Paling Enggak Laku dalam 15 Tahun Terakhir

Foto: Escapist Magazine

Sutradara: Matthew Vaughn
Pemeran: James McAvoy, Michael Fassbender, Rose Byrne, January Jones, Oliver Platt, Kevin Bacon
Tayang: Disney+ Hotstar

X-Men: First Class sebenarnya adalah salah satu film terbaik franchise X-Men. Film ini mendapatkan rating 86% di Rotten Tomatoes dan dipuji karena penyutradaraan, skrip, dan penampilan para aktornya. Film ini membawa penonton kembali ke masa lalu dengan mengisahkan bagaimana X-Men akhirnya terbentuk.

X-Men: First Class meraup USD353,6 juta dari anggaran USD140–160 juta. Angka itu sebenarnya sudah cukup lumayan dan sebenarnya tidak bisa disebut tidak laku. Tapi, pendapatan film ini masih kalah dengan Captain America: First Avengerdan film pertama Thor yang dirilis di tahun yang sama.

5. X-Men: Dark Phoenix — 2019

8 Film Marvel Non-MCU Paling Enggak Laku dalam 15 Tahun Terakhir

Foto: ew.com

Sutradara: Simon Kinberg
Pemeran: James McAvoy, Michael Fassbender, Jennifer Lawrence, Nicholas Hoult, Sophie Turner, Tye Sheridan, Alexandra Shipp, Jessica Chastain
Tayang: Disney+ Hotstar

X-Men: Dark Phoenix menjadi film terakhir X-Men yang dirilis di bawah bendera Fox pada 2019. Ekspektasi audiens pun semakin tinggi bersamaan dengan hype-nya yang luar biasa. Film ini mengangkat cerita paling populer di komik ketika Jean Grey mendapatkan kekuatan yang berlebihan.

Sebagai sebuah film pamungkas, Dark Phoenix sangat mengecewakan. Mendapatkan skor 22% di Rotten Tomatoes, film ini hanya meraup USD252,4 juta. Padahal, film ini dibuat dengan anggaran besar, yaitu USD200 juta. Penggemar kini menanti Marvel Studios membawa X-Men ke MCU.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)